Skip to main content

4 Kondisioner dan Masker untuk Rambut Keriting yang Bisa Kamu Bikin Sendiri



Merawat rambut keriting itu gampang-gampang susah. Paparan sinar UV, debu, asap kendaraan dan kotoran adalah ancaman bagi rambut keritingmu yang unyu, dia bisa jadi kering gara-gara pencemaran yang ada di sekitarmu. Kalau kamu ogah pergi ke salon karena mahal, kamu bisa membuat kondisioner dan masker sendiri dengan bahan alami yang mudah kamu temui sehari-hari. 

1.       Masker pepaya
Pepaya berguna untuk melembutkan rambut, mengikis sel kulit mati, dan membuat rambut semakin bersinar. Untuk membuatnya, gunakan pepaya masak yang dihaluskan. Kocok putih telur hingga lepas, dan campurkan dengan satu sendok makan madu murni. Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan campuran putih telur dan madu dengan blender. Gunakan setelah keramas, diamkan selama 20 menit kemudian cuci dan bilas rambut sampai bersih.



2.       Bilasan cuka apel
Kadar pH rambut ideal adalah 5 atau cenderung asam. Namun, kebanyakan produk pencuci rambut memiliki pH lebih dari 7, yang artinya membuat rambutmu bersifat basa. Pencuci rambut yang bersifat basa ini menyebabkan lapisan kutikula rambut mengelupas, akibatnya rambut menjadi kering. Cara untuk mengatasi pH rambut ini gampang lho ternyata. Campurkan 3 gelas air dengan setengah gelas cuka apel. Gunakan campuran ini untuk membilas rambutmu sambil pijat perlahan. Setelah menggunakan bilasan ini, rambutmu akan terasa lembut dan mudah diatur.

3.       Bilasan lidah buaya
Sama seperti cuka apel, lidah buaya juga berguna untuk melembutkan rambut karena lidah buaya dapat mengembalikan pH alami rambut pada angka sekitar 5. Caranya cukup mudah kok. Ambilah satu daun lidah buaya, kupas, dan haluskan dagingnya dengan blender. Sementara memblender dagingnya, tambahkan air bersih yang sudah difilter sehingga kualitas airnya benar-benar baik. Masukkan campuran lidah buaya ini ke dalam botol spray dan semprotkan ke rambut setiap kali terasa kering.



4.       Masker minyak kelapa
Minyak kelapa bermanfaat untuk melembabkan rambut terutama dari sengatan sinar matahari jika kamu banyak beraktifitas di luar. Minyak kelapa yang digunakan disini adalah minyak kelapa alami ya. Cara mengaplikasikannya mudah aja. Balurkan minyak kelapa ke telapak tangan lalu usapkan ke rambut dan kulit kepala hingga rata. Setelah itu gelunglah rambut dan biarkan hingga seharian. Setelahnya, cucilah rambutmu sampai bersih. Setelah itu, rasakan rambutmu menjadi lebih lembut alami.


Itulah 4 cara mudah untuk mengaplikasikan masker dan kondisioner rambut alami yang bisa Jebret berikan. Kamu punya cara yang lain? Bagikan ke kolom komentar ya.

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan (2)

Akhirnya setelah anniversary pernikahan kami yang ke-2, kami kembali ke Dr. Hendy dan menyatakan akan mengambil program inseminasi. Dr. Hendy menyarankan kami kembali saat menstruasi hari ke-3 untuk awal pemeriksaan intensif. Oiya, sebelumnya, Dr. Hendy juga memeriksa kondisi rahim saya dengan menggunakan USG untuk melihat ada kista atau tidak. Dan alhamdulilah, ternyata rahim saya bersih nggak ada kista, sehingga treatment medikal bisa dilakukan. Karena kalau ada kista atau endometriosis, harus dituntaskan dulu masalahnya, baru deh boleh program hamil. Untuk para ibu yang hendak program hamil serius, harus cek keadaan rahim juga ya, jangan asal minum vitamin/suplemen penyubur kandungan atau minum-minum obat herbal sembarangan. Karena kalau ternyata kita ada masalah kista atau endometriosis, minum obat sembarangan malah bisa memperparah keadaan kistanya lho. Dia bisa makin membesar akibat suplemen penyubur kandungan itu.
Pada saat hari ke-3 menstruasi, saya dikasih resep suplemen vit…

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…