Skip to main content

Lawan Perut Buncit dengan Berlatih Yoga, Coba Lakukan 11 Gerakan Ini Secara Teratur

via smartdetox20hari.com

Perut buncit bikin nggak pede? Iya sih, karena perut yang membesar akibat kegemaranmu ngemil coklat, es krim atau keripik basreng bakalan membuatmu kesulitan menemukan baju yang pas. Atau jeans kesayanganmu juga celana kain untuk ke kantor nggak muat lagi sehingga kamu mesti belanja setumpuk pakaian baru yang ujung-ujungnya bikin dompetmu jerit-jerit akibat bokek. Kamu juga bakal nggak nyaman gara-gara sewaktu duduk, kayak ada yang ngganjel di perut. Orang-orang juga bakalan sering iseng nanyain, “Ceilah, lagi hamil berapa bulan?” Ih, sebel deh.

Perut buncit disebabkan oleh menumpuknya lemak di area perut akibat dua hal: asupan karbohidrat dan lemak melebihi batas wajar yang akhirnya membuat tubuh menyimpannya sebagai cadangan makanan di perut. Yang kedua, tumpukan lemak di perut disebabkan oleh tidak terlatihnya orot perut dengan baik, makanya lemak betah ngendon di situ. Hmmm, terus gimana dong?

Solusinya tentu saja dengan berolahraga, gaes. Salah satunya adalah dengan berlatih yoga. Ah masak sih yoga yang kayaknya kalem itu bisa mengatasi masalah perut yang buncit? Eh, jangan salah lho, gerakan yoga yang sederhana ini bakalan menguras tenaga dan keringatmu sampai banjir lho. Nggak ada salahnya dicoba kan. Yuk kita kupas.

1.  Jangan lupakan pemanasan dan berlatih pemanasan di awal.
via: dummies.com

Setiap jenis olahraga wajib diawali dengan pemanasan kalau kamu nggak mau cedera. Pemanasan dalam yoga hampir sama dengan pemanasan pada olahraga lainnya. Mulailah dengan melakukan peregangan leher, tangan, kaki serta pinggang. Lakukan semuanya perlahan dan bertahap. Setelahnya lakukan latihan pernapasan ringan sambil duduk bersila (posisi lotus). Letakkan tangan di atas kedua lutut dengan posisi ibu jari bertemu dengan telunjuk. Selama 5 menit, tarik napas perlahan melalui diafragma dan hembuskan perlahan dengan 10 hitungan. Pernapasan ini akan menghangatkan badanmu dan membuatmu siap menjalani latihan.


2. Pose Tadasana (Posisi Gunung)

via: yogajournal.com


Pose ini melatih cara berdiri yang benar dengan struktur kaki serta tubuh yang tepat. Caranya adalah berdiri dengan kedua sisi dalam kaki saling menempel sehingga berat tubuh akan terdistribusikan rata ke kedua telapak kaki. Tegakkan bahu dan kepala serta wajah menghadap ke depan. Tarik napas perlahan, sambil berjinjit pada kedua kaki, tahan selama 3 detik kemudian kembali lagi ke posisi semula sambil menghembuskan napas perlahan. Ulangi gerakan tersebut hingga 10 kali. Latihan ini berguna untuk melatih otot betis, hamstring, bokong, dan juga perut.

3. Pose Padahastasana
via: sarvyoga.com


Berawal dari posisi Tadasana tadi, tarik napas perlahan, dan tarik tubuh ke belakang sambil mengangkat tangan ke atas. Kemudian perlahan, gerakkan tubuh bagian atas melalui pinggul ke arah bawah. Lipat badanmu hingga wajah mencium lutut. Untuk pemula, barangkali masih terasa kaku dan kamu nggak bisa menyentuhkan wajah dengan lutut. Tidak masalah, lakukan sebisanya hingga terasa titik maksimal yang kamu bisa. Bertahanlah di posisi ini sebanyak 10 kali hitungan napas, kemudian kembali ke posisi Tadasana. Ingatlah untuk selalu bergerak dari panggul secara perlahan-lahan.
Posisi ini berguna untuk meregangkan otot punggung bawah dan juga otot perut.

