Skip to main content

Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan dengan Kopi Selain Meminumnya? Inilah 11 Manfaat Lain dari Kopi.



Kopi selain menjadi minuman yang lagi naik daun sekarang ini juga memiliki banyak manfaat lainnya. Simak tulisan berikut yang mengulas singkat manfaat kopi untuk kehidupan sehari-hari.


1.       Menghilangkan bau tak sedap dalam ruangan
Salah satu sifat kopi selain kandungan kafeinnya adalah menyerap bau. Jika kamu memiliki masalah bau dalam ruangan rumah atau kantormu, gunakan kopi untuk mengatasinya. Caranya adalah, tuangkan kopi bubuk (yang bentuk sachet juga boleh) ke dalam cangkir atau mangkuk kecil, kemudian letakkan pada salah satu sudut ruangan yang dekat dengan sumber bau. Dalam waktu 5 menit saja bau tak sedap akan berangsur-angsur menghilang.
2.       Gunakan bubuk kopi untuk mencerahkan kulit dan wajah
Kopi mengandung polifenol dan antioksidan alami sehingga baik untuk kulit. Untuk menggunakan scrub dari kopi, campurkan kopi pada body cream atau lotion dan balurkan pada kulit, diamkan beberapa menit, kemudian gosok perlahan untuk merontokkan kulit mati. Untuk penggunaan masker wajah, campurkan kopi dengan sedikit air dan balurkan ke wajah yang sudah dibersihkan hingga rata, kecuali pada area sekitar mata dan bibir. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
3.       Jika kamu sedang berupaya mengurangi berat badan, kopi dapat digunakan sebagai pembakar lemak alami
Kopi dapat meningkatkan detak jantung yang dapat memacu metabolisme lebih besar dari biasanya. Untuk pembakaran kalori lebih banyak dan efektif, minumlah kopi maksimal dua teguk saja sebelum berolahraga dan rasakan keringat yang keluar lebih banyak dibandingkan jika kamu nggak meminum kopi.
4.       Memudarkan selulit
Selulit memang masalah umum bagi cewek akibat jaringan lemak dibawah kulit yang bertambah gara-gara kamu nggak kuat nahan nafsu makan. Atasi selulit dengan berolahraga teratur dan gunakan kopi sebagai scrub di daerah selulitmu. Dengan penggunaan rutin selulit dapat berkurang.
5.       Gunakan air kopi untuk menghilangkan noda membandel
Caranya adalah dengan menggunakan air kopi sewaktu membersihkan meja atau perabot lainnya di rumahmu. Lap segera dengan kain hingga bersih.
6.       Banyak semut di rumah? Taburkan kopi di sekitar area terdampak
Kopi memiliki aroma kuat yang dibenci oleh serangga. Jika di rumahmu banyak semut atau kecoa, taburkan kopi di area-area yang sering didatangi serangga supaya mereka ogah mendatangi tempat tersebut.
7.       Basmi minyak membandel di peralatan masak milik nyokap dengan kopi
Capek dengan minyak membandel yang kerap nempel di alat-alat masak? Gunakan campuran air dengan kopi saat mencuci piring untuk membantu mengatasi masalah minyak tersebut. Dijamin kamu bakal lebih ngirit sabun cuci.
8.       Menyuburkan tanaman
Kopi mengandung nitrogen sangat dibutuhkan tanaman untuk menghasilkan zat-zat makanan bagi pertumbuhan. Gunakan air kopi untuk menyiram tanaman agar dapat berkembang lebih subur.
9.       Membersihkan sepatu yang kotor
Telapak sepatu yang setiap hari terkena debu dan tanah sering kali menimbulkan noda dan bau tak sedap. Untuk membersihkannya, gunakan bubuk kopi secukupnya. Taburkan dan sikat perlahan sampai noda dan bau menghilang.
10.   Membersihkan saluran pencernaan bawah dengan enema kopi
Sudah lama kopi digunakan untuk terapi kesehatan. Bukan dengan diminum, melainkan dengan memasukkan air kopi yang sudah dimasak ke saluran pembuangan (anus) dengan menggunakan selang khusus. Hiii, ngeri juga ya? Manfaat dari enema kopi ini adalah untuk membersihkan usus besar dari sisa-sisa pencernaan yang menempel di dinding usus selama bertahun-tahun. Selain itu, kopi yang masuk ke dalam usus besar akan diserap dan disalurkan ke organ-organ pencernaan sekitar sehingga fungsinya dapat diperbaiki. Manfaat enema kopi bahkan hingga dapat menyembuhkan penyakit liver dan kanker stadium besar jika dilakukan secara berkala. Untuk dapat melakukan enema kopi ini, kopi yang digunakan harus kopi khusus dan organik, karena jika tidak justru akan meracuni usus besarmu. Sebaiknya berkonsultasilah ke dokter untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang enema kopi.
11.   Gunakan hiasan menarik dari biji kopi untuk membuat ruanganmu lebih semarak.
Caranya gampang. Pilihlah biji kopi yang masih utuh dan letakkan ke dalam pigura. Jangan lupa menggunakan lem untuk merekatkan biji kopi dengan pigura. Kamu juga dapat menggunakan meja kayu yang memiliki ruang di tengah dan ditutup oleh kaca sebagai tempat hiasan kopimu. Atau, untuk alternatif lain, gunakan guci atau wadah kaca transparan lainnya sebagai wadah hiasan kopi. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu, ruang makan, kantor atau kafe jika kamu merupakan pengusaha kuliner. Selain manis rupanya, hiasan biji kopi ini juga mengeluarkan aroma yang harum. Untuk tampak yang lebih menarik, padukan beberapa jenis kopi yang memiliki warna berbeda, misal kopi hitam dengan kopi putih.


Manfaat kopi yang beragam ini bisa kamu coba sekarang juga untuk kehidupan sehari-hari. Jika kamu mengetahui manfaat kopi lainnya, bagikan di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…