Skip to main content

Berolahraga Sesuai Minat untuk Badan yang Sehat dan Hati Bahagia

via texasrockgym.com

Berolahraga bikin capek? Memang sih, karena olahraga pasti menguras tenaga dan keringat, juga memakan waktu. Tetapi ternyata berolahraga teratur sangat penting untuk tubuh kita. Sesuai saran dokter dan pakar kesehatan, idealnya kita perlu berolahraga minimal 4 jam dalam seminggu, atau 20 menit setiap hari. Olahraga bermanfaat untuk melatih tubuh agar kuat dan melatih otot paling penting dalam tubuh kita: otot jantung. Kebayang aja kan kalau otot jantung kita berhenti bekerja karena terlalu lemah. Ngeri banget, kan? Selain itu, olahraga juga berguna untuk membuang racun tubuh, melancarkan sirkulasi darah, mengendalikan nafsu makan, menghasilkan hormon endorfin dan membakar lemak. Nah, jadi sebenernya nggak ada alasan untuk mangkir lho.
Kalau kamu masih enggan menyisihkan tenaga dan waktu untuk berolahraga, mungkin kamu perlu mencari tahu olahraga apa yang sesuai dengan minatmu. Dengan demikian, kamu akan lebih semangat menjalaninya, nggak peduli bikin kamu ngos-ngosan atau mandi keringat. Simak tulisan berikut ini:

1.       Olahraga permainan
Olahraga jenis ini membutuhkan teknik dan strategi karena selalu melibatkan 2 tim untuk bertanding. Kamu bisa mencoba tenis, badminton, basket, futsal dan sebagainya, bersama teman-temanmu untuk mengisi waktu kalian. Selain seru, olahraga ini juga dapat mempererat hubunganmu bersama teman maupun pasangan. Jangan minder kalau kamu nggak jago badminton atau basket, ini bukan pertandingan sungguhan. Kamu bisa minta temanmu yang lebih jago untuk mengajarimu bermain. Kalau kamu ingin meningkatkan performa latihan, kamu harus rajin berlatih sendiri atau banyak berlatih lari. Nggak masalah kan, kalau kamu udah mulai suka, justru akan memacumu untuk semakin giat berlatih. Tetapi yang harus diperhatikan adalah, olahraga jenis permainan akan meningkatkan detak jantungmu menjadi lebih tinggi. Jadi buat kamu yang punya masalah fisik tertentu sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

2.       Low impact training
Kamu termasuk nggak suka ngos-ngosan dan heart rate kamu tergolong tinggi? Kamu bisa melakukan jenis olahraga low impact training seperti senam pilates atau functional training yang minim hentakan. Meski kelihatannya mudah, senam ini bakal menguras keringat dan membakar banyak sekali kalori. Untuk kamu yang berusia di atas 25 atau 30 tahun, olahraga jenis ini lebih disarankan karena baik untuk merawat sendi dan otot.
via huffingtonpost.com

3.       Olahraga intensitas tinggi
Kalau kamu demen lompat-lompat akibat kelebihan energi, kamu wajib mencoba olahraga intensitas tinggi atau yang biasa disebut high intesity interval training. Olahraga ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan treadmill, sepeda statis, atau bahkan tanpa alat sama sekali. Olahraga ini cukup kamu lakukan selama 20 menit dan berguna banget untuk membakar kalori dan membentuk otot. Untuk dapat melakukannya dengan baik, kamu butuh petunjuk dari trainer khusus atau carilah video panduan streaming melalui internet.

4.       Ingin sambil bersosialisasi, jadilah anggota gym
Kamu pingin punya bodi Ade Rai, atau menjadi seksi keamanan seperti artis-artis layar kaca? Kamu perlu latihan beban dan panduan khusus untuk membentuk badanmu. Mendaftarlah ke gym yang terdekat dari rumah atau yang baik fasilitasnya. Di gym, kamu bisa menemukan alat-alat untuk melatih otot juga barbell beraneka ragam. Di sana juga ada mas-mas personal trainer yang bersedia melatihmu secara profesional. Di gym pula, kamu bisa berkenalan dengan member lainnya sambil berbagi tips melatih badan yang baik dan benar.
Untuk tips: carilah gym yang bersih baik pada ruang latihan dan ruang ganti hingga ruang bilasnya. Ogah banget kan kalau kita mesti berbagi ruang bilas yang jorok bersama orang lain? Selain itu pahami aturan main di tempat gym tersebut terutama yang terkait dengan keanggotaan. Selamat berbodi Ade Rai ya!

