Skip to main content

8 Jenis Kecerdasan Majemuk Manusia, Mungkin Kamu Punya Salah Satu atau Salah Duanya


Multiple intelligence atau kecerdasan majemuk adalah temuan dari Profesor Howard Gardner yang menyatakan bahwa manusia memiliki lebih dari satu jenis kecerdasan. Penelitian beliau diawali dari keresahan bahwa orang kerap menilai kecerdasan anak atau siswa hanya dari IQ saja. Padahal, menurut Profesor Gardner, kecerdasan sebetulnya terkait dengan kemampuan seseorang dalam menemukan pokok permasalahan, menyelesaikan masalah hidup, dan daya kreasi atau cipta. Atas dasar inilah Profesor Gardner kemudian mengelompokkan kecerdasan manusia ke dalam 8 tipe.

1.       Kecerdasan linguistik
Kecerdasan ini menjadikan pemiliknya pandai dalam berbahasa. Mereka dengan mudahnya mengingat kosakata dan merangkainya menjadi kalimat baik. Orang-orang jenis ini suka membaca, menulis dan bicaranya pun terstruktur dengan baik. Kalau kamu merasa memiliki kecerdasan jenis ini, karir yang tepat untukmu adalah penulis dan jurnalis.

2.       Kecerdasan musikal
Orang dengan kecerdasan musikal mudah mengingat nada, irama, serta warna suara. Mereka juga umumnya mudah dalam merangkai musik, seperti contohnya pengarang lagu. Orang dengan kecerdasan ini, jika dilatih dengan baik akan menjadi pemusik yang andal.

3.       Kecerdasan interpersonal
Mereka yang memiliki kecerdasan ini umumnya pandai mengenali diri sendiri serta orang lain. Mereka dengan mudah mengenali sikap, emosi, suasana hati dan cara pandang orang lain. Kamu yang memiliki kecerdasan jenis ini pilihan karir sebagai wirausaha, dokter, polisi bisa menjadi pertimbangan buatmu.

4.       Kecerdasan intrapersonal
Inti dari kecerdasan ini adalah pemahaman diri yang kuat, yaitu dari segi motivasi, emosi diri, tujuan hidup, cita-cita hingga perenungan lebih dalam mengenai pemikiran yang dimiliki. Orang yang memiliki kecerdasan ini sering merenung dan memiliki banyak pertanyaan. Bukan berarti mereka berlarut-larut atau menjadi egosentris ya, tetapi pemikiran-pemikiran itu akan menjadi ide yang akan dijawab oleh sesuatu yang fantastis. Contohnya aja sutradara Christoper Nolan yang sudah banyak membuat film-film hebat.

5.       Kecerdasan kinestetis
Olahragawan, penari, aktor/aktris, adalah mereka yang memiliki kecerdasan tipe ini. Mereka sangat pandai menggunakan kelihaian gerak serta koordinasi tubuh untuk mengasilkan gerakan indah atau cekatan dalam teknik tertentu.

6.       Kecerdasan logika-matematika
Nggak hanya matematikawan yang punya kecerdasan seperti ini. Siapa aja yang dengan mudah membuat perhitungan, cepat dan tepat dalam penaksiran, menemukan pola dan irama pada suatu bilangan, adalah mereka yang memiliki kecerdasan tipe ini. Berbahagialah orang-orang dengan kecerdasan logika-matematika, karena banyak sekali jenis karir yang akan dengan mudah dikuasai oleh orang-orang jenis ini. Sebut aja akuntan, ekonom, ilmuwan, programmer, dan banyak lagi.

7.       Kecerdasan visual-spasial
Arsitek, pemain lapangan, pelaut, adalah orang-orang yang memiliki kecerdasan tipe ini. Mereka pandai dalam membuat proyeksi, garis, dan sudut. Kecerdasan jenis ini meliputi kemampuan dalam merepresentasikan dunia dalam ungkapan mental yang artistik. Jika kamu memiliki kecerdasan ini, akan terlihat ketika kamu bermain lego, membuat sketsa bangunan atau ruang, ingatan peta, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan gambaran mental. Kamu yang memiliki kecerdasan jenis ini akan mampu menciptakan sesuatu melalui ingatan mental dalam ketiadaan seperti halnya arsitek yang membuat bangunan dari lahan kosong.

8.       Kecerdasan naturalis
Kamu anak alam yang gemar bertualang, penyayang binatang dan selalu peduli lingkungan? Maka tepatlah jika dikatakan kamu memiliki kecerdasan naturalis. Orang dengan kecerdasan ini senang mengamati perilaku alam. Mereka juga memiliki empati tinggi atau kesadaran lingkungan yang baik. Banyak karir yang dapat menjadi pilihan orang-orang ini, antara lain, ahli botani atau pertanian, dokter hewan, ahli geologi, dan masih banyak lagi.


Nah, dengan 8 jenis kecerdasan ini, kamu nggak perlu minder lagi jika nilai kalkulusmu jeblok atau nggak jago menghapal. Kamu masih memiliki kecerdasan jenis lainnya selain jago berhitung, dan kamu bisa memilih menjadi apa kelak dengan modal kecerdasan yang kamu miliki.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!

Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih. Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.
1.Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif. Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. M…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?