Skip to main content

9 Jenis Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan dengan Konsep Home Office

Via Kmart.com


Sukses hanya dengan bekerja dari rumah? Kayaknya ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk kamu yang tidak berminat pada corporate career alias bekerja di kantor besar. Dengan jenis pekerjaan ini, kamu bisa lebih mandiri dan independen dalam mengembangkan karir. Dengan konsep home-office, kamu hanya membutuhkan ruang secukupnya untuk menampung perangkat kantor seperti lemari berkas, rak dan beberapa komputer. Dan jangan remehkan jenis pekerjaan ini, karena meski bisa dilakukan di rumah saja, pekerjaan ini memungkinkan kamu untuk meraup pendapatan besar dan klien yang keren. Coba simak artikel ini ya.

1.       Arsitek
Banyak biro arsitek sukses yang mengawali langkahnya dari “industri rumahan” saja. Mungkin kamu memimpikan untuk membangun kantor arsitek yang besar dengan jumlah karyawan banyak. Namun hal yang besar harus dimulai dengan langkah yang kecil dulu kan? 
Via wisegeek.com

Mulailah dengan menjadi arsitek lepas atau freelance, atau mengajak 3 hingga 4 rekanmu untuk bergabung. Kalian bisa memulai mengerjakan proyek sederhana seperti interior atau rumah tinggal. Setelah selang beberapa waktu, bukan nggak mungkin kalian bisa bekerja pada proyek yang lebih besar dan kompleks, serta dengan major client pula. Jika biro kecil kalian telah menunjukkan kebutuhannya untuk berkembang, barulah kalian menyewa tempat yang lebih besar untuk dapat menampung kantor kalian.

2.       Desainer
Desainer apa saja, nggak akan membutuhkan terlalu banyak spesi untuk berkegiatan. Cukup komputer dan spesi kecil sebagai tempat workshop. Desainer grafis mungkin butuh perangkat komputer dan ruang untuk sketsa, demikian pula dengan fashion designer yang membutuhkan perangkat mesin jahit untuk mengkaryakan busananya.

3.       Web-developer
Via enterpreuner.com

Pekerjaan ini juga nggak membutuhkan ruang yang terlalu besar, karena perangkat yang dibutuhkan hanya komputer dan koneksi internet saja. Banyak orang yang bisa bekerja secara mandiri di bidang ini.

4.       Penulis dan writerpreuner
Kamu suka pekerjaan tulis menulis? Banyak pekerjaan seputar ini yang bisa kamu kembangkan dari rumah saja. Kamu bisa menjadi penulis lepas, penulis skenario, penulis murni, editor serta proofreader. Bahkan kamu bisa membuka start-up dalam bidang ini, yakni contohnya jasa pengeditan naskah, kelas menulis baik online maupun offline, hingga self publishing. Asyik kan?
Via soiponder.wordpress.com


5.       Penerjemah
Berbekal keahlian bahasa asing dan melek literasi bisa menjadikanmu seorang penerjemah baik buku maupun dokumen penting lainnya. Dalam bidang ini, kamu bisa bekerja dengan major client sekalipun jika kamu pandai memainkan koneksi. Jika kamu bosan mengerjakan penerjemahan dokumen, kamu juga bisa menjadi interpreter pada event tertentu. Apapun bisa kamu lakukan dengan kemampuan individualmu. Sedikit-demi sedikit, kamu juga bisa lho menggaet tim penerjemahmu sendiri dan kalian memiliki usaha di bidang penerjemahan ini.

6.       Seniman
Seniman umumnya bekerja secara individual. Untuk pekerjaan ini kamu mungkin butuh ruang yang lebih luas meski kamu hanya bekerja sendiri. Karena kamu nggak Cuma butuh kantor, tetapi juga studio atau sanggar kerja yang memungkinkan kamu beraktifitas lebih leluasa. Studio pribadi memungkinkanmu untuk menghasilkan karya-karya indah yang bisa kamu kerjakan di rumah saja. Studio rumahan juga akan membuatmu lebih terjaga secara privasi.

7.       Guru privat
Kamu punya keahlian tertentu seperti jago MIPA, bahasa asing, bermain musik atau melukis sekaligus suka mengajar?
Via dyselexialinks.org

 Mengajar itu panggilan hati lho, dan nggak semua orang memilikinya. Jadi kenapa nggak gunakan keahlian ganda ini sebagai peluang usaha kecilmu. Bukalah kursus privat atau semi-privat dengan ruang kecil di rumah yang bisa menampung maksimal 5-6 orang. Pasti menyenangkan!

8.       Blogger
Banyak orang sekarang ini menjadikan blogger sebagai profesi mereka. Kamu hanya butuh koneksi internet, keahlian cuap-cuap dalam bentuk tulisan, dan kepekaan menangkap apa yang lagi happening di luar sana. Temukan tema menarik dan tariklah peminat untuk mengunjungi blog mu. Dengan sedikit strategi jitu serta konsistensi, kamu bisa meraup pendapatan besar melalui industri ini. Sudah berapa banyak penulis sukses yang mengawali karirnya dari sebuah blog. Mungkin kamu salah satunya? It’s very worth to try!
via editthink.blogspot.com


9.       Event organizer
Kamu suka terhadap hal-hal detail dan menikmati bertemu dengan banyak orang? Cobalah berkarir sebagai event organizer, barangkali kamu bisa menikmatinya. Kamu nggak butuh ruangan besar untuk pekerjaan ini, karena kamu akan lebih banyak bekerja di luar ruangan daripada di belakang meja. Tetapi kamu tetap membutuhkan tempat sebagai base untuk memulai aktivitasmu dalam menjalani berbagai hal. Kamu dapat merancang berbagai jenis acara mulai dari acara seremonial, pernikahan, pameran dan banyak lagi. Kamu kamu juga bisa menyewa fotografer, berkoneksi dengan fashion designer, catering, persewaan kendaraan, pemain musik, dan lain sebagainya. Hanya dari ruangan kecil di rumahmu, kamu bisa menjalin begitu banyak jejaring untuk mendapatkan klien-klien terbaikmu. Hebat sekali kan?


Itulah 9 jenis pekerjaan  yang bisa kamu lakukan dari home-office mu. Jika kamu punya rekomendasi serta pengalaman lainnya, share di kolom komentar ya.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!

Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih. Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.
1.Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif. Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. M…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?