5.       Butuh tantangan lebih? Yuk ikut lari lintas alam
Kamu bukan tipe orang yang betah berlama-lama di dalam ruangan? Ikutlah kegiatan lari lintas alam. Atau lari bersama di jalanan kota juga menarik. Olahraga lari ini sempat menjadi tren beberapa waktu lalu dan nggak ada salahnya kalau kamu baru mengikutinya sekarang. Untuk permulaan, kamu perlu memiliki sepatu lari yang baik untuk mencegak kakimu cidera. Kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, dan jika kamu berlatih di malam hari, pakailah baju yang berwarna terang. Jangan lupa melakukan pemanasan dan peregangan selama 10-15 menit dan pendinginan setelah berlari, dan bawalah air minum supaya kamu tidak dehidrasi.

6.       Suka main air? Mari pergi berenang!
Cuaca sedang panas, maka kalau kamu nggak suka olahraga yang berkeringat, lakukan renang! Berenang sangat baik untuk persendian karena tidak ada hentakan. Renang juga sangat bagus untuk terapi dan untuk manula. Lakukan aktifitas berenang di pagi hari atau sore hari, dan dianjurkan berlatih sebelum makan selama 30-45 menit untuk kamu yang sedang ingin mengurangi kegemukan. Untuk mencegah rambut agar tidak kering, gunakan topi renang. Untuk kamu yang masih takut air dan tidak bisa berenang, bagus banget buatmu untuk menyewa pelatih renang. Belajar renang merupakan investasi yang bagus untuk masa tua, jadi nggak ada salahnya dicoba.

7.       Bersepeda ramai-ramai, olahraga sambil ngeceng
Bersepeda bareng dengan teman-temanmu bakal jadi agenda seru di hari minggu. Tetapi jika memang kamu menggemari olahraga ini, kamu juga boleh melakukannya setiap hari. Bersepeda sangat baik untuk jantung, paru-paru, otot perut dan otot kaki. Bersepeda juga dianjurkan untuk kamu yang kelebihan berat badan, karena gerakan mengayuh pedal minim hentakan sehingga tidak akan membuatmu cidera. Sebaiknya gunakan pelindung kepala, siku dan lutut ketika bersepeda, dan gunakan sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuhmu. Jika kamu suka tantangan, kamu bisa gabung dengan komunitas bersepeda dan mengambil rute-rute luar kota seperti hutan dan perkebunan. Dijamin seru dan menantang.

8.       Berlatih menyelaraskan raga, hati dan pikiran dengan yoga
Pekerjaanmu punya banyak resiko stres? Badanmu kaku karena terlalu banyak duduk di depan komputer? Atau kamu adalah atlit yang ingin merawat ototmu agar tidak mudah cidera. Ikuti saja kelas yoga. Yoga dapat diikuti oleh semua kalangan, baik anak-anak hingga lanjut usia. Latihan yoga menggabungkan latihan pernapasan, gerak, keseimbangan, dan beban. Kalau kamu termasuk pemula, ikutlah kelas basic/hatha yoga, dan jika kamu sudah sedikit lebih mahir kamu bisa mengambil kelas advance seperti power yoga. Dalam berlatih yoga, kamu juga akan belajar meditasi dan relaksasi yang dapat membuatmu merasa nyaman dan meredakan ketegangan pikiran.
Berlatih yoga idealnya dibimbing oleh instruktur yang ahli untuk mencegahmu dari cedera. Gunakan matras yang baik kualitasnya dan tidak licin, serta gunakan pakaian yang nyaman saat berlatih.

9.       Menyalurkan hasrat seni melalui kelas tari.
Salsa, tap dance, belly dance? You name it! Dengan irama musik dan gerakan-gerakan indah, kamu nggak akan bosan berlatih. Menari juga membakar banyak kalori karena seluruh tubuh ikut bergerak. Selain itu gerakan tari akan membuatmu merasa lebih gembira sehingga pegal dan keringat nggak akan menghentikanmu berlatih.


Gimana? Seru kan berolahraga sesuai dengan minat? Jika kamu punya tips berolahraga yang menyenangkan selain 9 olahraga di atas, bagikan di kolom komentar!

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…