Skip to main content

Males Olahraga? Pasti Karena 10 Sebab Ini Ya?

Males banget ah - Via waspada.co.id


Sayang banget kalau kamu bisa sampai males berolahraga, karena berolahraga itu banyak manfaatnya lho. Rajin berolahraga bakal bikin badan kamu kuat otot kawat tulang besi! Jadi nggak ada ruginya kalau kamu rutinkan kebiasaan sehat ini. Tetapi walaupun kamu udah mencoba membuat resolusi untuk rajin berolahraga, ada saja hal yang bikin kamu males melakukannya. Coba baca tulisan di bawah ini, siapa tahu hal ini yang menjadi penghalang besarmu saat ini.

1.       Males bangun pagi
Not everyone is a morning person. Yeah, nggak semua orang demen bangun pagi. Apalagi kalau kamu tinggal di daerah dingin, bangun pagi memang terasa berat dengan selimut hangat yang masih memanggil-manggilmu untuk tidur lagi. Apalagi kalau semalam kamu habis begadang nonton bola atau abis telponan sama yayang yang sedang jauh di sana, alhasil acara bangun dan berolahraga pagi bakalan skipped dari agendamu. Mungkin kamu harus mencoba cara untuk lebih semangat bangun pagi. Dengan cara kompetisi misalnya, mungkin bisa membantumu untuk lebih bersemangat bangun pagi. Cobalah untuk membuat lawan kompetisimu, misalnya kakakmu, adikmu, teman kosmu atau bahkan ayam jago tetanggamu. Ayam aja rajin bangun sebelum subuh. Masak kamu enggak?

Latihan bangun pagi, mbak, trus jogging deh... - Via vemale.com


2.       Takut diketawain
Mungkin kamu tipe sensitif. Oke, itu nggak salah kok. Ada segerombolan cowok-cowok yang rajin nongkrong di pos hansip di ujung jalan dan kamu minder sama mereka. Apalagi mereka selalu senyum-senyum kalau kamu lewat sambil jogging. Minder duluan? Cobalah berpositip thinking! Bisa aja mereka seneng kamu lewat, ngefans sama kamu, minta ditraktir baso dan banyak lagi. Jadi cuekin aja.

3.       Nggak punya kostum oke
What to wear does matter! Males keluar untuk jogging atau pergi ke gym karena sepatumu bolong atau celana training kamu kedodoran? Nggak punya kostum oke memang bisa bikin kamu males olahraga. Apalagi kalau kamu olahraganya di gym di mana di sana banyak bertebaran makhluk-makhluk kece, bakalan minder abis kalo pergi di sana tanpa kostum yang cakep.
Sebetulnya ini bisa kamu atasi dengan: berolahraga di rumah. Gunakan koneksi internetmu untuk mengunduh video-video latihan yang bisa kamu temukan di internet dan berlatihlah di rumah. Kalau kamu berolahraga di rumah kamu ngga perlu repot mikirin harus pakai kaus apa atau celana training apa. Kaus singlet dan sarung pun jadi!

4.       Nggak ada duit!
Olahraga itu butuh modal juga, iya kan? Daftar gym butuh duit, ikut kelas senam butuh duit juga, mau badminton juga butuh duit buat sewa lapangan dan beli raketnya.
Sayang banget, padahal problem nggak punya duit itu bisa kamu pecahkan dengan... ngutang! Ngutang adik, kakak, ibu, semua bisa asal kamu janji bisa membayar.
Tetapi kalau kamu ogah terbebani dengan utang, maka baiknya carilah cara yang murah meriah. Kamu bisa pinjam tali skipping milik tetangga untuk kamu pakai berlatih di rumah, atau berlatihlah lompatan tanpa tali! Banyak juga rangkaian latihan yang bisa kamu lakukan tanpa alat, cukup modal tenaga badan sendiri aja. Kamu bisa tanya guru olahragamu atau tetanggamu yang pelatih senam, pasti mereka mau berbagi cara yang mudah dan praktis untuk berolahraga. Mudah kan?

Workout dengan modal minim di rumah seperti mbak ini - Via greatist.com


5.       Terlanjur gendut
Buat apa berolahraga? Percuma karena badan udah gendut duluan. Bener juga. Gara-gara badan gendut, kamu seperti berat untuk ngapa-ngapain. Jalan aja ngos-ngosan apalagi lompat-lompat? Mending nggak usah sekalian.
Justru harusnya kamu bersyukur karena punya badan gendut. Itu artinrya kamu kelebihan tabungan energi berupa.... lemak! Dan mubazir banget kalau tabungan energi yang berkelebihan itu nggak kamu manfaatkan dengan baik. Mulailah dengan kegiatan fisik yang ringan seperti... membantu ibu mengangkat jemuran, mengepel rumah setiap hari, mencangkul kebun, mengangkat belanjaan ibu dari pasar, mengejar ayam tetangga yang lepas..... dan banyak lagi! Kalau kamu sudah cukup terbiasa dengan aktifitas fisik, mulailah berolahraga ringan tetapi rutin. Kau bisa mulai dengan jalan pagi atau jalan sore. Kamu juga bisa mencoba olahraga renang yang asyik banget karena kamu nggak perlu lompat-lompat atau lari sampai ngos-ngosan, malah bisa sambil main air sepuasnya.
Sehabis berolahraga, sebaiknya kamu nggak jajan macam-macam karena “tabungan energi”mu masih berkelebihan. Tetapi kamu boleh makan buah atau sayuran yang sehat secukupnya sambil beristirahat. Nggak rugi buat dicoba kan?

