Skip to main content

8 Karir Yang Cocok Untuk Kalian Para Ekstrovert

Sebelumnya saya udah pernah merilis artikel tentang rahasia sukses bagi si introvert. Nah, sekarang supaya adil, saya ingin mengulas juga karir yang tepat bagi para ekstrovert. Semua orang juga tahu bahwa kepribadian ekstrovert punya banyak keunggulan. Orang dengan pribadi ini terkenal mudah bergaul, outgoing, serta menyukai interaksi dan suka menjadi pusat perhatian. Mereka juga mudah menyesuaikan diri dengan situasi yang ada dan juga gampang mengkomunikasikan isi pikirannya. Itulah sebabnya, si ekstrovert nampak lebih mudah melejit dengan kelebihan yang dia punya. Tetapi meski begitu, nggak semua karir bisa dijajaki oleh kaum ekstrovert ini. Bagi kalian yang merasa punya kepribadian tipe ini, ada baiknya mempertimbangkan jenis karir yang cocok untuk kalian, supaya kalian lebih mudah melejit dengan segala kelebihan yang kalian punya tentunya.

1.       Si ekstrovert yang doyan berinteraksi tentunya akan menikmati pekerjaan sebagai public relation
Namanya aja public relation, pekerjaan ini akan menuntutmu untuk berhubungan dengan segala macam jenis orang dari berbagai macam latar belakang. Kamu sebagai wakil dari perusahaan yang harus bertemu dengan – bisa saja – orang-orang penting dengan karakter yang nggak terduga. Pekerjaan ini memiliki suatu tantangan bahwa kamu harus dengan cepat dan mudah menguasai keadaan dan juga orang lain. Dengan kemampuanmu berinteraksi yang luwes, pekerjaan ini akan mudah dan terasa menyenangkan buatmu.

2.       Keahlianmu dalam bergaul dengan orang lain akan menuntunmu menjadi staf personalia yang andal.
Personalia ibarat konseling dalam suatu perusahaan, dan bekerja pada bidang ini menuntut kamu untuk mau berinteraksi sekaligus mendalami berbagai macam karakter orang. Personalia bertanggung jawab dalam meningkatkan performa kerja pegawai perusahaan. Kamu harus merancang training dan program pengembangan diri untuk karyawan, mengisi seminar dan banyak lagi. Kalau kamu menikmati atensi banyak orang dan punya kemampuan menyelami kepribadian orang lain, maka inilah karir yang tepat untuk kamu.

3.       Mengajar mungkin sangat cocok buat kamu, terlebih jika kamu memiliki panggilan hati.
Guru atau dosen, memiliki kewajiban untuk mendorong anak didik mereka mengeluarkan kemampuan sesuai potensi yang dimiliki masing-masing anak. Dan ini bukan pekerjaan gampang. Seorang pengajar yang baik harus sabar perhatian terhadap siswa didiknya, karena setiap murid punya kelebihan dan kekurangan dan mereka adalah manusia yang barangkali punya pemikiran sendiri serta faktor-faktor berpengaruh seperti faktor psikologis misalnya. Mengajar memiliki seni tersendiri yang menuntut seseorang untuk mau berinteraksi secara tulus dan dalam dengan murid. Makanya karir ini akan cocok buat kamu yang memiliki panggilan hati.

4.       Kamu menyukai tantangan yang lebih? Menjadi event planner mungkin sesuai buat kamu
Event planner adalah pekerjaan yang super melelahkan. Bayangkan aja, kamu harus berhadapan dengan banyak sekali orang sekaligus mengatur mereka. Kamu mungkin harus mengatur ratusan manusia dari berbagai divisi, memberi perhatian terhadap segala macam detail, demi kelancaran acara yang sedang kamu tangani. Belum lagi kalau ternyata ada kendala-kendala tak terduga dari salah satu divisi yang menjadi tanggung jawabmu. Pekerjaan ini membutuhkan manajemen stres yang baik karena banyaknya hal tak terduga yang akan bermunculan selain kemampuan mengatur manusia dalam jumlah besar dan dalam satu waktu.


