Skip to main content

Berolahraga Sesuai Minat untuk Badan yang Sehat dan Hati Bahagia

via texasrockgym.com

Berolahraga bikin capek? Memang sih, karena olahraga pasti menguras tenaga dan keringat, juga memakan waktu. Tetapi ternyata berolahraga teratur sangat penting untuk tubuh kita. Sesuai saran dokter dan pakar kesehatan, idealnya kita perlu berolahraga minimal 4 jam dalam seminggu, atau 20 menit setiap hari. Olahraga bermanfaat untuk melatih tubuh agar kuat dan melatih otot paling penting dalam tubuh kita: otot jantung. Kebayang aja kan kalau otot jantung kita berhenti bekerja karena terlalu lemah. Ngeri banget, kan? Selain itu, olahraga juga berguna untuk membuang racun tubuh, melancarkan sirkulasi darah, mengendalikan nafsu makan, menghasilkan hormon endorfin dan membakar lemak. Nah, jadi sebenernya nggak ada alasan untuk mangkir lho.
Kalau kamu masih enggan menyisihkan tenaga dan waktu untuk berolahraga, mungkin kamu perlu mencari tahu olahraga apa yang sesuai dengan minatmu. Dengan demikian, kamu akan lebih semangat menjalaninya, nggak peduli bikin kamu ngos-ngosan atau mandi keringat. Simak tulisan berikut ini:

1.       Olahraga permainan
Olahraga jenis ini membutuhkan teknik dan strategi karena selalu melibatkan 2 tim untuk bertanding. Kamu bisa mencoba tenis, badminton, basket, futsal dan sebagainya, bersama teman-temanmu untuk mengisi waktu kalian. Selain seru, olahraga ini juga dapat mempererat hubunganmu bersama teman maupun pasangan. Jangan minder kalau kamu nggak jago badminton atau basket, ini bukan pertandingan sungguhan. Kamu bisa minta temanmu yang lebih jago untuk mengajarimu bermain. Kalau kamu ingin meningkatkan performa latihan, kamu harus rajin berlatih sendiri atau banyak berlatih lari. Nggak masalah kan, kalau kamu udah mulai suka, justru akan memacumu untuk semakin giat berlatih. Tetapi yang harus diperhatikan adalah, olahraga jenis permainan akan meningkatkan detak jantungmu menjadi lebih tinggi. Jadi buat kamu yang punya masalah fisik tertentu sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

2.       Low impact training
Kamu termasuk nggak suka ngos-ngosan dan heart rate kamu tergolong tinggi? Kamu bisa melakukan jenis olahraga low impact training seperti senam pilates atau functional training yang minim hentakan. Meski kelihatannya mudah, senam ini bakal menguras keringat dan membakar banyak sekali kalori. Untuk kamu yang berusia di atas 25 atau 30 tahun, olahraga jenis ini lebih disarankan karena baik untuk merawat sendi dan otot.
via huffingtonpost.com

3.       Olahraga intensitas tinggi
Kalau kamu demen lompat-lompat akibat kelebihan energi, kamu wajib mencoba olahraga intensitas tinggi atau yang biasa disebut high intesity interval training. Olahraga ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan treadmill, sepeda statis, atau bahkan tanpa alat sama sekali. Olahraga ini cukup kamu lakukan selama 20 menit dan berguna banget untuk membakar kalori dan membentuk otot. Untuk dapat melakukannya dengan baik, kamu butuh petunjuk dari trainer khusus atau carilah video panduan streaming melalui internet.

4.       Ingin sambil bersosialisasi, jadilah anggota gym
Kamu pingin punya bodi Ade Rai, atau menjadi seksi keamanan seperti artis-artis layar kaca? Kamu perlu latihan beban dan panduan khusus untuk membentuk badanmu. Mendaftarlah ke gym yang terdekat dari rumah atau yang baik fasilitasnya. Di gym, kamu bisa menemukan alat-alat untuk melatih otot juga barbell beraneka ragam. Di sana juga ada mas-mas personal trainer yang bersedia melatihmu secara profesional. Di gym pula, kamu bisa berkenalan dengan member lainnya sambil berbagi tips melatih badan yang baik dan benar.
Untuk tips: carilah gym yang bersih baik pada ruang latihan dan ruang ganti hingga ruang bilasnya. Ogah banget kan kalau kita mesti berbagi ruang bilas yang jorok bersama orang lain? Selain itu pahami aturan main di tempat gym tersebut terutama yang terkait dengan keanggotaan. Selamat berbodi Ade Rai ya!

