Skip to main content

5 Cara Ekonomis untuk Memulai Latihan Yoga Bagi Pemula


Yoga adalah seni olah tubuh yang kini menjadi semacam lifestyle, terutama bagi masyarakat kota. Olah tubuh yang telah berusia ribuan tahun dan berasal dari India ini awalnya dilakukan untuk merawat spiritualitas dan kesehatan jiwa serta raga bagi pelakunya, namun sekarang telah menjadi sejenis industri. Kesan mahal dari latihan yoga membuat surutnya niat mereka yang ingin berlatih atau mendalami. Coba aja lihat harga-harga kelas yoga yang ditawarkan oleh gym di sekitarmu. Hmmm, cukup menguras kantong ya. Sayang sekali, padahal berlatih yoga sangat banyak manfaatnya.


 Yoga bermanfaat dalam melatih otot tubuh dan meningkatkan kualitas kinerja organ-organ dalam tubuh kita. Yoga juga merupakan olah tubuh yang dapat dipelajari siapa saja tanpa melihat usia, pria maupun wanita, bahkan dapat dilakukan bagi mereka yang terlanjur memiliki problem fisik.
Tetapi jangan khawatir teman. Bagi kamu yang bermodal pas-pasan, masih ada kok kesempatan bagimu untuk mempelajari yoga, asal didasari oleh niat yang kuat. Coba simak artikel berikut ini.

1.       Mulailah dengan menggali info sebanyak-banyaknya tentang yoga
Informasi tentang yoga sangat mudah diperoleh kini. Kamu bisa mencarinya diinternet baik dari page di sosial media ataupun jurnal online yang membahas khusus tentang yoga. Jika kamu memiliki anggaran, kamu bisa membeli buku-buku tentang yoga yang ada di pasaran. Baik buku maupun informasi yang kamu dapat di internet bermanfaat untuk membangun pemahaman awalmu tentang latihan yoga. Latihan yoga memiliki beberapa cabang dan tahap, serta aturan main. Maka, pengetahuan dasar yang baik tentu akan membuatmu lebih siap menjalaninya.
2.       Carilah gerakan yoga dasar di youtube dan mulailah latihan perlahan-lahan.
Jangan terlampau terburu-buru untuk berlatih gerakan yang sulit seperti headstand. Gerakan seperti headstand butuh waktu bertahun-tahun untuk dikuasai. Sebaiknya kamu mencari gerakan-gerakan yang sangat dasar, seperti stretching untuk pemanasan atau pose seperti downward dog dan child pose untuk membuatmu lebih nyaman dalam menyesuaikan diri. Lakukan segalanya perlahan dan jangan terburu-buru. Meski nampaknya sederhana, gerakan yoga bisa mengakibatkan cedera jika tidak berhati-hati dalam melakukannya.
1.       Tabunglah uangmu sedikit demi sedikit untuk membeli alas yoga
Yoga adalah olah tubuh yang tidak banyak membutuhkan syarat, yakni cukup pakaian yang nyaman dan alas. Alas akan melindungimu dari kerasnya ubin dan benturan. Alas yoga terbaik adalah matras yang terbuat dari lateks murni, namun harganya sangat mahal. Baiknya, sebagai pemula kamu memilih matras yang kualitasnya standar dan tidak licin. Jika kamu belum memiliki matras, kamu bisa menggunakan karpet yang dilapisi lagi dengan handuk tebal.
Selain alas, beberapa gerakan yoga juga membutuhkan alat bantu seperti tali dan balok. Kamu nggak perlu khawatir karena kedua benda ini bisa digantikan dengan handuk kecil serta buku yang tebal. Tak ada rotan akar pun jadi.
2.       Sediakan ruangan di rumahmu untuk berlatih dan bangunlah suasana yang mendukung
Jika kamu berencana mengawali latihan yoga mu di rumah sendiri, maka siapkanlah tempat khusus untuk itu. Pilihlah tempat yang tenang dan jauh dari polusi bunyi maupun udara. Dimensi ruangan yang dibutuhkan tidak besar, namun cukup bagimu untuk bergerak secara leluasa. Sebaiknya jangan menggunakan ruangan berAC karena akan membuat kulitmu kering. Untuk tambahan, kamu bisa menyediakan musik yang tenang dan aroma terapi agar latihanmu lebih nyaman dan fokus.
3.       Ikuti kelas yoga untuk pemula atau carilah guru yang mau mengajar privat maupun semi privat.
Latihan yoga terbaik adalah dengan menggunakan bantuan guru atau instruktur berpengalaman. Instruktur yoga akan mengarahkanmu pada latihan yang sesuai dan membantumu dari resiko cedera. Carilah tempat latihan yoga yang tidak terlalu besar karena kemungkinan harganya lebih murah daripada studio yoga di tempat seperti gym. Kamu juga bisa mencari guru yang mau mengajar privat atau bersama 2 atau 3 orang temanmu. Cobalah menawar harga suapaya kamu bisa mendapatkan harga lebih bersahabat. Kelas yoga umumnya hanya memiliki jadwal 3 kali seminggu. Jika kamu ingin hasil lebih optimal, berlatihlah sendiri di rumah di luar jadwal kelas yogamu.

Untuk hasil yoga terbaik, lakukan 5 kali seminggu minimal 30 menit dalam sehari. Selamat berlatih ya.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…