4. Paschimotanasana



Gerakan ini adalah peregangan tubuh bagian belakang secara intensif yang berguna untuk otot punggung bawah, bokong dan hamstring, namun juga berguna untuk otot perut. Caranya adalah, memulai dari posisi duduk Dandasana, yaitu duduk di matras dengan kedua kaki lurus dan rapat ke depan. Pastikan tubuh tegak dan putar bahu ke belakang. Perlahan, tarik napas dan angkat tangan ke atas, kemudian gerakkan tubuh bagian atas ke depan hingga wajah mencium lutut. Seperti halnya dengan pose Padahastasana, lakukan gerakan ini melalui panggul, jangan sampai punggungmu melengkung karena kan mencederai tulang belakang. Jika kamu belum sanggup mempertemukan wajah dengan lutut, berhentilah pada titik paling maksimal dan bertahan. Tahan posisi ini hingga 10 hitungan napas lalu perlahan kembalilah ke posisi duduk Dandasana seperti semula.

5. Pose Marichiyasana (Pose memutar)
via: whattherapy.com

Pose ini adalah gerakan memutar tulang punggung untuk menstimulasi organ-organ di rongga perut. Awali dengan pose duduk Dandasana, kemudian tekuk lutut kiri ke belakang hingga lutut menghadap ke atas. Pastikan dada dan bahu tegak, dan putar bahu ke belakang. Pastikan pula kedua telapak kaki menghadap ke depan dan ibu jari lurus ke arah langit-langit. Perlahan putar tubuh atas ke arah kiri dan tahan dengan siku tangan pada lutut kaki kiri. Tahan posisi ini selama 10 hitungan napas dan lakukan hal yang serupa dengan kaki kanan.

6.  Pose Pavanamuktasana 
via: stylesatlife.com

Awali gerakan ini dengan berbaring terlentang pada matras, kaki lurus dan membuka selebar bahu serta tangan lurus di kedua sisi tubuh. Perlahan tarik napas dan tekuk kedua kaki ke arah perut dan dada, lalu peluk kedua lutut. Lakukan selama 5 kali hitungan napas, kemudian lakukan twist, dengan mengarahkan kaki ke sisi kiri tubuh masih dalam keadaan terlipat dengan sudut paha dengan betis 90 derajat. Kemudian putar tubuh bagian atas ke arah sebaliknya yaitu arah kanan, dan dengan wajah menghadap pula ke arah kanan. Tahan posisi ini selama 10 hitungan napas. kemudian lakukan gerakan sebaliknya, yaitu arahkan kaki ke sisi kanan dan tubuh atas ke arah kiri. Tahan hingga 10 kali hitungan napas, kemudian kembalikan kaki lurus ke bawah seperti semula.

7. Pose Naukanasana (Posisi Perahu)
via: eyogaguru.com

Awali dengan posisi duduk Dandasana, yaitu duduk dengan kaki lurus ke depan dan bahu serta dada tegak. Perlahan tarik napas sambil mengangkat kedua kaki lurus hingga terangkat sebanyak 45 derajat. Condongkan tubuh atas ke belakang perlahan sambil hembuskan napas. Kemudian jaga keseimbangan sambil perlahan angkat kedua tangan hingga sejajar dengan alas. Tahan posisi ini maksimal 10 kali hitungan. Sangat oke untuk melatih tubuh bagian bawah. Untuk pemula, keseimbangan tubuh belum sebaik mereka yang sudah terbiasa. Lakukan pose ini dengan kaki ditekuk hingga betis sejajar dengan alas serta tangan menyentuh paha belakang.

