Skip to main content

Jika Kamu Mudah Bete Akibat Overdosis Masalah Hidup, Sudah Saatnya Kamu Meningkatkan Selera Humormu dengan 7 Cara Ini!


Perasaan hati itu seringkali urusan pilihan. Jika kamu cenderung melankolis, maka nggak heran kegalauan bakal mudah menyerang bak mules di pagi hari. Padahal rutinitas punya cara yang nggak bisa ditebak untuk selalu menawarkan keseruan yang bisa bikin kamu gembira atau bete. Kalau keseringan bete akibat terlanjur overdosis masalah hidup, akibatnya gawat juga. Kamu bakal gampang cemberut dan lekas tua lho. Selain itu, kawan-kawan malu bermain denganmu. Takut kalau kamu mendadak nyemprot gara-gara kebetean diluar batas. Kalau sudah begini, hanya humor yang mampu mengatasi buruknya suasana hatimu.


Bercanda diyakini mampu untuk menjadi obat saat hati merasa sedih dan penat. Untuk dapat menikmati canda atau humor, kamu harus memiliki selera yang baik. Bagaimana caranya meningkatkan selera humor untuk mengatasi mood yang sedang jelek? Simak tulisan berikut.

1.       Banyaklah membaca cerita lucu, komik atau kolom humor di media
Lelucon juga butuh referensi. Untuk menambah kosakata humormu, banyaklah membaca cerita-cerita lucu atau kolom humor yang ada di media. Selain itu banyaklah wawasan karena sering humor itu merupakan kritik atau satir terhadap kenyataan yang ada saat ini. Selain menambah referensi, tentu kamu menjadi peka terhadap sasaran humor yang sebenarnya.
2.       Tontonlah film atau acara komedi
Kamu tipe orang yang serius? Sebaiknya kamu mulai menambah asupan film komedi untuk meredakan ketegangan syarafmu. Pilihlah film-film komedi yang sehat dan tidak mengandung sarkasme atau murahan. Selain itu, rajinlah menonton acara komedi di televisi, apakah itu acara stand up comedy atau komedi situasi yang sedang naik daun saat ini. Selain menambah referensi humor, acara-acara tersebut juga dapat menghibur kamu.

3.       Banyak mengobrol dengan teman akan membantumu belajar bagaimana selera bercanda yang baik
Selera humor masing-masing orang bisa jadi berbeda-beda. Supaya bercandamu dapat diterima oleh lingkungan, kamu harus banyak mengobrol dengan teman-temanmu agar mengetahui bagaimana selera humor yang mereka miliki. Jangan sampai selera humormu terlalu kasar atau menyakiti perasaan teman. Bukannya menghibur, salah-salah kamu ditinggalin oleh kawan-kawanmu.
4.       Jangan terlalu banyak dibuat-buat, bersikaplah spontan
Keinginan untuk mendapat perhatian dapat membuat seseorang bertingkah berlebihan, termasuk dalam bercanda. Namun kelakuan seperti ini justru membuat orang jadi nggak tertarik atau malas memperhatikan. Misalnya tertawa terlalu keras atau gaya bicara yang dibuat-buat. Adanya, orang makin bete dengan tingkahmu. Humor terbaik adalah yang dilakukan secara wajar serta spontan, maka bersikaplah apa adanya.
5.       Amati situasi dan orang-orang di sekitarmu
Humor akan terasa kasar jika dilontarkan tidak pada tempatnya. Karena itu amatilah sekelilingmu sebelum kamu ber-haha-hihi. Apakah suasananya sedang baik? Apakah orang-orangnya suka bercanda? Dengan memahami situasi sekitar, kamu akan memiliki kepekaan khusus tentang melemparkan humor pada situasi yang tepat.
6.       Belajarlah berkomunikasi yang baik hingga terampil
Humor paling lucu sekalipun nggak akan terasa pecah jika kamu nggak bisa mengkomunikasikannnya dengan baik. Bisa-bisa malah garing atau jayus. Nggak mau kan kalau lelucon yang kamu ceritakan ke teman-teman malah berakhir... “krik krik krik”.
Maka dari itu berlatihlah dalam menyampaikan pikiran, termasuk dalam menceritakan humor. Bukan hal yang merugikan kok, karena siapa tahu kamu berbakat melawak atau menjadi komedian.
7.       Jangan galau melulu, lebih baik berpikir positif karena hati yang gembira adalah obat!
Gimana bisa mempunyai selera humor yang baik kalau hatimu galau melulu? Berpikir positif adalah kunci dalam membina selera humor yang sehat. Bahkan, pengalaman-pengalaman buruk dan paling menyedihkan sekalipun dapat menjadi bahan humor yang menarik jika kamu sudah lihai melakukannya. Jangan terlalu banyak tenggelam pada kesedihan dan kekalutan, dan latihlah dirimu untuk tertawa dengan alasan yang sehat. Banyaklah tertawa karena tawa itu menyehatkan.


Selamat menjadi lebih berbahagia dengan humor yang sehat.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…