1.       Kalau kamu cakep dan punya bakat seperti musik, seni tari, teater atau lawak, mungkin artis adalah profesi yang oke buat kamu
Jadi artis nggak cukup modal tampang aja. Mereka juga harus punya suatu kelebihan yang bisa ditawarkan kepada penonton. Kalau kamu menyukai perhatian banyak orang dan berbakat dalam seni pertunjukan, kenapa nggak jadi artis aja? Memang sih, melakukannya nggak segampang ngomonginnya. Tapi kalau nggak dicoba mana kamu tahu. Kamu bodor atau doyan ngebanyol, kenapa nggak ikutan audisi comic atau sekedar manggung di tempat-tempat lokal untuk mengawali karirmu? Atau kalau kamu punya bakat di bidang tarik suara, kenapa nggak coba-coba tampil atau bikin video yang bisa diunggah di youtube? Atau kamu gemar berbicara yang menginspirasi banyak orang, mungkin kamu bisa menjadi motivator yang handal. Ada banyak kans dan pilihan, tinggal kamu mau berjuang di jalur yang mana.

2.       Kamu punya latar belakang keahlian di bidang psikologi? Karir sebagai konselor bisa jadi pilihan terbaik.
Kamu bisa menjadi konselor apa saja sesuai bidang yang kamu tekuni di ilmu psikologi. Kamu bisa menjadi konselor pendidikan, rumah tangga, remaja, keluarga, dan segala macam lagi. Bekerja di bidang ini juga membutuhkan keahlian mendengarkan dan menyimak apa yang dikatakan klien terhadapmu, sehingga selain gemar berbicara kamu juga harus sabar dan telaten dalam melakukannya. Tetapi berhadapan dengan berbagai jenis karakter orang setiap hari dalam sesi konseling adalah hal yang luar biasa. Hanya mereka yang tahan untuk bergaul dan mendalami karakter yang sesuai dengan karir semacam ini.

3.       Kalau kamu menyukai kesenangan dan kenyamanan, bekerja dalam bidang perhotelan bisa menjadi pilhan yang oke buatmu.
Bekerja di bidang ini menuntut kamu untuk bertemu dengan banyak orang, seperti tamu sebagai pengguna jasa. Demi kenyamanan para tamu, kamu tentu harus pandai-pandai berkomunikasi serta menjalin komunikasi yang cerdas serta efektif dengan staf lainnya. Jangan sampai komunikasi yang salah mengacaukan layanan yang ada, karena akan menurunkan kredibilitas tempat di mana kamu bekerja.

4.       Untukmu yang gemar berniaga, pemasaran dan periklanan bisa jadi bidang yang menarik untuk digeluti.
Udah bukan rahasia lagi jika bidang seperti ini mengharuskan seseorang untuk berinteraksi dengan jutaan orang, baik secara langsung maupun nggak langsung. Supaya dagangan laku, kamu mesti merancang sistem yang tepat dan banyak berdiskusi dengan golongan berpengaruh, investor, atau dengan klien itu sendiri. Bidang ini merupakan perpaduan antara ilmu dagang dan ilmu bahasa yang aplikatif, sehingga komunikasi yang kamu buat bisa tepat sasaran untuk penjualan setinggi-tingginya. Menarik dan menantang bukan?

Minat dalam interaksi dengan banyak orang yang dimiliki oleh orang-orang berkepribadian ekstrovert akan menjadi luar biasa jika mereka mengawinkannya dengan bidang keahlian lain yang mendukung. Nah, jika kamu merasa punya kelebihan ini, maka asahlah kemahiranmu sesuai dengan pilihan karir yang kamu punya saat ini. Barangkali ada pilihan karir oke lainnya yang cocok untuk kaum ekstrovert, bagikan di kolom komentar ya.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Pakai Batik Rame-rame. Ini Nih Alasannya!

Batik memang busana istimewa bagi orang Indonesia. Barangkali nggak teramat istimewa buat kamu karena sudah terbiasa, apalagi batik sekarang udah menjadi dresscode tersendiri baik di tempat kerja, pesta, bahkan acara kasual sekalipun. Tapi kalau kamu memakai busana batik di luar negeri, wow! Sensasinya terasa beda. Selain punya corak khas lokal yang unik, batik juga menjadi identitas bagimu sebagai orang Indonesia di dunia luar sana. Soalnya emang nggak ada yang nyamain sih. Berapa koleksi yang kamu miliki di lemari bajumu? Sepotong atau dua potong? Wah, kalau cuma segitu aja, kamu harus menambah koleksi baju batikmu nih. Soalnya banyak alasan kenapa kamu harus bangga dan demen mengenakan batik di manapun. Ini dia ulasan singkatnya.
1.Batik udah menjangkau semua kalangan masyarakat dan bukan lagi sebagai produk yang eksklusif. Dulu, pemakai kain batik benar-benar kalangan terbatas aja. Yoi, itu adalah ketika batik masih diproduksi secara tradisional, alias masih menggunakan canting. M…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?