Skip to main content

Ingin Berpelesir Aman dan Nyaman, Lakukanlah 6 Hal Ini




Melakukan perjalanan wisata, sendiri atau bersama teman maupun keluarga adalah saat yang menyenangkan. Kamu sengaja mengambil cuti atau mengincar long weekend demi memuaskan hasratmu bepergian ke tempat yang kamu idam-idamkan selama ini. Selain itu kamu sudah menyisihkan tabunganmu, mengincar tiket promo, mencari info ke sana kemari demi tercapainya tujuanmu. Hm... sebaiknya jangan sampai rencana dan upayamu bergembira jadi malah runyam gara-gara kamu nggak mempersiapkan dengan baik hal-hal kecil, atau melakukan kesalahan saat bepergian. Nggak pingin kejadian kan acara jadi berantakan gara-gara masalah sekecil apapun? Coba simak tips berpelesir berikut ini.

1.       Mau menginap di mana? Carilah infromasi tempatmu menginap sebaik-baiknya. Jika perlu jauh-jauh hari sebelumnya.
Perjalanan memang bagusnya direncanakan baik-baik, termasuk tempat menginapmu selama di tempat tersebut. Pertimbangkan mulai dari segi anggaran, lokasi penginapan, hingga kesesuaian rute yang menjadi tujuanmu. Jangan sampai kamu salah pilih tempat, misalnya hotel tempatmu menginap ternyata dekat dengan tempat prostitusi. Kalau kamu termasuk backpacker tipe cuek mungkin nggak masalah. Tapi bisa jadi kamu risih dengan aktifitas tersebut. Kamu bisa mencari tempat menginap di situs-situs pencari hotel yang juga sering menawarkan diskon. Kalau anggaranmu minim, kamu bisa memilih low budget hotel atau backpacker hotel yang dipakai beramai-ramai satu kamar. Pastikan hotel atau losmenmu berada dekat dengan jalan umum, mudah dijangkau dan punya reputasi baik.
2.       Berkomunikasi secara baik dan jelas dengan petugas atau karyawan tempat menginap akan mempermudah kamu memenuhi kebutuhanmu
Kamu ada di tempat asing, maka kamu harus antisipatif terhadap apa yang kamu butuhkan. Misalnya kendaraan atau obat-obatan tertentu. Ceritakan kebutuhanmu kepada karyawan losmen atau hotel. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa memenuhi kebutuhanmu di saat paling genting sekali pun.
3.       Tetaplah sehat karena sakit akan merusak segala rencana indah saat liburan
Kamu punya alergi tertentu atau punya masalah kesehatan? Sebaiknya kamu tetap waspada dan nggak kalap saat berwisata kuliner. Kamu nggak mau kan acara liburanmu rusak akibat diare atau asma yang tiba-tiba menyerang gara-gara salah makan? Selain itu, kenali iklim setempat apakah panas atau dingin. Bawalah pakaian sesuai kondisi lingkungan. Juga jangan lupa vitamin atau obat-obatan untuk kepentingan darurat. Sedia air putihh selalu untuk mencegahmu dari dehidrasi.
4.       Bawalah benda yang paling penting saja, dan jika bisa tinggalkan gadget di penginapan
Kamu banci status di media sosial? Lupakan kebancianmu saat sedang berlibur! Nikmati liburanmu semaksimal mungkin bersama orang-orang terdekatmu saat itu. Tunda segala keinginan meng-update status, check in, atau foto-foto menarik sampai liburan selesai. Tetapi jangan lupa untuk tetap membawa ponsel, karena siapa tahu kamu berada dalam keadaan darurat dan harus menghubungi seseorang di tengah acara liburan.

(Jika perlu, kamu bisa memblok sementara nomor-nomor tertentu untuk menghindarkanmu dari gangguan pekerjaan selama berlibur)
1.       Abaikan waktu perjalanan dan jangan salahkan diri sendiri jika tidak disiplin. Kamu kan nggak lagi di sekolah?
Yap, jangan terlalu kaku dengan batasan waktu, kapan harus berangkat dan kapan harus pulang. Merencanakan kegiatan dan tempat berlibur memang penting. Tetapi terlalu kaku dalam jadwal bisa sedikit mengganggu ketenanganmu. Jika kamu ternyata merasa nyaman berlama-lama di pantai, nikmatilah. Siapa sih yang rela terburu-buru saat menikmati indahnya matahari terbenam di pantai tereksotis di sunia?
2.       Melenceng dari rute atau tujuan justru menimbulkan pengalaman baru yang mendebarkan
Kesasar emang bikin bete. Apalagi kamu udah ngebet banget pingin pergi ke suatu tempat, jadi rasanya pingin cepat-cepat sampai aja. Hei, tapi justru salah jalan atau salah tempat memungkinkanmu untuk menemukan pengalaman baru yang nggak terduga.
Misalnya aja kamu sedang menjelajah sawah-sawah di Ubud Bali, dan mendadak kamu menemukan lokasi retreat para belly-dancer yang lagi manggung. Atau, kamu harusnya mau ke lokasi air terjun, tapi karena peta kamu keselip kamu malah nyasar ke danau. Atau mungkin, kamu harusnya menjelajah desa wisata, tetapi karena salah ambil jalan, kamu malah masuk ke sebuah hutan bambu yang bentuknya mirip-mirip hutan peri di film-film fantasi.
Segalanya mungkin.
Jadi ambil aja kesempatan yang ada untuk bertualang. Jangan takut liburanmu rusak karena kesalahan kecil. Nikmatilah segala apa yang sedang terjadi. Go have fun!

Nikmati sensasi liburan dan pulanglah kembali ke rumah serta aktifitas dengan hati gembira serta segar. Kamu siap?

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…