Skip to main content

Kamu Introvert? 10 Hal Ini Adalah Kelebihan dari Pribadi Introvert yang Akan Mendongkrak Karirmu

Senang kerja sendiri bukan berarti anti-sosial - Via thestartofahappiness.com


Kamu pemalu, enggan banyak berbicara dan tertekan dalam situasi di mana banyak orang? Hidup emang nggak gampang buat para introvert karena dunia ini terlalu banyak bicara! Banyak pekerjaan yang lebih cocok bagi mereka yang berkepribadian extrovert seperti sales, politikus, manajer perusahaan dan lain-lain. Tetapi bukan berarti orang-orang introvert nggak punya ruang, dan bahkan banyak pemimpin berkelas adalah mereka yang berkepribadian introvert. Mengapa bisa begitu? Kan orang introvert itu pemalu dan cenderung menghindar dari kehidupan sosial. Nggak gitu juga kok. Jika kamu mau mengasah kelebihanmu sebagai pribadi introvert, kamu juga bisa melejit dalam karir. Jadi nggak selamanya orang introvert itu bergerak di balik layar, mereka juga bisa berada di garda depan! Simak tulisan berikut ini.

1.       Gemar belajar dan cerdas.
Karena nggak nyaman bergaul dengan banyak orang, orang introvert umumnya menghabiskan waktunya dengan membaca atau belajar. Mereka nyaman dengan kesendirian dan betah berlama-lama terhadap kegiatan yang individual seperti membaca buku. Dengan banyaknya hal yang mereka baca, orang-orang introvert dengan sendirinya menjadi pintar. Kecuali tentu jika mereka memang pemalas. Tetapi buat kamu, introvert yang banyak membaca dan belajar, tentu ini akan membuka pemikiranmu dan menambah bekalmu dalam berkarir.

2.       Kreatif dan berpikir bebas
Orang dengan kepribadian introvert umumnya pemikir, karena tidak suka berbicara. Si introvert biasanya gemar mengamati hal-hal di sekelilingnya sambil berpikir, dan dengan wawasan yang semakin luas, mereka umumnya mampu meramu-ramu banyak hal. Maka nggak heran jika si introvert cenderung punya banyak gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisan, karya ilmiah, musik, buku, konsep, dan sebagainya. Kekurangannya, karena tidak ekspresif, si introvert biasanya malu untuk mempublikasikan karyanya, padahal bisa jadi apa yang dibuatnya adalah suatu terobosan!

Yang lain pada rame, si introvert tetap fokus kerja - via AOL.com


3.       Analitis
Selain kreatif, si introvert karena gemar berpikir juga merupakan sosok yang gemar menganalisis. Sambil mengamati, ia akan selalu bertanya, mengapa muncul peristiwa ini dan mengapa seseorang dapat berkelakuan begitu. Makanya kadang-kadang si introvert mudah terjebak dalam pikirannya sendiri akibat overthinking. Tetapi dengan latihan dan orientasi yang jelas, si introvert dapat membuat sesuatu yang rumit dan terpisah-pisah menjadi terhubung satu sama lain. Makanya banyak peneliti dan penulis adalah mereka yang introvert.

4.       Independen
Si introvert mungkin terlihat cuek dan selalu mau menjalani segalanya sendirian. Namun justru itulah sisi kelebihannya. Hal ini membuat si introvert sebagai pribadi yang mandiri dan independen, bukan hanya dalam bepergian atau mengikuti acara sendirian, tetapi juga dalam membuat suatu keputusan. Si introvert nggak akan bergantung pada orang lain, meski ia mau menerima masukan. Dengan demikian, si introvert nggak bakal merepotkan banyak orang dan nggak terlalu heboh dengan pertimbangan dan keputusannya.

