Skip to main content

15 Cara Ini Boleh Kamu Coba Untuk Menghabiskan Akhir Pekan yang Istimewa. Sendirian.



Akhir pekan selalu identik dengan kegiatan kumpul dan nongkrong sama teman-teman, acara keluarga, atau kencan romantis dengan pacar. Tetapi menghabiskan weekend sendirian nggak berarti ngenes kok. Bukan hanya untuk mereka yang jomblo atau introvert aja nih, tetapi nggak ada salahnya kalau sesekali kamu memberi ruang untuk dirimu sendiri. Barangkali kamu jenuh sama orang-orang di sekitarmu, atau kamu butuh ketenangan demi mendapat inspirasi baru, supaya ketika hari Senin nanti tiba, kamu udah siap menghadapi apapun yang ada. 15 cara ini layak kamu coba, demi akhir pekan yang lain daripada yang lain. Sendirian.

1.       Carilah acara atau tempat gratisan
Acara atau tempat gratisan adalah sesuatu yang layak kamu nikmati, karena gratis dan bisa jadi menarik. Itung-itung berhemat. Kamu bisa pergi ke perpustakaan kota untuk menyewa buku-buku menarik ataupun komik. Pergilah ke taman kota di hari minggu, mungkin ada senam aerobik atau zumba gratis yang bisa kamu jajal. Kamu juga bisa menghabiskan minggu pagi di acara car free day, di sana biasanya ada komunitas kumpul-kumpul, kopi darat atau dagangan-dagangan yang unik dari UKM setempat. Apapun yang gratisan dan menarik, itu layak kamu coba.

2.       Kotamu punya fitur alam? Pergilah ke sana untuk menikmatinya.
Kamu boleh mencoba hiking ke bukit terdekat di kotamu. Nikmatilah sensasi udara yang sejuk dari alam dan bebaskan dirimu dari kepenatan selama seminggu ini. Siapkan bekal yang enak, air minum, sepatu yang nyaman, ipod, lalu mulailah perjalanan seorang diri. Nikmatilah apa yang ada, supaya hati dan pikiranmu menjadi lebih bersih dan segar.

3.       Pesan menu kesukaanmu melalui delivery service. Pesanlah ganda.
Barangkali aja kamu memang malas atau terlalu capek jalan ke mana-mana, sehingga kamu maunya leha-leha aja di rumah. Kalau gitu, kenapa gak coba pesan menu favoritmu via delivery service? Pesanlah menu kesukaan dengan ekstra yang paling kamu suka. Pizza dengan ekstra topping keju, ramen dengan ekstra pedas, dan sebagainya. Nikmati momen-momen ketika kamu gak perlu berbagi menu favorit ini ke orang lain. Asik juga khan?

4.       Belanja sama temen atau pacar memang seru, tapi rempong karena dia selalu ngajakin muter sampe capek. Kalau belanja sendirian kamu bebas pergi ke tempat manapun kamu suka.
Di kotamu lagi ada shopping festival atau sale besar-besaran? Ini kesempatan emas. Pergilah ke tempat-tempat belanja yang menarik dan habiskan harimu sendirian di sana. Berbelanja sendirian atau sekedar window shopping aja juga seru banget lho. Kamu nggak perlu menghadapi teman atau pacar yang merecokimu dengan pendapat maupun kebutuhan atau kemauan mereka. Kamu bisa membeli apapun yang kamu suka sampai puas. Lega kan rasanya?

5.       Rampungkan tanggungan yang kamu punya
Akhir pekan harusnya libur, tapi kamu malah mengisi waktu dengan bekerja. Ups, tanggungan yang dimaksud ini bukan pekerjaan kantor. Tetapi tanggungan pribadi yang seharusnya kamu lakukan beberapa waktu lalu, namun nggak pernah kesampaian karena sibuk. Misalnya mengupdate CV, summary, menyusun portofolio, merampungkan naskah cerpen, menulis blog, dan sebagainya. Merampungkan tanggungan pada saat hari libur ini akan membawa kepuasan bagi diri sendiri, di saat orang lain bersantai tetapi kamu malah menjadikan waktu luang ini sebagai investasi yang bermanfaat.

6.       DVD atau TV-series marathon sampai mata jereng.
Punya TV kabel? Koleksi DVD? Atau abis belanja DVD selusin tapi nggak pernah sempat ditonton? Ini saatnya! Pilihlah serial atau film yang kamu suka lalu setel beruntun. Dijamin bakal puas! Siapkan pula cemilan untuk menemani, serta boorwater untuk mengompres matamu yang kecapekan nonton TV seharian ya. Hehehe.

