Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2017

Berhentilah Berdebat Soal Gender dan Simaklah Cerita Tentang Perempuan-perempuan Hebat Ini

Gender adalah topik yang nggak ada habisnya, apalagi jika terkait dengan perempuan. Perempuan sama dengan laki-laki, punya keinginan, punya cita-cita. Dan akses pendidikan serta kesadaran untuk memiliki kehidupan yang layak, membuat perempuan kini turut berperan di berbagai kancah bersama dengan kaum pria. Namun apa daya, persoalan kodrat dan peran dalam keluarga membuat perempuan kerap menghadapi konflik yang nggak berkesudahan. Cita-cita mesti berdamai dengan kenyataan, bahwa ada keluarga yang harus dirawat dan diurus. Banyak perempuan yang mesti berkompromi antara impiannya dengan tuntutan peran dalam keluarga. Banyak pula pertentangan yang muncul di masyarakat. Mau jadi ibu rumah tangga penuh, nanti sayang kepintarannya nggak terpakai. Mau jadi wanita karir nanti dibilang menyalahi kodrat, gimana dengan anak dan suami nantinya? Siapa yang mengurus? Belum lagi sejumlah pandangan yang menyatakan bahwa perempuan ya sebaiknya di rumah saja, mengabdi kepada keluarga, dan nggak pantas …

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!

Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih. Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.
1.Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif. Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. M…

Seni yang Sederhana dalam Berdansa-dansi dengan Kehidupan

Hari ini melelahkan bagimu. Pekerjaan menumpuk dengan deadline yang mencekik leher, jam kerja melebihi batas kemampuan manusia normal, jalan macet, mobil mogok, cicilan dan tagihan belum dibayar, dan sebagainya, dan sebagainya. Kehidupan selalu nggak mudah untuk dijalani ketika kita dewasa. Dan kamu pasti mengangguk-anggukkan kepala tanda setuju, bahwa apa yang kamu jalani sekarang nggak segampang ketika kamu masih duduk di bangku kuliah dulu. Ketika seseorang sudah dewasa, segalanya adalah target. Sebenarnya target udah ada sejak kita kecil dulu, hanya aja nggak terasa. Nilai rapor harus bagus, harus dapat ranking di kelas, masuk ke sekolah favorit, kuliah di perguruan tinggi bonafide dan jurusan paling ngetop, lulus cumlaude, diterima untuk bekerja di perusahaan papan atas, gaji minimal tujuh digit, sukses mencicil KPR, punya pacar keren, menikah di gedung sewaan terbaik, mobil mewah, anak sehat, pro ASI, dan lain-lain target yang nggak ada habisnya. Kehidupan ini menjadi nggak le…

Cara-cara yang Bisa Membuat Kamu Makin Pintar

Orang bilang, waktu terbaik untuk belajar adalah ketika usia masih muda atau anak-anak. Alasannya adalah, pada usia inilah manusia mengalami tumbuh kembang sehingga pelajaran yang ada mudah diserap. Padahal otak manusia itu punya kemampuan adaptasi yang nggak dibatasi usia lho. Kepintaran bisa jadi dipengaruhi oleh faktor bawaan, namun faktor pembiasaan punya peranan yang nggak kalah pentingnya. Beruntunglah mereka yang sudah punya kebiasaan bagus sejak kecil untuk terus belajar dari lingkungan sekitar oleh orang tuanya. Namun membiasakan diri untuk belajar tentunya bisa dimulai kapan saja, jika kamu sebelumnya nggak pernah membiasakan diri dengan cara-cara berikut.
1.Banyak membaca Buku adalah jendela dunia. Klise memang, tetapi ini adalah cara terbaik untuk mengasah otak dan menambah wawasanmu. Dengan banyak membaca, kamu dapat berlatih memahami kenyataan melalui sudut pandang berbeda, yaitu sudut pandang penulis. Jangan ragu memilih buku apapun untuk dibaca, entah itu buku fiksi maup…

8 Jenis Kecerdasan Majemuk Manusia, Mungkin Kamu Punya Salah Satu atau Salah Duanya

Multiple intelligence atau kecerdasan majemuk adalah temuan dari Profesor Howard Gardner yang menyatakan bahwa manusia memiliki lebih dari satu jenis kecerdasan. Penelitian beliau diawali dari keresahan bahwa orang kerap menilai kecerdasan anak atau siswa hanya dari IQ saja. Padahal, menurut Profesor Gardner, kecerdasan sebetulnya terkait dengan kemampuan seseorang dalam menemukan pokok permasalahan, menyelesaikan masalah hidup, dan daya kreasi atau cipta. Atas dasar inilah Profesor Gardner kemudian mengelompokkan kecerdasan manusia ke dalam 8 tipe.
1.Kecerdasan linguistik Kecerdasan ini menjadikan pemiliknya pandai dalam berbahasa. Mereka dengan mudahnya mengingat kosakata dan merangkainya menjadi kalimat baik. Orang-orang jenis ini suka membaca, menulis dan bicaranya pun terstruktur dengan baik. Kalau kamu merasa memiliki kecerdasan jenis ini, karir yang tepat untukmu adalah penulis dan jurnalis.
2.Kecerdasan musikal Orang dengan kecerdasan musikal mudah mengingat nada, irama, serta …

