Skip to main content

Begini Cara Makan Buah yang Tepat Agar Nutrisinya Membawa Manfaat Optimal untuk Tubuh Kita



Buah selain kaya manfaat karena kandungan nutrisinya juga lezat dan segar untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Konsumsi buah secara rutin juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit degeneratif dan kanker! Lumayan kan, untuk antisipasi pemakaian obat-obatan kimia berlebihan yang sering juga membawa efek samping. Namun hati-hati teman, karena mengkonsumsi buah dengan cara yang tidak tepat bukannya membawa manfaat bagi kesehatan malah menimbulkan masalah. Wah, kok bisa? Coba simak artikel ini.


1.       Makanlah buah-buahan segar, karena buah-buahan yang sudah dimasak akan menghilangkan kandungan vitamin dan enzim yang terkandung di dalamnya.
Pisang rebus dan koktail buah mungkin cemilan buah favoritmu. Namun tahukah kamu bahwa buah yang sudah dimasak akan kehilangan kandungan nutrisinya? Buah-buahan yang direbus akan larut kandungan vitaminnya. Selain itu, enzim yang terdapat dalam buah akan rusak dalam pemanasan pada suhu 40◦ celcius. Sayang banget kan, karena enzim sangat berguna untuk meringankan pencernaan kimiawi di dalam usus kita, juga untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jadi baiknya, makanlah buah dalam keadaan segar. Sajikan berupa potongan atau jus dengan kecepatan rendah sesuai dengan selera.
2.       Kunyahlah buah dengan perlahan agar tercerna dengan baik di mulut.
Air liur atau enzym ptialine dalam mulut kita berguna untuk mencerna makanan secara kimiawi, yaitu mengubahnya dari karbohidrat menjadi gula sederhana. Termasuk buah, harus tercerna dengan baik dimulut. Buah yang cenderung manis mengandung fruktosa alami sangat bagus untuk sumber tenaga instan bagi tubuh. Namun jika tidak dicerna dengan baik, kandungan fruktosa dalam buah akan mengakibatkan lonjakan gula darah sangat tinggi. Akibatnya kita bisa merasa pusing dan mendadak keliyengan, dan nggak bagus buat penderita diabetes. Selain itu kunyahan yang kasar akan memberatkan kerja lambung. Kunyahlah buah perlahan sampai halus agar tertelan dengan baik, kira-kira sebanyak 33 kali kunyahan.

3.       Jangan tambahkan gula, madu atau susu ke dalam jus buahmu! Bahkan, jangan campur buah-buahan dengan bahan makanan lainnya.
Minum jus buah dingin yang ditambah sirup atau susu di siang-siang yang panas pasti terasa sangat nikmat. Tetapi jangan lakukan ini jika kamu ingin mendapatkan manfaat optimal dari buah. Kandungan fruktosa yang bercampur dengan bahan makanan lainnya seperti susu, madu, sirup, akan menimbulkan efek fermentasi di dalam pencernaan. Fruktosa buah dapat membusukkan makanan lain yang sedang dicerna oleh lambung, sehingga malah menjadi sumber penyakit. Meski efek yang ditimbulkan nggak berat seperti orang keracunan, namun kebiasaan mengkonsumsi buah bersama bahan makanan lainnya secara berulang atau setiap hari akan membawa dampak negatif bagi tubuh dalam jangka panjang.
via dailyexpress.co.uk

4.       Makanlah buah dalam keadaan perut kosong dan sebaiknya pada pagi hari.
Kebiasaan makan buah sebagai pencuci mulut adalah tindakan salah kaprah dan justru merugikan. Kok bisa? Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa konsumsi buah bersama makanan lain akan menimbulkan efek fermentasi makanan di dalam pencernaan oleh fruktosa buah. Maka dari itu, paling bagus adalah mengkonsumsi buah dalam keadaan kosong dan eksklusif. Wah apa nggak bikin sakit perut tuh? Tentu saja tidak, karena buah meski beberapa memiliki rasa yang asam, sebenarnya memiliki sifat yang basa. Masuknya buah yang sudah terkunyah sempurna oleh mulut ke dalam lambung yang dalam keadaan kosong, justru sangat bagus karena akan memperingan kinerja lambung tersebut.
Pola makan food combining bahkan menganjurkan buah sebagai menu sarapan utama karena sifatnya yang mudah dicerna dan energi instan yang disediakan buah sangat baik untuk asupan energi kita di pagi hari. Ini disebabkan pada pagi hari, tubuh kita berada pada siklus pembuangan, sehingga pencernaan belum bisa bekerja terlalu berat untuk makan besar seperti lontong sayur atau bubur ayam. Karenanya, menurut pola makan food combining, buah adalah menu ideal untuk sarapan.
5.       Utamakan selalu buah lokal
Bukan hanya dalam rangka ingin mendongkrak pertanian dalam negeri di tengah maraknya impor produk pertanian, tetapi buah lokal memang memiliki keunggulan tersendiri. Buah lokal memiliki jalur distribusi yang lebih pendek dengan konsumen dibandingkan dengan buah impor, sehingga aman dari penggunaan pengawet dan resiko tercemar bakteri mematikan. Selain itu buah-buahan lokal yang matang pohon paling baik dikonsumsi karena memiliki kandungan nutrisi paling pas untuk tubuh.
6.       Makanlah buah pada suhu ruangan
Buah yang dipanaskan akan rusak kandungan enzimnya, dan sebaliknya, buah yang masih dingin oleh lemari es akan menghambat kinerja lambung. Ini disebabkan suhu yang dingin akan melambatkan kerja enzim pencernaan. Maka dari itu, biarkan suhu buah naik hingga suhu ruangan sehingga baik untuk dikonsumsi.
7.       Variasikan menu buahmu setiap hari dan sebaiknya jangan terpaku pada satu jenis buah saja.
Memang sih apel dan pir itu buah favoritmu yang sedang diet. Tetapi konsumsi apel dan pir setiap hari justru nggak bagus untuk tubuh lho. Ini dikarenakan konsumsi buah yang sama setiap hari akan menimbulkan penumpukan zat tertentu secara berlebihan sehinggak membebani kerja organ tubuh lainnya. Bagusnya konsumsilah buah secara bergiliran setiap hari dan variasikan jenisnya dalam satu atau beberapa porsi dalam sehari. Ada sirsak yang asam manis dan segar, pepaya nan legit, salak yang renyah, duku yang imut, ada banyak pilihan buah segar nan lezat untuk kamu santap bersama keluarga setiap hari.


Untuk hidup sehat dan awet muda serta bebas penyakit, kini kamu nggak perlu repot-repot minum suplemen dan vitamin yang bermacam-macam itu. Cukup konsumsi buah rutin dan dengan cara yang tepat saja akan mengantarmu ke kehidupan yang lebih berkualitas. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…