5.       Butuh tantangan lebih? Yuk ikut lari lintas alam
Kamu bukan tipe orang yang betah berlama-lama di dalam ruangan? Ikutlah kegiatan lari lintas alam. Atau lari bersama di jalanan kota juga menarik. Olahraga lari ini sempat menjadi tren beberapa waktu lalu dan nggak ada salahnya kalau kamu baru mengikutinya sekarang. Untuk permulaan, kamu perlu memiliki sepatu lari yang baik untuk mencegak kakimu cidera. Kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, dan jika kamu berlatih di malam hari, pakailah baju yang berwarna terang. Jangan lupa melakukan pemanasan dan peregangan selama 10-15 menit dan pendinginan setelah berlari, dan bawalah air minum supaya kamu tidak dehidrasi.

6.       Suka main air? Mari pergi berenang!
Cuaca sedang panas, maka kalau kamu nggak suka olahraga yang berkeringat, lakukan renang! Berenang sangat baik untuk persendian karena tidak ada hentakan. Renang juga sangat bagus untuk terapi dan untuk manula. Lakukan aktifitas berenang di pagi hari atau sore hari, dan dianjurkan berlatih sebelum makan selama 30-45 menit untuk kamu yang sedang ingin mengurangi kegemukan. Untuk mencegah rambut agar tidak kering, gunakan topi renang. Untuk kamu yang masih takut air dan tidak bisa berenang, bagus banget buatmu untuk menyewa pelatih renang. Belajar renang merupakan investasi yang bagus untuk masa tua, jadi nggak ada salahnya dicoba.

7.       Bersepeda ramai-ramai, olahraga sambil ngeceng
Bersepeda bareng dengan teman-temanmu bakal jadi agenda seru di hari minggu. Tetapi jika memang kamu menggemari olahraga ini, kamu juga boleh melakukannya setiap hari. Bersepeda sangat baik untuk jantung, paru-paru, otot perut dan otot kaki. Bersepeda juga dianjurkan untuk kamu yang kelebihan berat badan, karena gerakan mengayuh pedal minim hentakan sehingga tidak akan membuatmu cidera. Sebaiknya gunakan pelindung kepala, siku dan lutut ketika bersepeda, dan gunakan sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuhmu. Jika kamu suka tantangan, kamu bisa gabung dengan komunitas bersepeda dan mengambil rute-rute luar kota seperti hutan dan perkebunan. Dijamin seru dan menantang.

8.       Berlatih menyelaraskan raga, hati dan pikiran dengan yoga
Pekerjaanmu punya banyak resiko stres? Badanmu kaku karena terlalu banyak duduk di depan komputer? Atau kamu adalah atlit yang ingin merawat ototmu agar tidak mudah cidera. Ikuti saja kelas yoga. Yoga dapat diikuti oleh semua kalangan, baik anak-anak hingga lanjut usia. Latihan yoga menggabungkan latihan pernapasan, gerak, keseimbangan, dan beban. Kalau kamu termasuk pemula, ikutlah kelas basic/hatha yoga, dan jika kamu sudah sedikit lebih mahir kamu bisa mengambil kelas advance seperti power yoga. Dalam berlatih yoga, kamu juga akan belajar meditasi dan relaksasi yang dapat membuatmu merasa nyaman dan meredakan ketegangan pikiran.
Berlatih yoga idealnya dibimbing oleh instruktur yang ahli untuk mencegahmu dari cedera. Gunakan matras yang baik kualitasnya dan tidak licin, serta gunakan pakaian yang nyaman saat berlatih.

9.       Menyalurkan hasrat seni melalui kelas tari.
Salsa, tap dance, belly dance? You name it! Dengan irama musik dan gerakan-gerakan indah, kamu nggak akan bosan berlatih. Menari juga membakar banyak kalori karena seluruh tubuh ikut bergerak. Selain itu gerakan tari akan membuatmu merasa lebih gembira sehingga pegal dan keringat nggak akan menghentikanmu berlatih.


Gimana? Seru kan berolahraga sesuai dengan minat? Jika kamu punya tips berolahraga yang menyenangkan selain 9 olahraga di atas, bagikan di kolom komentar!

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!

Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih. Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.
1.Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif. Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. M…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?