7.       Saatnya mewujudkan resolusi hidup sehat dengan berolahraga
Ada banyak pilihan olahraga di Sabtu dan Minggu yang cerah ini. Pergi berenang, jogging ngiterin kompleks rumah, bersepeda, atau pergilah ke gym yang menurutmu oke. Temukan kesegaran dan efek endorfin yang membuatmu nyaman. Setelahnya, kamu boleh beristirahat dengan enak dan tentram.

8.       Yuk ngetes diri sendiri
Suka permainan yang menantang logika? Habiskan waktu luangmu dengan mengulik teka-teki silang, sudoku dan sejenisnya. Keranjingan hal-hal seperti ini punya manfaat tersendiri lho. Boleh aja kan kamu nyombong atas TTS yang udah kamu selesaikan?

9.       Nyobain resep baru atau resep legendaris nyokap boleh juga kok
Nyokap atau nenek punya resep legendaris yang jadi kesayangan keluarga? Nggak ada salahnya kamu coba. Belanjalah pagi-pagi dan habiskan sisa hari itu dengan bersenang-senang di dapur. Kalau hasilnya oke, tentu kapan-kapan bisa kamu praktekkan sebagai hadiah untuk nyokap, teman atau pacar. Buktikan bahwa kamu juga bertalenta masak.

10.   Pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi
Solo travelling selalu menantang untuk dicoba. Nggak perlu jauh-jauh, apalagi akhir pekan juga nggak banyak waktunya. Cukup pergi ke kota sebelah yang bisa kamu capai dengan bis atau mobil pribadi dengan durasi perjalanan singkat. Pergilah ke tempat yang kamu suka. Bepergian sendirian juga membebaskan lho. Dan kamu nggak perlu ribet dengan todongan oleh-oleh. Kan kamu perginya diem-diem?

11.   Ke toko buku
Beberapa toko buku punya diskon yang lebih besar di akhir pekan. Atau kamu juga bisa mencoba pergi ke pasar buku bekas yang menjual buku dengan harga miring dengan kondisi masih oke. Kalau kamu hobi membaca kenapa nggak pergi ke sana dan borong buku-buku menarik untuk menambah koleksimu? Kamu juga bisa membeli buku dengan genre yang belum pernah kamu nikmati sebelumnya, itung-itung untuk membuka pikiranmu terhadap hal baru.

12.   Spa di rumah? Hemat dan menentramkan.
Kalau kamu punya kamar mandi ber bath-up, ini bisa menjadi alternatif menarik. Belilah garam mandi atau busa yang wangi. Nyalakan lilin aroma terapi agar suasana menjadi lebih kondusif. Sebelum nyemplung di dalam, kamu bisa membalurkan scrub ke seluruh tubuh suapaya badanmu lebih relaks dan segar. Setelah itu sediakan air hangat dalam bath-up dan berendamlah sepuasnya. Kamu juga bisa menikmatinya sambil membaca komik, buku dan mendengarkan musik yang kamu suka. Nggak perlu jauh dan mahal untuk menikmati spa di salon kan?

13.   Belajar lagi dengan pergi ke museum
Siapa bilang museum hanya cocok untuk anak-anak sekolah? Museum juga bisa jadi tempat menarik lho. Museum yang kamu kunjungi semasa sekolah dulu mungkin akan berkesan lain jika kamu kunjungi sekarang. Lagi pula murah meriah, kamu bisa memelototi koleksi yang ada sambil mencuci mata.

14.   Musik
Musik adalah pelarian sempurna jika kamu ingin menghabiskan waktu seorang diri. Pilihlah playlist favorit atau musik-musik yang belum pernah kamu jajal tapi kamu pikir itu menarik. Setelah sebagai teman sambil tenggelam ke dalam bacaan favorit. Kamu juga bisa tuh menikmatinya sambil bernyanyi, mencoba skill gitarmu atau berdansa seorang diri. Nggak ada yang liat, jadi nggak perlu malu.

15.   Kembali ke masa kecil
Masa kecil selalu punya kenangan tersendiri. Punya komik atau buku bacaan favorit? Musik anak-anak yang kamu jadikan idola dulu? Atau cemilan kesukaan yang jadul dan kamu gandrung banget? Film kartun favorit? Semuanya boleh dicoba. Pasti kamu bakal asik bernostalgia sendirian.

Itulah 15 cara asik untuk menikmati akhir pekan sendirian. Meski seorang diri, dijamin kamu bakal menghadapi hari Senin dengan keadaan segar. Coba aja ya.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!

Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih. Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.
1.Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif. Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. M…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?