Skip to main content

Betapa Asyiknya Jadi Cewek Mandiri Tanpa Melupakan Kehadiran Cowok dalam Hidup Kita

via hipwee.com

Cowok dan cewek, pria dan wanita, pada dasarnya diciptakan setara oleh Tuhan. Sama-sama manusia dengan segala potensi dan kekurangannya. Jadi, sebenarnya jadi cewek manja, apa-apa maunya tergantung dan diturutin sama cowok itu sama sekali nggak perlu dan nggak penting. Terlebih lagi kita hidup dalam dunia yang kejam ini (halah), segala ujian dan tangan dunia dewasa ini menuntut masing-masing orang untuk bisa bertahan. So, cewek manja bakalan nggak dapat tempat deh dalam derasnya arus kehidupan, kecuali ada orang yang rela ditempelin atau direpotin sama cewek tipe ini. Berikut adalah tulisan yang mengulas secara singkat, kenapa sih jadi cewek mandiri itu perlu dan bahkan lebih asyik daripada cewek manja yang ketergantungan banget sama cowok.

1.       Punya kendali penuh atas diri kita sendiri
Menjadi mandiri itu bukan berarti jadi jagoan yang mengerjakan segala sesuatu seorang diri dan nggak butuh orang lain. Menjadi mandiri itu lebih kepada bagaimana kita punya independensi dalam menentukan apa yang baik dan penting bagi hidup kita. Istilah kerennya: determinasi. Kita tahu mau dibawa ke mana hidup ini, dan kita tahu apa-apa yang harus dilakukan untuk mencapai hal-hal tersebut. Kita tahu kegiatan apa saja yang menarik, yang perlu, yang sekiranya dapat membawa kita menuju cita-cita yang kita inginkan. Kita juga nggak bisa seenaknya aja tuh disuruh-suruh dan menuruti kemauan orang lain, termasuk pacar.
Tetapi bukan berarti sama dengan egois. Mandiri dalam bersikap tetap harus menjadikanmu mau berdialog dan berkompromi. Tetapi jika kamu tahu apa yang kamu mau, kamu nggak akan asal membebek alias ikut-ikutan kemauan sekitarmu. You won’t go with the flow, but you can make your own stream.

via liburmulu.com

2.       Nggak perlu bergantung pada orang lain
Bergantung pada orang lain bakal menjadi batas dan jerat dalam diri kita, sehingga kita nggak bakal bisa ke mana-mana. Contohnya aja, karena nggak bisa bawa kendaraan sendiri kita maunya nebeng terus atau dianter terus bukannya naik kendaraan umum aja. Lagi sedih karena ada masalah langsung buru-buru curhat bukannya menenangkan diri dan mencari solusi. Ketergantungan kita terhadap orang lain bakal merepotkan, dan nggak selamanya ada orang yang akan bersedia membantu kita. Nggak selalu ada pacar yang setia nemenin belanja, dan nggak selamanya ada papa dan mama yang mau mengantar ke mana-mana. Padahal semakin kita dewasa dan banyaknya tanggung jawab yang kita hadapi, kita makin dituntut untuk mandiri dalam menuntaskannya. Dan semakin banyak hal seru yang bisa kamu eksekusi tanpa perlu bergantung pada siapapun. Kalau bisanya cuma merepotkan orang lain terus, kapan kamu bisa punya pengalaman baru yang seru?

3.       Punya prioritas dan to do list dalam mencapainya
Nggak berani kuliah atau bekerja di luar kota karena takut jauh dari pacar dan keluarga? Wah, kamu bakalan kehilangan banyak kesempatan menarik dalam hidupmu, hanya karena kamu takut nggak bisa lagi diantar jemput pacar atau nonton bareng lagi. Padahal kalau kamu mau, kamu bisa melamar beasiswa dan kuliah di Eropa. Hello! Dunia ini sangat luas untuk kita. Jika kita maunya ada di zona nyaman saja, kapan kita bisa menjadi lebih baik dari kemarin padahal kita sangat mampu untuk itu? Ketergantungan terhadap zona nyaman bakalan jadi mental block atau batu pemberat yang menghalangi kita untuk terbang. Maka, singkirkan batu pemberat itu dan buat prioritas dalam hidup ini yang bisa dicapai beserta langkah-langkah meraihnya. Hidup bakal menjadi lebih seru dan kita nggak akan nyesel di hari tua.