Makin berat makin males. duh. - Via caramenyembuhkanpenyakit.blogspot.com

6.       Dikejar anjing
Ngeselin banget memang lagi lari-lari cantik tiba-tiba dibelakangmu ada yang mengejar. Mending kalau fans. Kalau anjing herder tetangga apa nggak serem? Sebenarnya ada keuntungan dari anjing tetangga yang usil ngejar-ngejar kamu, yaitu: kamu bisa berlatih lari lebih cepat. Mungkin kamu males atau keberatan mendaftar di gym supaya bisa berlatih lari dengan menggunakan treadmill, maka alternatif lain adalah dikejar anjing untuk memicu kecepatan larimu. Kalau hatimu sudah lelah dengan kelakuan anjing tetanggamu, maka baiknya kamu mencoba bicara baik-baik dengan pemiliknya. Siapa tahu pemiliknya cakep, nggak rugi juga kan kalian bicara? :D

7.       Nggak punya waktu
Barangkali aktifitasmu memang padat. Kuliah, mengerjakan tugas, kegiatan mahasiswa, kegiatan sosial, syuting, casting iklan, pemotretan, jumpa fans, fashion show, konser.... aduh nggak kehitung deh. Jangankan untuk berolahraga, makan teratur dan tidur cukup aja kamu nggak bisa. Akibatnya jatuh sakit deh.
Kalau jadwal rutinmu sudah terlanjur padat gizi, maka kamu perlu tips dan trik untuk melatih fisikmu. Itung-itung suapaya kamu enggak gampang capek. Kamu bisa mulai dengan lebih banyak berjalan kaki. Kalau kamu pengguna kendaraan umum, kamu bisa turun pada halte yang lebih jauh dari jarak seharusnya dan berjalan sedikit lebih banyak. Kamu juga bisa parkir kendaraanmu pada lokasi parkir yang lebih jauh agar dapat berjalan lebih jauh ke tempat kamu kuliah atau bekerja. Kalau kamu biasa menggunakan lift, maka gunakanlah tangga jika hanya perlu naik 2 atau 3 lantai saja. Dan kalau kamu di kantor, cobalah untuk banyak bergerak di antara tugas-tugasmu di meja kerja. Gampang kan?

8.       Lelah
Gimana kalau badanmu emang udah terlanjur lelah dengan aktifitasmu yang padat gizi? Gimana mau rutin berolahraga? Mandi rutin saja rasanya sulit! Dan sepertinya, teman-teman malu bermain denganku!
Nggak usah putus asa dulu pals. Kalau kamu memang udah terlanjur pusing pala barbie dengan jadwalmu yang penuh itu, baiknya kamu banyak beristirahat saja. Kemudian, coba atur kembali jadwalmu. Kamu juga perlu mengatur pola makanmu, jangan-jangan karena kebanyakan makan junkfood yang membuat badanmu lekas lelah. Luangkan waktu 15 menit perhari untuk latihan ringan setelah yakin istirahat dan pola makanmu sudah terbenahi. Pasti dengan segera rasa lelahmu akan berganti oleh rasa bugar yang prima!

9.       Takut lapar
Mungkin kamu lapar. Dan berolahraga rutin membuat kamu semakin cepat lapar. Memang itu benar, karena ibarat mesin, badan yang rutin berolahraga membutuhkan energi lebih banyak. Kamu nggak perlu cemas gara-gara kelaparan dua kali lipat akibat berolahraga membuatmu jadi lebih sering ngutang sama ibu kantin. Makanlah sebelum berolahraga berat dan makanlah kembali setelah berolahraga. Kamu bisa mencoba mengatur makanmu dari “sekali makan banyak” menjadi “sedikit makan tetapi sering” yang akan membantu mengatasi rasa laparmu yang lebih sering datang setelah kini rutin berolahraga.

10.   Malas

Mau apa di kata kalau memang kamu udah terlanjur dasarnya malas. Biar ada Romeo jogging di taman depan rumah juga kamu bakalan nggak berasa apa-apa. Kalau udah begini mungkin kamu perlu menemukan momen atau pemicu titik balikmu. Misalnya cari pacar yang keren dan langsing yang bakal bikin kamu rajin berolahraga, karena kalau nggak, kamu bakalan minder kalau lagi ada disebelahnya. Atau kamu juga bisa mencoba menabung sedikit-sedikit cadangan energimu sampai depositnya berkelebihan (... dalam bentuk lemak), dan celana atau rok favoritmu enggak muat! Baru deh kamu merasa yakin bahwa sudah saatnya kamu rajin berolahraga. Banyak jalan menuju Roma!

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…