Skip to main content

Waktu yang Terlalu Luang Saat Menanti Pekerjaan Baru? Lakukan 8 Hal Seru Ini!

via sdl.tradosblog.com

Terlanjur eneg dengan pekerjaan atau kantor lama? Mengundurkan diri atau resign adalah jalan keluarmu pada situasi pelik tersebut. Sebaiknya sebelum mengundurkan diri, carilah calon tempat barumu agar setelah resign kamu tidak terlalu lama menunggu untuk bekerja kembali atau terlalu lama menganggur. Tetapi jika keadaanmu terlanjur menganggur karena memang belum mendapat pekerjaan baru, kamu dapat melakukan melakukan hal-hal berikut ini agar tidak terlalu bosan.

1.       Pergi Berlibur
Setelah terbebas dari jerat pekerjaan yang menjemukan di kantor lama (ceilah...) nggak ada salahnya kamu pergi berlibur untuk merayakan kebebasanmu. Pergilah ke pantai, gunung, desa, atau bahkan luar negeri. Karena sedang senggang kamu nggak perlu terbebani dengan terbatasnya waktu cuti sehingga kamu bisa berlibur selama yang kamu mau. Biar seru, ajaklah teman atau saudara yang akrab, bawa kameramu atau buku sketsa, dan buatlah catatan perjalanan. Buatlah itenerary dan rute yang tidak biasa atau menantang. Beri dirimu hadiah yang mengesankan setelah selama ini bekerja keras dan mampu bertahan dengan kondisi yang tidak menyenangkan di tempat lama.
Rame-rame main sama temen - via linguaitaliana.com

2.       Mengunjungi teman lama atau saudara
Kesibukan mungkin membuat kamu lupa dengan teman atau saudara. Dengan adanya keluangan waktu ini, saatnya untuk mendekatkan dirimu kembali dengan mereka yang kamu sayangi. Berkunjunglah ke rumah teman atau saudaramu yang ada di luar kota, bahkan kamu bisa menetap di sana selama beberapa hari. Kata orang, silaturahmi berarti menyambung rejeki. Bukan nggak mungkin dengan jalinan silaturahmi yang kamu bangun kembali, kamu bisa menemukan relasi atau jalur karir baru yang nggak kamu duga sebelumnya.
3.       Mengikuti kursus dan seminar
Rutinitas bisa membuat menjadi manusia yang stagnan. Dengan adanya waktu senggang ini ada baiknya kamu menambah wawasan atau keahlian baru melalui kursus maupun seminar. Dengan duit tabungan, kamu bisa mencoba kursus bahasa Inggris untuk menambah keahlianmu demi menunjang karirmu. Kamu juga bisa mengambil kelas bahasa lainnya kalau kamu mau. Atau kamu bahkan bisa mengikuti kursus musik jika selama ini kamu sesungguhnya punya hasrat bermusik tetapi tidak pernah membiarkan dirimu menyelaminya.
4.       Eksplorasi dan mengembangkan diri
Kamu seorang bankir, tetapi kamu punya hasrat menulis. Atau seorang akuntan tetapi menyukai lukisan. Selagi masa libur, kenapa nggak coba aja menyelami hal-hal yang menjadi hobimu atau kemampuanmu di luar karirmu. Pergilah ke kafe baca dan cobalah menuangkan ide-idemu dengan menulis di sana. Kamu juga bisa mendalami blog yang isinya mengenai hobimu, perjalanan yang sudah pernah kamu lakukan, dan lain sebagainya.
5.       Bekerja freelance
Mungkin kamu tipe orang yang nggak bisa kalau nggak produktif. Resign dari pekerjaan nggak membuatmu ingin bermalasan atau berlibur, kamu maunya kerja. Kalau kamu termasuk tipe begini, coba aja bekerja freelance. Kunjungi situs-situs penyedia pekerjaan freelance seperti www.odesk.com atau www.elance.com dan bergabunglah bersama jutaan pekerja freelance lainnya. Kamu bisa menghasilkan uang dari rumah atau dari mana saja. Bahkan jika kamu mau, kamu bisa punya penghasilan dolar! Siapa yang nggak ngiler?


Nganggur bikin frustasi? Kalau kamu kreatif, waktu luang bisa menjadi momen asyik mengembangkan dirimu. Punya cara lain untuk mengisi waktu sambil menunggu pekerjaan baru? Share di kolom komentar! J

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!

Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih. Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.
1.Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif. Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. M…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?