5.       Mampu becermin kepada diri sendiri
Karena selalu berorientasi ke dalam, orang dengan pribadi introvert cenderung untuk self-reflective, mengevaluasi diri sendiri. Hal ini bagus karena mereka nggak akan mudah terpengaruh dengan orang lain. Namun jika berlebihan, self-reflective justru akan memupuk rasa rendah diri dan pesimisme. Jadi buat kamu yang introvert, jangan terlalu banyak berpikir tentang kekurangan dirimu. Salah-salah, keresahan yang menumpuk bisa membuatmu frustasi sendiri

Maunya fokus dan detail - Via huffingtonpost.com


6.       Bertanggung jawab
Orientasi dirimu yang cenderung ke dalam akan membuatmu untuk lebih bertanggung jawab atas apa yang kamu perbuat. Kamu khawatir jika pekerjaanmu ternyata kurang baik sehingga kamu selalu berusaha meningkatkan kualitas kerjamu. Namun jangan berlebihan, karena kamu bisa saja menjadi obsesif untuk memuaskan semua orang. Sebaiknya kamu menghindari hal tersebut karena akan membuatmu kelabakan sendiri jika tidak berhasil menyenangkan semua orang yang ada di sekitarmu.

7.       Fleksibel
Si introvert memang cenderung mengalah dan memberi banyak ruang gerak kepada orang lain. Mereka nggak akan memaksa atau menekan orang atau keadaan untuk berjalan seperti kemauan mereka. Orang introvert cenderung mudah menerima keadaan. Dengan adanya kompromi yang mudah ini, maka si introvert akan membentuk tim yang klop satu sama lain, di mana dalam suatu tim biasanya terdapat banyak perbedaan pendapat. Nah, si introvert tadi, akan lebih santai dalam menghadapi perbedaan pendapat dan meramunya dalam solusi demi kebaikan bersama.

8.       Mudah konsentrasi
Karena cenderung nggak banyak bicara, maka si introvert adalah orang yang fokus dengan pekerjaannya. Jika si extrovert selalu membutuhkan stimulus dari orang-orang sekitar berupa perhatian dan pembicaraan yang nggak ada habisnya sehingga mudah terdistraksi, maka sebaliknya bagi si introvert. Fokus terhadap pekerjaan akan membuat kehidupan karir bagi si introvert berlangsung lebih praktis, efisien dan terarah.

9.       Mampu bekerja sama dengan baik
Keutamaan dari pribadi introvert adalah kemampuannya mendengarkan orang lain, sementara si extrovert lebih suka berbicara. Banyak orang yang ingin mengekspresikan diri mereka, namun berapa orang yang bersedia menjadi pendengar? Menjadi pendengar yang baik, bukan berarti menjadi pasif. Mendengar orang lain berarti memiliki atensi yang dapat menjadi cikal bakal terjalinnya hubungan kerja sama yang baik. Orang suka didengar dan diperhatikan ketika bercerita, dan kemampuanmu menjadi pendengar akan menjadi akar dalam hubungan kerjasama tersebut.

10.   Mampu menjaga relasi dalam jangka panjang
Si introvert mungkin pemalu dan canggung di antara banyak orang. Teman mereka mungkin nggak sebanyak si ekstrovert yang gemar pergi ke pertemuan atau pesta. Tetapi si introvert  mampu menjaga pertemanan yang ada dalam waktu lama. Si introvert memang nggak bisa sembarangan memasukkan orang ke dalam ruang personalnya, namun sekali ia percaya kepada orang tersebut, relasi yang ada pasti terjamin keawetannya. Hal ini berlaku pula dalam menjalin relasi bisnis. Jika ia mampu membangun komitmen dan kepercayaan, dan demikian pula rekanan yang ia miliki, maka pasti relasi itu akan berjalan hingga bertahun-tahun kemudian.


Nah, buatmu yang introvert, pemalu dan pendiam, kamu nggak perlu khawatir jika selama ini kamu dituduh pasif dan nggak progresif dalam pekerjaan. Mulai saat ini, sadari kelebihanmu dan melejitlah! Selamat berjuang!

Sumber: http://www.lifehack.org/articles/lifehack/top-10-advantages-of-introvert.html

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!

Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih. Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.
1.Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif. Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. M…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?