Skip to main content

7 Bukti Bahwa Nge-Blog Menjadikanmu Manusia yang Senantiasa Bertumbuh



Banyak alasan yang mendasari seseorang untuk membuat blog pribadi. Beberapa mungkin murni ingin berbagi tentang kehidupan atau pengetahuan mereka, sebagian yang lain mungkin karena alasan berbisnis. Apapun motif dan bentuk blog yang kamu buat, aktifitas ini punya andil dalam menjadikanmu manusia yang selalu berkembang. Menulis sejatinya adalah berbagi, dan blog adalah sarana untuk mempermudah tercapainya tujuan itu. 

1.       Nge-blog bikin kamu jadi lebih sadar diri
Saat kamu menulis artikel di blog milikmu, kamu dengan sendirinya menjadi kurator. Kamu mengumpulkan data, melakukan riset kecil tentang apapun yang mau kamu tulis. Apa yang kamu buat di sana adalah cerminan dirimu, menunjukkan minat, gaya dan keunikanmu. Menyadari hal ini, kamu bakal jadi lebih sadar dan kenal dengan diri sendiri kan?

2.       Punya blog akan memberi gambaran kepada orang lain bagaimana caranya dekat dengan kamu.
Menulis di blog adalah cara lain untuk berkomunikasi dengan dunia luar mengenai dirimu sendiri. Terutama jika kamu memiliki antusiasme yang belum pernah kamu tunjukkan kepada keluarga atau teman. Ketika kamu membagi sesuatu di blog, orang akhirnya mengetahui sisi lain dari dirimu, keunikan serta wawasan yang kamu punya. Maka, mereka akan mengetahui juga bagaimana caranya supaya dekat dengan kamu karena kamu telah menunjukkan sisi yang berbeda serta menarik perhatian ini.

3.       Kamu akan terkoneksi dengan komunitas
Jejaring dunia maya adalah ruang tanpa batas. Dengan menulis blog, kamu bisa terhubung dengan siapa. Apalagi jika blogmu berbahasa Inggris, maka dijamin kamu bakal punya banyak teman internasional. Seru rasanya punya teman yang bisa berbagi banyak hal melalui blog. Dan jika kamu sempat bertemu langsung dengan komunitasmu, bukan nggak mungkin pertemanan ini akan berlanjut menjadi lebih dalam lagi? Sahabat baru? Rekanan bisnis? Atau jodoh barangkali?

4.       Dapatkan pula keuntungan terapis dari aktifitas ini
Kamu pemalu dan sulit mengungkapkan isi hati melalui percakapan normal? dengan menulis, rasa malu itu akan menjauh dengan sendirinya. Wajar jika kita punya keengganan untuk terbuka kepada orang lain karena takut dihakimi. Rasa malu yang menumpuk berakibat nggak baik lho. Lebih baik utarakan dengan cara yang tepat, yaitu menulis. Komunikasi tak langsung ini akan membantumu membuka diri dan mengurangi beban hati. Dengan cara ini pula kamu bisa pelan-pelan lebih luwes dalam mengutarakan isi hati.

5.       Secara nggak langsung tulisanmu akan menolong orang lain
Kisah menarik atau artikel sederhana berupa tips dan informasi mungkin terdengar remeh temeh. Namun bukan nggak mungkin jika ternyata tulisanmu bisa bermanfaat bagi beberapa orang. Ketika kamu menulis tentang produk gadget terbaru, secara nggak langsung kamu memberi rekomendasi pada calon pengguna dan membantu promosi brand tersebut. Resep banana cake punya nyokap yang kamu jajal kemarin dan kamu bagikan di blog akan membantu mereka yang lagi pingin ngado kue bikinan sendiri ke calon mertuanya. Dan kisah kecilmu yang inspiratif, bangkit setelah di PHK perusahaan tempat kamu bekerja, akan membantu mereka yang punya kisah sama untuk kembali bersemangat. Dengan membagi kisah kecil milikmu di blog, kamu akan membantu banyak orang. Ide bisa didapat dari mana saja, begitu pula dengan inspirasi. Mungkin juga kalau kamu berbakat menjadi influencer di dunia maya seperti Panji. Nggak akan tahu kalau nggak dicoba kan?

6.       Rajin berbagi akan membuatmu terlihat memiliki sesuatu
Yang jelas kalau kamu rajin berbagi hal baik, orang akan melihatmu memiliki sesuatu yang baik. Mungkin kamu nggak nyadar bahwa sebenarnya selama ini kamu pandai menggugah orang melalui cerita, punya kemampuan baik dalam mengkurasi suatu hal, peka terhadap detail, dan jeli dalam beropini. Quality talks itself. Jangan pernah berhenti mengembangkan kebiasaan ini. Suatu saat pasti akan berguna dalam kehidupanmu.

7.       Minghidupkan kreativitas diri
Membuat blog-mu untuk selalu update butuh konsistensi dan keahlian tersendiri. Dan supaya orang tetap mau berkunjung di blogmu, kamu harus kreatif dalam menggubah konten yang ada dalam blog. Buatlah hal-hal biasa menjadi lebih memikat. Dan jika kamu melakukannya secara persisten dan konsisten, kreatifitas pasi akan bercokol dalam dirimu.


Blog kini telah bertransformasi dalam banyak rupa. Meski sudah muncul lebih dari 10 tahunan yang lalu, kegiatan ini sama sekali belum usang. Kembangkan blog yang kamu miliki dan tatalah konten yang ada menjadi lebih apik dan menarik. Selamat mencoba, dan jadilah manusia yang senantiasa bertumbuh dengan aktifitas blog yang kamu miliki.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…