Skip to main content

4 Kondisioner dan Masker untuk Rambut Keriting yang Bisa Kamu Bikin Sendiri



Merawat rambut keriting itu gampang-gampang susah. Paparan sinar UV, debu, asap kendaraan dan kotoran adalah ancaman bagi rambut keritingmu yang unyu, dia bisa jadi kering gara-gara pencemaran yang ada di sekitarmu. Kalau kamu ogah pergi ke salon karena mahal, kamu bisa membuat kondisioner dan masker sendiri dengan bahan alami yang mudah kamu temui sehari-hari. 

1.       Masker pepaya
Pepaya berguna untuk melembutkan rambut, mengikis sel kulit mati, dan membuat rambut semakin bersinar. Untuk membuatnya, gunakan pepaya masak yang dihaluskan. Kocok putih telur hingga lepas, dan campurkan dengan satu sendok makan madu murni. Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan campuran putih telur dan madu dengan blender. Gunakan setelah keramas, diamkan selama 20 menit kemudian cuci dan bilas rambut sampai bersih.



2.       Bilasan cuka apel
Kadar pH rambut ideal adalah 5 atau cenderung asam. Namun, kebanyakan produk pencuci rambut memiliki pH lebih dari 7, yang artinya membuat rambutmu bersifat basa. Pencuci rambut yang bersifat basa ini menyebabkan lapisan kutikula rambut mengelupas, akibatnya rambut menjadi kering. Cara untuk mengatasi pH rambut ini gampang lho ternyata. Campurkan 3 gelas air dengan setengah gelas cuka apel. Gunakan campuran ini untuk membilas rambutmu sambil pijat perlahan. Setelah menggunakan bilasan ini, rambutmu akan terasa lembut dan mudah diatur.

3.       Bilasan lidah buaya
Sama seperti cuka apel, lidah buaya juga berguna untuk melembutkan rambut karena lidah buaya dapat mengembalikan pH alami rambut pada angka sekitar 5. Caranya cukup mudah kok. Ambilah satu daun lidah buaya, kupas, dan haluskan dagingnya dengan blender. Sementara memblender dagingnya, tambahkan air bersih yang sudah difilter sehingga kualitas airnya benar-benar baik. Masukkan campuran lidah buaya ini ke dalam botol spray dan semprotkan ke rambut setiap kali terasa kering.



4.       Masker minyak kelapa
Minyak kelapa bermanfaat untuk melembabkan rambut terutama dari sengatan sinar matahari jika kamu banyak beraktifitas di luar. Minyak kelapa yang digunakan disini adalah minyak kelapa alami ya. Cara mengaplikasikannya mudah aja. Balurkan minyak kelapa ke telapak tangan lalu usapkan ke rambut dan kulit kepala hingga rata. Setelah itu gelunglah rambut dan biarkan hingga seharian. Setelahnya, cucilah rambutmu sampai bersih. Setelah itu, rasakan rambutmu menjadi lebih lembut alami.


Itulah 4 cara mudah untuk mengaplikasikan masker dan kondisioner rambut alami yang bisa Jebret berikan. Kamu punya cara yang lain? Bagikan ke kolom komentar ya.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…