4.       Jadi lebih menarik
Siapa bilang cowok melulu doyan sama cewek manis manja yang unyu-unyu? Jika kamu adalah cewek mandiri, kamu akan punya segmen tersendiri. Memang cowok butuh ruang untuk hadir dan memberi perannya dalam kehidupan cewek, tetapi jadi mandiri dan berprinsip serta nggak merepotkan akan menjadi hal yang disukai dan dihargai oleh cowok. Cowok juga berhak dong atas kehidupannya sendiri, dia juga punya kesibukan pekerjaan dan keluarga yang harus diurus. Kalau kamu manja dan menye-menye, kamu malah akan membatasi ruang gerak cowok tersebut untuk berkehidupan. Bukannya menarik malah bikin bete kan.

Via trivia.id


5.       Lebih dihargai karena punya nilai
Cewek mandiri mungkin sering dianggap keras kepala dan bikin ego pria kalah, makanya banyak cowok yang takut untuk ngedeketin. Buang pikiran itu jauh-jauh. Cewek juga punya hak untuk berdiri di atas kakinya sendiri. Justru cewek mandiri akan punya pemikiran sendiri dan akan mendapatkan pria berkelas, bukan sekedar pria yang ho-oh alias sekedar eksis (mending cakep). Jadi jangan takut lagi. Karena udah banyak wanita mandiri yang berkelas dan punya nilai, mendapat pasangan yang bernilai juga. Mereka jauh lebih dihargai karena ini, jadi kenapa kita nggak bisa.

6.       Lebih digdaya dan bisa melawan orang yang punya niat buruk terhadapmu
Dengan kemandirian, kamu bisa menghindarkan diri untuk menjadi makhluk yang sekedar “objek” bagi kaum adam. Wanita memang lebih mudah dijadikan objek karena tidak berdaya melawan, contohnya KDRT hingga pelecehan seksual.
Cewek yang mandiri bisa menempatkan dirinya dengan baik sehingga nggak begitu saja jadi sasaran pelecehan. Sebaliknya jika cewek yang selalu bergantung, tentu nggak akan punya daya untuk menyelamatkan dirinya jika berada pada situasi bahaya seperti itu.

7.       Lebih leluasa termasuk dalam soal finansial
Punya karir yang baik dan punya income layak darinya tentu menjadi keinginan semua orang termasuk cewek. Nggak ada yang salah dengan menjadi wanita karir, entah itu sebagai profesional maupun enterpreuner. Jika kamu mandiri dalam hal finansial, maka kamu bakal lebih leluasa dalam mengelola keuangan dan juga hidupmu. Takut dianggap menyaingi penghasilan suami? Buang pikiran itu jauh-jauh.
Jika kamu tinggal di kota besar, maka kebutuhan hidup, terutama setelah menikah, sangat besar. Jika kamu mandiri secara finansial kamu justru akan meringankan beban suami dalam memenuhi kebutuhan hidup. Suami dan istri bisa bersama-sama menyicil kredit KPR, membagi beban keuangan untuk membayar listrik, air atau gas. Jika kamu belum menikah, kamu nggak perlu morotin pacar buat nge-date. Kamu bisa tuh sekali-sekali membiayai kencan berdua kalian. Nggak ada aturan cowok yang harus selalu membayar acara nonton dan makan.

8.       Bukan berarti nggak butuh kehadiran cowok
Jadi cewek mandiri bukan berarti membenci kehadiran laki-laki dan membenci mereka. Cewek tetap membutuhkan pria sebagai teman hidupnya, hanya saja dengan cara yang berbeda yaitu dengan cara nggak jadi tergantung dan merepotkan, tetapi mendampingi dengan segala daya yang ada.
Justru inilah kerennya konsepsi menjadi cewek mandiri: berjalan bersama seiringan dengan lelaki pilihannya. Wanita bukan berjalan di depan, bukan di belakang, bukan berada di atas, bukan di bawah, tetapi di sisi pria untuk mengiringinya dalam mengarungi derasnya arus kehidupan yang kejam ini (halah lagi). Nggak ada relasi yang lebih indah dari itu kan?

Nah jadi, buanglah sikap manja yang ada dalam kamus hidupmu. Jadilah manusia berupa wanita yang mandiri demi keluarga, bangsa, dan agama.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…