Skip to main content

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!



Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih.
Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.

1.       Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif.
Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. Motif batik pun nggak sembarangan, tetapi ada arti, kiasan, bahkan punya cerita sendiri. Pembeli kain batik juga bukan sembarang orang, karena lukisan di kain ini punya makna tersendiri. Namun, era industri sudah merubah segalanya. Batik kini udah diproduksi secara masif, sampai China pun ikut-ikutan bikin kain batik versinya dengan menggunakan mesin. Adanya teknologi dalam produksi batik secara masif ini membuat batik kini bisa menjangkau semua kalangan. Batik juga bisa berupa apa aja, mulai dari kemeja, rok, tas, rompi, jaket, sampai kaus seragam bola sekalipun.
Trus, kalau udah jadi produk massal, apa istimewanya? Tetep istimewa dong. Karena sekalipun batik udah membumi di kalangan orang Indonesia dengan berbagai pentuk, tetep aja batik memiliki keunikan dan keragaman corak yang nggak ada abisnya. Masih tetap Indonesia banget lah. Justru ini yang membuat kamu nggak punya alasan lagi untuk nggak memakai batik.


2.       Batik cocok dipakai semua orang tanpa memandang gender, umur, status sosial, bahkan ras sekalipun
Everyone can wear it! Corak batik yang ramai, warna nabrak dan keragaman motif serta bentuk nggak membuat batik menjadi norak, malah seru dan menarik. Batik bahkan membuat penampilan seorang pria menjadi lebih berwibawa dan dewasa. Ada pola-pola batik yang terkesan ceria, dan ada pula yang berkesan resmi. Batik juga membuat wanita yang memakainya nampak anggun serta berkelas.

3.       Betapa kayanya corak batik yang dimiliki Indonesia, bahkan di Pulau Jawa sendiri ada berbagai jenis macam batik
Yup, di tiap daerah di Jawa sekalipun terdapat jenis batiknya masing-masing. Ada batik Madura, batik Surabaya, batik Pekalongan, dan macam-macam lagi. Ide motifnya pun beragam dari tanaman hingga bumbu dapur. Menarik sekali kan? Dengan adanya keragaman ini, pilihan atas jenis dan corak batik seakan nggak ada habisnya. Ini merupakan representasi bahwa Indonesia sungguh kaya dan mencintai budaya lho. Kalau kamu lagi ke luar negeri, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengenakan busana batikmu ya. Karena orang sana pasti kagum dengan kearifan lokal dari negerimu yang kamu hadirkan dengan cara sederhana.

4.       Memakai batik sama dengan kamu mendukung usaha dan industri lokal.
Yeah, produksi batik meski kini udah didukung dengan kecanggihan teknologi, tetep aja nggak sesederhana yang kita pikirkan. Akan ada orang yang membuat motifnya, memasarkan kainnya, merancang busananya, menjahit bajunya, serta mendistribusikannya sampai menjualnya ke toko-toko. Rangkaian ini menunjukkan bahwa industri batik disokong oleh banyak orang, dan membeli serta memakai batik sama dengan kamu berperan dalam mendorong roda ekonomi kerakyatan.



5.       Memakai batik adalah cara sederhana dalam membanggakan diri sebagai orang Indonesia
Dengan pilihan produk yang ada sekarang, memakai batik bukan hal yang susah lagi. Dibandingkan jika kamu mengenakan pakaian adat yang ribet, batik tergolong sangat praktis untuk kamu kenakan di segala kesempatan dan acara. Cukup mengenakan kemeja, rok, atau apapun itu, kamu sudah dengan sendirinya menunjukkan kebanggaanmu terhadap negeri tercinta.

6.       Batik adalah warisan budaya yang bisa bersanding dengan kekinian
Kreativitas selalu menunjukkan jalannya, termasuk dalam menyandingkan batik dengan mode masa kini. Corak tradisional bisa berbaur dengan sentuhan modern, sehingga membuat kamu bebas mengenakannya dengan gaya apa saja. Ini menunjukkan, budaya selalu bisa beradaptasi dengan bentuk apapun jika kita mau mengupayakannya. Makanya, rajinlah memakai batik agar warisan ini tetap bisa bertahan sepanjang masa, apapun transformasi bentuknya.


7.       Memakai batik adalah cara termudah untuk mengenalkan Indonesia ke dunia luar, dan memasarkannya tentu saja.
Nuansa etnik selalu memiliki daya tarik tersendiri. Makanya, jika kamu berkunjung ke luar negeri, jangan segan untuk mengenakan batik. Dijamin bule-bule di sana akan tertarik dengan keramaian dan kekayaan corak yang tergambar dalam busana batik yang kamu kenakan. Dari sanalah kamu bisa mengawali untuk bercerita tentang Indonesia dan tentnang batik yang kamu kenakan. Ayolah, sedikitlah bersemangat dalam membawa nama Indonesia dengan cara yang sederhana. Jangan mau kalah dong, dengan negara asia lainnya yang udah lebih dulu secara getol memperkenalkan kekayaan budaya yang mereka punya kepada dunia, seperti misalnya, Jepang, Korea Selatan, atau India. Jika kita punya yang lebih hebat, mengapa kita nggak bisa membuat Indonesia lebih dikenal kekhasannya di mata dunia?


Itulah 7 alasan mengapa kamu harus memakai batik lebih sering dan mengoleksinya lebih banyak dari sekarang. Mulai sekarang rajin-rajinlah mengenakan batik di setiap kesempatan ya. Dari hal kecil ini aja, kamu sudah berperan besar dalam menghidupkan kekayaan budaya kita yang hampir aja diklaim oleh negeri tetangga lho.

Comments

  1. Batik sekarang sudah beragam pilihan corak dan modenya bikin pas dikenakan dimana saja dan acara apa saja. Info yang bagus Mbak...Salam kenal dari saya yaa..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak... bisa dipakai di acara kasual juga. semoga batik semakin populer di kalangan anak muda yaa. trims comment nya :)

      Delete
    2. Menggunakan batik akan nampak aura kecantikan kita, apa lagi sekarang model dan coraknya yg semakin beragam. Makin bangga deh menjadi orang Indonesia

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…