Skip to main content

Merasa Lemot Saat Bekerja? Coba 9 Cara Ini Agar Pekerjaanmu Selesai Lebih Cepat

via thedailymind.com


Pekerjaan sehari-hari numpuk dan rasanya nggak abis-abis? Mungkin kamu harus merombak cara bekerjamu agar lebih efektif dan efisien, supaya kamu nggak perlu lembur setiap hari.
Work faster and smarter, not just harder.
Sayang banget kan kalau waktumu harus habis sehari semalam setiap hari di kantor? Untuk bekerja lebih cepat, ada baiknya kamu mencoba 9 cara di bawah ini:
1.       Pasang musik
Musik akan membuatmu lebih mudah berkonsentrasi sehingga kamu akan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan. Musik juga akan membantumu lebih bersemangat. Buatlah playlist lagu-lagu yang dapat membangkitkan mood-mu, dan selesaikan semuanya dengan lebih mudah dengan suasana hati yang baik.
2.       Jangan berpikir bercabang-cabang. Fokuslah terhadap apa yang sedang dikerjakan.
Jangan biarkan pikiranmu melayang-layang. Gebetan, mantan, pacar, rencana nongkrong di mana pulang kantor nanti, baju bagus yang lagi diskon di mall.... lupakan dulu semua hal saat kamu bekerja. Jangan biarkan apapun membuat dirimu terdistraksi.
3.       Jangan berhenti. Jika kamu buntu selama 30 menit maka beralihlah ke hal lain
Sekali kamu bekerja atas suatu proyek yang dipercayakan kepadamu, jangan berhenti. Berhentilah saat jam istirahat, diluar itu, tetaplah mengalir. Berhenti saat kamu tenggelam dalam pekerjaan akan membuat ide-idemu yang tadi sedang menyala untuk kembali padam. Jagalah ide tersebut bagai lilin yang apinya harus tetap menyala dengan mengeksekusinya tanpa ampun. Jika kamu terlanjur buntu, maka beralihlah pada hal lain yang bisa dikerjakan. Ini akan lebih menghemat waktumu daripada berkutat dengan hal yang belum dapat kamu tuntaskan sekarang.
4.       Jangan terlalu banyak bertanya
Berpikirlah cepat dan temukan inti dari pekerjaan yang diserahkan kepadamu. Pelajari segera dan tanyakan hal yang paling esensial kepada atasanmu. Terlalu banyak bertanya akan menghabiskan waktumu dan membuat atasanmu jadi repot karena harus menjelaskan hal-hal yang seharusnya dapat kamu pelajari sendiri.
5.       Buatlah draft, sisanya dapat kamu kembangkan nanti
Jika suatu pekerjaan datang, jangan tunda lagi. Segera buat draft tentang ide-idemu, atau minimal tulislah inti masalah serta solusinya. Draft tidak perlu sempurna, tetapi akan dapat menjadi kerangka yang memandumu dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.
6.       Pakailah timer
Kamu punya kecenderungan mengulur-ulur waktu? Cobalah gunakan timer. Ukur waktumu, berapa jam kira-kira kamu dapat menyelesaikan pekerjaan. Dengan demikian kamu akan disiplin tanpa perlu menyia-nyiakan semenit pun untuk kegiatan yang tidak perlu, seperti melamun atau mengorbol.
7.       Buat tulisan pendek
Laporan, e-mail, memo, surat atau apapun yang mengharuskanmu untuk menulis, kerjakan sesingkat mungkin. Belajarlah untuk menulis efisien dan jelas. Ini untuk mencegah kamu menghabiskan waktu dengan menulis kata-kata yang sesungguhnya tidak terlalu penting.
8.       Jaga mejamu untuk tetap bersih, jangan terlalu banyak pernik atau berkas
Meja yang penuh dan berantakan mengganggu konsentrasi kerjamu. Foto pacar akan mengalihkan fokus, dan berkas-berkas yang menumpuk akan membuatmu tidak mood dalam bekerja. Singkirkan barang-barang yang tidak perlu. Pilah-pilahlah berkas lama yang sudah tidak diperlukan lagi. Kalau mejamu sudah bersih dan lengang, maka kamu akan punya ruang untuk berpikir
9.       Penerangan ruangan yang baik
Penerangan ruangan yang baik akan membantumu untuk produktif, yaitu sekitar 300 hingga 2000 lux. Penerangan kurang akan membuat kepalamu pusing dan matamu sakit. Jadi pastikan dirimu nyaman dengan pencahayaan yang ada pada ruang kerjamu.

Nggak sulit kan? 

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…