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…

Ingin Berpelesir Aman dan Nyaman, Lakukanlah 6 Hal Ini

Melakukan perjalanan wisata, sendiri atau bersama teman maupun keluarga adalah saat yang menyenangkan. Kamu sengaja mengambil cuti atau mengincar long weekend demi memuaskan hasratmu bepergian ke tempat yang kamu idam-idamkan selama ini. Selain itu kamu sudah menyisihkan tabunganmu, mengincar tiket promo, mencari info ke sana kemari demi tercapainya tujuanmu. Hm... sebaiknya jangan sampai rencana dan upayamu bergembira jadi malah runyam gara-gara kamu nggak mempersiapkan dengan baik hal-hal kecil, atau melakukan kesalahan saat bepergian. Nggak pingin kejadian kan acara jadi berantakan gara-gara masalah sekecil apapun? Coba simak tips berpelesir berikut ini.
1.Mau menginap di mana? Carilah infromasi tempatmu menginap sebaik-baiknya. Jika perlu jauh-jauh hari sebelumnya. Perjalanan memang bagusnya direncanakan baik-baik, termasuk tempat menginapmu selama di tempat tersebut. Pertimbangkan mulai dari segi anggaran, lokasi penginapan, hingga kesesuaian rute yang menjadi tujuanmu. Jangan sa…

Untuk Kamu yang Suka Menulis: 12 Jurus Jitu Supaya Kamu Jago dalam Mengarang Cerita yang Menarik

Hobi mengarang sangat menarik untuk dikembangkan, karena ternyata profesi mengarang menjanjikan untuk dijadikan sebagai karir utama. Coba aja lihat mereka-mereka yang sudah sukses dalam menempuh karir sebagai pengarang, seperti Dewi Lestari, Haqi Achmad, Raditya Dika, dan masih banyak lagi pengarang muda yang meniti karir dalam dunia ini. Hmm..., ternyata menekuni dunia mengarang itu nggak gampang lho, karena harus benar-benar ditekuni. Banyak orang akhirnya batal mendalami dunia kepengarangan karena alasan nggak punya ide dan malas meluangkan waktu. Padahal sebenarnya mereka memiliki minat yang besar terhadap dunia ini. Atau mungkin, bisa jadi karena mereka belum tahu jurus-jurus dalam membuat cerita yang menarik?

8 Rahasia Berbicara di Depan Umum Tanpa Perlu Merasa Grogi

Demam panggung adalah masalah yang umum diderita oleh banyak orang, dan mungkin kamu salah satunya. Kamu mungkin tipe orang yang nyaman bekerja di belakang layar, namun bukan nggak mungkin suatu saat kamu dipercaya untuk bicara di depan umum. Misalnya, presentasi tugas kuliah, memimpin rapat himpunan mahasiswa, menggantikan atasan di kantor untuk rapat dengan klien. Hmmm, buat kamu yang punya masalah demam panggung pasti bakal ngerasa grogi abis, kaki gemeteran, sakit perut, sampe jantung berlompatan nggak karu-karuan. Wah, kalau sampai kamu gagap atau belepotan ngomong di depan orang banyak, bisa gawat tuh. Malu berat rasanya kan?

8 Cara Ini Akan Membuatmu Bangun Lebih Awal

Bangun pagi memiliki banyak manfaat, yang pasti akan membuatmu lebih banyak memiliki waktu untuk mempersiapkan harimu. Dengan bangun lebih awal, kamu bisa menyisihkan waktu untuk berolahraga ringan, menikmati sarapan atau memilih-milih pakaian yang sesuai mood mu di hari itu. Bayangkan aja kalau bangunmu telat, nggak sempat sarapan dan belum lagi kalau terjebak macet di jalan. Pasti harimu juga akan kacau setelahnya, mood hilang dan segalanya terasa berantakan. Berikut ini tips oke yang akan memberikan pencerahan bagi kamu bisa bangun lebih awal agar hari-harimu terasa lebih baik dengan kesiapan di pagi hari. 1.Buat jadwalmu di esok hari dengan agenda yang menarik Rencanakan agenda besok pagi dengan kegiatan yang menarik. Misalnya rapat dengan klien, atau bertemu dengan rekanan bisnis. Rencana-rencana yang menarik di hari esok akan membuatmu lebih bersemangat, sehingga lebih siap untuk bangun lebih awal. 2.Membaca buku sebelum tidur Membaca buku sebelum tidur akan membuatmu lebih cepat men…

Jika Kamu Mudah Bete Akibat Overdosis Masalah Hidup, Sudah Saatnya Kamu Meningkatkan Selera Humormu dengan 7 Cara Ini!

Perasaan hati itu seringkali urusan pilihan. Jika kamu cenderung melankolis, maka nggak heran kegalauan bakal mudah menyerang bak mules di pagi hari. Padahal rutinitas punya cara yang nggak bisa ditebak untuk selalu menawarkan keseruan yang bisa bikin kamu gembira atau bete. Kalau keseringan bete akibat terlanjur overdosis masalah hidup, akibatnya gawat juga. Kamu bakal gampang cemberut dan lekas tua lho. Selain itu, kawan-kawan malu bermain denganmu. Takut kalau kamu mendadak nyemprot gara-gara kebetean diluar batas. Kalau sudah begini, hanya humor yang mampu mengatasi buruknya suasana hatimu.

5 Cara Ekonomis untuk Memulai Latihan Yoga Bagi Pemula

Yoga adalah seni olah tubuh yang kini menjadi semacam lifestyle, terutama bagi masyarakat kota. Olah tubuh yang telah berusia ribuan tahun dan berasal dari India ini awalnya dilakukan untuk merawat spiritualitas dan kesehatan jiwa serta raga bagi pelakunya, namun sekarang telah menjadi sejenis industri. Kesan mahal dari latihan yoga membuat surutnya niat mereka yang ingin berlatih atau mendalami. Coba aja lihat harga-harga kelas yoga yang ditawarkan oleh gym di sekitarmu. Hmmm, cukup menguras kantong ya. Sayang sekali, padahal berlatih yoga sangat banyak manfaatnya.