8. Pose Uttanapadansana
via: fit&diets.com

Mula-mula, posisikan tubuh terlentang dengan kaki lurus ke bawah serta tangan terletak di kedua sisi tubuh. Perlahan tarik napas sambil angkat kaki ke arah atas hingga 90 derajat dengan alas. Jagalah kaki tetap lurus dan telapak kaki mengahdap ke langit-langit. Tahan posisi ini hingga 5 kali hitungan napas. Kemudian turunkan perlahan kaki menuju lantai sambil hembuskan napas. Lalu ulangi lagi, angkat kaki ke atas hingga 90 derajat terhadap alas. Lakukan hingga 10 kali gerakan. Pose ini berguna untuk melatih perut bagian bawah.


9. Pose Bhujangsana (Posisi Kobra)
via:eyogaguru.com

Awali pose ini dengan berbaring menelungkup atau tubuh menghadap ke bawah. Pastikan tubuhmu lurus terhadap matras. Kemudian letakkan telapak tangan menghadap bawah pada posisi di kedua sisi tubuh sejajar dengan bahu dan siku menghadap atas. Lalu angkat tubuh bagian atas perlahan sambil menarik napas hingga dada dan perut terangkat dari matras. Jangan kunci sikumu dan biarkan tetap sedikit menekuk. Arahkan wajah menghadap langit-langit, dan jagalah bahu tetap tegak, dada terbuka dan bahu di putar ke belakang. Bernapaslah perlahan hingga 10 kali hitungan, kemudian kembalikan ke posisi awal sambil menghembuskan napas.

10. Pose Setubandha Sarvangasana (Posisi Jembatan)
via: womenfitness.net

Mulailah dengan berbaring terlentang dengan kaki lurus dan tangan di kedua sisi tubuh. Kemudian tekuk kaki hingga telapak kaki menghadap alas, lutut menghadap ke atas dan tumit menempel pada bokong. Buka kaki hingga selebar bahu. Sentuhkan telapak tangan ke arah tumit. Perlahan sambil menarik napas, angkat tubuh bagian bawah, yakni paha, bokong dan punggung bagian bawah hingga sejajar, sementara punggung bagian atas, leher dan kepala tetap di alas. Jagalah agar paha, bokong dan punggung bawah tetap lurus. Kuatkan otot paha dalam dan bokong, dan jaga agar perut tetap masuk ke dalam. Tahan posisi ini hingga 10 kali hitungan. Jika keseimbanganmu sudah bagus, coba kaitkan kedua telapak tangan di bawah punggung.

11. Pose Savasana (Posisi Mayat)
via: breakingmuscle.com

Ini merupakan penutup dari seluruh rangkaian gerakan yang sudah kamu lakukan. Tujuan dari pose ini adalah untuk merelaksasi tubuh serta pikiran hingga kembali keadaan normal setelah berlatih. Berbaringlah terlentang dengan kaki lurus ke bawah dan terbuka selebar bahu, serta tangan terletak di kedua sisi tubuh dengan posisi yang lurus. Arahkan wajah ke langit-langit dan rilekskan. Bernapaslah perlahan dan tutup kedua mata. Nikmati posisi ini hingga kira-kira 10 menit. Untuk hasil lebih baik, matikan penerangan dan lakukan dalam keadaan gelap. Setelah selesai, kembalilah duduk pada posisi bersila dan bernapas perlahan.

selamat berlatih ya... namaste!
via : namastetv.net


Itulah 11 rangkaian latihan yoga yang dapat membantumu untuk mengecilkan perut. Untuk hasil yang optimal, lakukan secara teratur 4 kali seminggu, dan rangkaikan pula dengan jenis latihan lainnya. Jika kamu takut cedera, kamu bisa berlatih dengan instruktur yang berpengalaman. Dan jangan lupa untuk mengatur pola makan lho, karena percuma jika kamu berlatih setiap hari tetapi kamu tetap kalap jika bertemu es krim, permen, dan kawan-kawannya itu. Nah selamat mencoba ya.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…