Skip to main content

6 Fakta Asyik dari Berkebun Yang Kamu Harus Coba!

Via Meadowview.com


Berkebun dan menanam-nanam cuma cocok buat petani dan orang desa? Ih please deh, justru berkebun di kota lagi naik daun saat ini. Dan kamu mesti nyobain kalau enggak mau dikatain ketinggalan jaman. Terlebih lagi, berkebun punya keasyikan tersendiri yang bakal kamu temukan kalau mau mendalaminya. Simak tulisan berikut ini.

1. Badan lebih sehat
Aktifitas berkebun bakal membuat badanmu lebih sehat karena kalau berkebun kamu harus rajin bangun pagi untuk menyiram tanaman-tanamanmu. Bangun pagi akan membuatmu akrab dengan matahari pagi yang bikin badanmu kebal penyakit kayak Superman! Badanmu juga jadi lebih kuat karena biasa mengangkat cangkul, sekop, tang, gunting tanaman, karung pupuk dan sebagainya. Jadi kamu nggak perlu repot-repot latihan fisik ekstra supaya badanmu terlihat oke di depan kecengan. Dan buat kamu yang punya masalah berat badan, berkebun bisa membantumu mengurangi berat badanmu lho. Caranya adalah membakar kalori melalui berkebun, misalnya menyiram tanaman sambil lari pagi atau memotong rumput sambil push up! Seru kan?

Bodi abang begini karena rajin nyangkul dek - Via usmagazine.com


1.       Ngirit
Harga cabe naik? Harga bawang melambung? Pasti nyokap lebih sering ngomel belakangan ini ya? Kalau kamu suka berkebun kamu ngga akan khawatir banget sama fluktuasi naik turunnya harga sayuran di pasar yang mirip akrobat sirkus. Kamu bisa memanen cabe hasil menanam kamu sendiri, atau bisa juga tomat, terong, sawi, selada dan sebagainya. Atau kalau adik lagi sakit batuk, kamu bisa cukup mengobatinya dengan membuat ramuan kunyit dan jahe yang diambil dari kebunmu sendiri. Dan kalau kamu lapar tapi lagi ngga punya duit buat jajan baso, daun-daunan di kebun bisa jadi alternatif cemilanmu di sore hari!

2.       Cinta dan dekat dengan alam
Berkebun artinya kamu mengolah alam, meski hanya dalam lingkup kecil kebunmu sendiri, tetapi lumayan untuk memupuk cintamu terhadap alam. Kamu bakal lebih peka terhadap kebersihan dan sampah karena kamu rajin bersih-bersih kebun dan membuat kompos dari sampah organik misalnya. Dan asal kamu tau aja, banyak riset membuktikan bahwa tanaman juga bisa mendengar dan merespon bahasa manusia. Artinya tanaman juga bisa ngerti apakah kita lagi bahagia atau bete. Dan tanaman yang diajak berinteraksi lebih subur tumbuhnya daripada yang tidak. Kalau kamu nggak percaya, coba aja kamu ngobrol sama tanaman tomat atau tanaman cabe milikmu, lalu lihat perkembangan mereka, apakah buahnya lebih besar dan banyak? Tapi cek sekelilingmu saat kamu mencoba-coba hal ini, jangan sampai tetanggamu yang kece itu lewat di depan rumahmu pas kamu sedang asik curhat sama tomat!


3.       Dekat dengan keluarga
Weekend ini enaknya ke mana? Jalan-jalan sama keluarga atau nge-date sama pacar? Kenapa nggak coba berkebun bersama aja? BBM lagi mahal sekarang ini, jadi kamu mesti mencari alternatif kegiatan yang menarik bersama keluarga, teman atau pacar tetapi murah meriah tanpa perlu bepergian jauh-jauh. Dengan berkebun bareng keluarga, teman atau pacar, kalian bisa berbagi waktu bersama dengan mencangkul, memupuk, menyiram, dan mengatur pot tanaman bersama-sama. Dalam kesibukan itu, kamu bisa sambil mengobrol atau bercanda bersama keluargamu atau pacarmu yang membuat hubungan kalian makin dekat dan akrab. Setelah berkebun, kamu bisa melanjutkannya dengan piknik bersama di kebun sendiri, boleh dengan makan masakan nyokap atau mencegat abang tukang baso atau siomay yang kebetulan lagi lewat depan rumah. Kalau kebunmu cukup luas, kamu bahkan bisa bikin acara barbekyu kecil-kecilan dan mengundang para tetangga. Seru, menarik dan hemat kan?

Selain dekat dengan keluarga, kita-kita nggak watir kalo harga cabe mendadak melambung - Via update.ahloo.com


1.       Kreatif
Jadi muda itu cuma sekali pals! Sayang banget kalau masa mudamu dihabisin cuma buat ngeceng di mall atau kafe. Mending situ cakep?
Daripada kegiatan nggak jelas, mending rajin berkebun deh. Sekali lagi, berkebun itu lagi ngehits banget! Kamu bisa menjelajah dengan mesin pencari di internet tentang urban farming dan menemukan teknik bertanam di lahan sempit yang sedang berkembang saat ini. Nggak ada salahnya kamu coba teknik berkebun hidroponik, aquaponik dan vertikultur di kebun kecilmu. Kalau kamu mau, kamu bisa mengajak ayah, ibu dan saudaramu untuk membantu membuat instalasi kebun modern kalian di rumah dan membuat percobaan sendiri dengan bahan-bahan yang murah meriah. Seru kan? Dan dari sana kamu bisa belajar banyak tentang membuat pupuk sendiri, benih tanaman, dan bahkan bisa mencoba-coba menjual produk kebunmu ke teman, tetangga atau saudaramu yang lain. Buat kamu yang masih sekolah atau mahasiswa, ini bisa jadi ajang belajarmu untuk ber-agrobisnis. Dan buat kamu yang udah bekerja, ini bisa jadi awal dari sidejob yang bisa menambah tebal kantongmu. Lumayan, bisa buat beliin pacarmu cincin tunangan lho!

1.       Banyak teman
Sekarang adalah jamannya orang gemar membentuk komunitas sesuai dengan minat kesukaan masing-masing, termasuk juga berkebun. Kamu bisa gabung ke komunitas berkebun yang lagi happening di kota atau tempat tinggalmu. Di sana kamu bisa punya banyak teman baru yang punya hobby sama denganmu dan bisa saling menambah wawasan lho. Itung-itung menambah relasi, gebetan, bahkan calon mertua! Nggak rugi banget deh.

Nah, jadi boleh juga punya hobby yang menguntungkan kan? Kalau kamu punya kesukaan berkebun yang seru di kampus, sekolah atau rumahmu, coba share di kolom komentar di bawah ini!


Comments

Popular posts from this blog

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!

Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih. Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.
1.Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif. Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. M…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?