Skip to main content

Ayah Kita Hebat Karena Mereka Melakukan 13 Perjuangan Ini



Kita mungkin lebih menghormati ibu-ibu kita, karena mereka yang udah mengandung, melahirkan kita dan mendidik kita sampai dewasa. Tapi jangan lupa ya, kita bisa menjadi seperti sekarang ini juga karena perjuangan ayah-ayah kita. Meskipun perjuangan itu nampak kecil, namun mereka berusaha keras untuk itu lho. Apa aja sih perjuangan yang dilakukan oleh seorang ayah sehingga mereka bisa dibilang sebagai ayah terbaik sepanjang masa?

1.       Ayah selalu mengutamakan keluarga
Seorang ayah bekerja keras nggak hanya untuk mewujudkan impiannya sendiri. Beliau juga punya impian lain disamping impian pribadinya, yaitu mengiringi anak-anaknya agar memiliki impian dan dapat mengejar impian tersebut.

2.       Ayah selalu berupaya membuat anak-anaknya tersenyum dan tertawa.
Siapa sih yang nggak demen mendengar tawa dan celoteh anak-anak kecil yang riang gembira. Apalagi jika celoteh tersebut datang dari anak-anaknya sendiri. Makanya, seorang ayah bakal melakukan apapun demi membuat anaknya tersenyum dan tertawa, meski itu membuat beliau nampak konyol, seperti misalnya mengenakan kostum badut sekalipun.

3.       Ayah selalu membelikan buku-buku menarik untuk dibaca anak-anaknya
Buku adalah jendela dunia, makanya ayahmu selalu membelikan buku supaya kamu belajar memiliki wawasan yang luas terhadap segala hal sejak kamu masih kecil.

4.       Ayah harus menjadi teladan terbaik
Seorang ayah mungkin nggak ganteng-ganteng amat seperti bintang film, namun kemampuannya untuk menjadi teladan lebih penting dari apapun. Anak belajar dengan meniru, bukan mendengar, makanya ayahmu akan selalu berusaha memberi contoh yang baik agar kamu kelak tumbuh menjadi manusia yang baik pula.

5.       Ayah selalu jago mendongeng
Buku-buku yang dibelikan olehnya mungkin udah abis kamu baca, maka sebagai gantinya sampai beliau membeli buku baru, ayahmu harus bisa mendongeng dengan baik. Dongeng sebelum tidur efektif untuk pendidikan nilai-nilai bagi balita. Dan mungkin ini juga efektif supaya kamu bisa tidur pulas tanpa takut gelap atau takut hantu di malam hari.

6.       Ayah yang selalu bisa diandalkan pada pekerjaan yang kasar atau berat
Jika ibu jago memasak dan membuat kue-kue kesukaanmu, membuatkanmu baju dan merawatmu kala kamu sakit, ayah jagoan dalam pekerjaan berat di rumah. Misalnya membenarkan keran kamar mandi, talang air dan genteng bocor. Atau jika beliau nggak bisa menangani hal-hal semacam itu, beliau akan sigap menemukan orang yang bisa mengatasinya.

7.       Beliau juga adalah orang pertama yang mengajarimu tentang apa itu seks, dengan cara yang sederhana.
Orang tua adalah pihak pertama yang memperkenalkan tentang apa itu seks kepada anak-anaknya, termasuk juga ayah. Pendidikan seks kepada anak dimulai dengan hal yang sederhana seperti pengenalan anatomi tubuh, batas aurat serta bagaimana sikap anak jika berinteraksi dengan orang asing.

8.       Seorang ayah harus pandai mengelola emosinya.
Ayah selalu bisa diandalkan dalam segala keadaan. Makanya ayahmu harus pandai menjaga emosinya baik-baik. Itulah makanya beliau selalu tahu cara bersikap tenang dan nggak meledak-ledak di depan keluarganya. Jangan sampai seorang ayah melampiaskan emosi kepada anak-anaknya. Selain melukai perasaan seorang anak, emosi yang termuntahkan itu akan menghambat tumbuh kembang mereka.

1.       Beliau harus selalu bersikap matang
Sebagai kepala keluarga, ayah adalah penentu segala keputusan yang ada di keluarga. Itulah makanya beliau nggak bisa seenaknya lagi berperilaku, segalanya harus dipikirkan masak-masak. Ayah mungkin nggak lagi gemar nongkrong gaul bersama kawan-kawannya, menghabiskan waktu bermain dengan permainan kesukaannya. Setelah ada kamu, ayah akan memilihmu sebagai teman bermainnya daripada yang lain.

2.       Ayah yang selalu menginginkan yang terbaik buatmu
Karena baginya kamu adalah yang terbaik, maka beliau akan mengupayakan segalanya yang terbaik buatmu.

3.       Beliau juga selalu tahu apa yang kamu butuhkan
Beliau memiliki caranya sendiri untuk mengetahui apa yang kamu butuhkan. Makanya ayahmu akan meminta pendapatmu tanpa mentertawakan apa yang kamu katakan. Meski kamu masih anak-anak, dia akan selalu mendengarkan apa yang kamu katakan supaya tahu apa yang kamu butuhkan.

4.       Ayah nggak pernah lupa sama ulang tahunmu
Bagi ayahmu, nggak ada yang lebih berharga daripada mengawasi tumbuh kembangmu. Itulah makanya hari ulang tahunmu begitu penting buat beliau. Ulang tahun adalah momen ketika kamu bertambah dewasa , dan kenyataan itu sangat berharga untuk beliau.

5.       Beliau selalu mengupayakan pendidikan terbaik untukmu
Bagi ayah, kamu adalah kebanggaannya. Beliau ingin kamu mendapat tempat yang layak di masyarakat. Itulah makanya, beliau akan berjuang supaya kamu mendapat pendidikan yang baik nantinya.
                                                                   
13 hal yang diperjuangkan oleh ayah-ayah kita ini memang nampak sederhana, namun justru ini adalah hal terbesar yang bisa mereka lakukan agar kita tumbuh menjadi seorang manusia seutuhnya. Untukmu para lelaki, 13 hal ini juga perlu kamu camkan agar kamu bisa menjadi ayah yang baik bagi anak-anakmu kelak. Yuk mari kita sering mengajak ayah kita bicara selagi mereka masih ada dan dekat dengan kita.

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…