Skip to main content

Diet Santai dengan Hasil yang Mengesankan



Mau mandi, nimbang badan. Mau makan, nimbang badan. Abis makan, nimbang badan lagi. Mau bobo, lagi-lagi nimbang. Hidupmu gak pernah jauh-jauh dari timbangan. Padahal Jebret udah pernah merilis artikel Untuk Kamu Yang Sedang Mati-Matian Diet Kurus, PercayalahBahwa Kecantikan Itu Sesungguhnya Adil, tapi kayaknya kamu masih ngeyel dan getol diet demi mendapatkan bodi ramping dan menarik. Buat kamu yang masih gatel nimbang badan di setiap kesempatan yang ada, Jebret punya tips tentang diet yang bisa kamu ulik berikut ini. Dan ternyata... kunci keberhasilan diet itu nggak susah, nggak menyiksa, dan nggak ribet? Penasaran?

 

1.       Let’s get started: Diet itu sebenarnya tentang mengatur pola makan, bukan soal mengurangi angka timbangan.

You are what you eat. Itulah slogan yang umum beredar di tips-tips tentang pola makan yang baik dan sehat. Apa yang kamu makan menunjukkan siapa kamu yang sebenarnya. Kamu penyakitan? Kamu jerawatan? Kamu gampang emosian? Mungkin yang kamu makan juga nggak bagus kualitasnya, dan cara makan kamu masih ngasal. Hampir semua penyakit disebabkan oleh pola makan kita. Makanya ada studi khusus tentang nutrisi dan pola makan, karena pengaruhnya sangat gede untuk hidup kita.
Nah, sebelum kamu mulai berdiet ria, perlu kamu ketahui hal ini. Diet adalah upaya mengatur pola makan seimbang, supaya bodi kamu sehat, bukannya jadi lebih kurus. Karena nggak semua diet itu tujuannya mengurangi berat badan lho, ada juga yang bertujuan menambah berat badan, dan sembuh dari penyakit. Jadi lupakan soal diet asal-asalan supaya kamu punya bodi bak supermodel. Diet sama dengan mengatur pola makan, dan tujuannya adalah sehat, bukan kurus. Percuma aja kan kalau kurus ramping tapi badanmu ambyar dan berujung pada opname di rumah sakit?

2.       Lupakan hitungan kalori. Makanlah sampai kenyang, tetapi jangan sampai kekenyangan.
Ngitung kalori adalah hal yang paling ribet di dunia. Pertama kamu harus hapal kandungan kalori yang ada di tiap-tiap jenis makanan. Kedua kamu harus nenteng kalkulator ke mana-mana. Kalau kamu sampai nenteng kalkulator sampai ke warteg langganan, nanti kamu disangka mau saingan sama yang punya warteg. Berabe kan?
Daripada pusing hitung-hitungan angka kalori, mending puasin aja makan sampai kenyang. Apa nggak malah bikin buncit tuh? Ada triknya dong. Untuk membuat sensasi kenyang pada perutmu, kamu nggak perlu makan dengan porsi mirip tukang gali. Kamu cukup menyelipkan banyak sayuran ke dalam menu makananmu, minum air putih segelas sebelum makan, dan makan pelan-pelan. Sayuran segar berupa lalap, salad, atau bahkan yang berupa jus, mengandung serat alami tinggi yang cukup ampuh untuk mengganjal perutmu. Sediakan porsi sayuran untuk mengimbangi nasi dan lauk, selain supaya kenyang puas, sayuran segar akan membantu proses pencernaan kamu. Minum air putih sebelum makan juga berguna untuk mengganjal perutmu lebih dulu dengan air. Makan pelan-pelan juga berguna untuk mengaktifkan sinyal kenyang dari pencernaan ke otak, sehingga kamu akan merasa kenyang tepat pada waktunya.

3.       Minum air putih yang cukup, minimal 2,5 liter per hari
Air putih akan membantu menambah metabolisme tubuh kita, sehingga energi yang didapat dari makanan akan dapat dibakar dengan baik. Minumlah air putih paling nggak 2,5 liter perhari yang selain mencegahmu dari dehidrasi, juga akan membuat lemak-lemak dapat terbakar dengan baik oleh tubuhmu.

4.       Makan sedikit tetapi sering
Ngemil sebenarnya bukan hal buruk buat kamu, justru malah bagus. Merasa lapar di antara jam makan adalah hal yang alamiah, karena pencernaan efektif biasanya berlangsung nggak lebih dari 3 jam. Makan sedikit tetapi sering akan membantu metabolismemu berjalan stabil dan kalori dibakar terus menerus, jauh lebih efektif daripada makan sesekali dalam porsi yang besar.

5.       Makan dalam keadaan benar-benar lapar.
Ini serius, bumbu terbaik dalam masakan adalah rasa lapar. Hanya rasa laparlah yang akan membuat makanan apapun terasa nikmat. Makanya, makanlah ketika kamu benar-benar lapar supaya kamu bisa mengapresiasi menu makananmu secara maksimal. Selain itu, makan ketika lapar akan mengurangi asupan kalori yang nggak dibutuhkan oleh tubuh. Ini karena rasa lapar adalah sinyal dari tubuh bahwa kamu memang membutuhkan makan sebagai sumber energi. Ciri-ciri lapar fisik yang sesungguhnya adalah, badan terasa lemas, perut kosong, jadi lebih mudah emosi, dan datangnya perlahan-lahan tapi pasti. Bedakan dengan lapar emosi atau lapar mata yang cuma lapar bohongan hanya karena kamu nyandu memasukkan cemilan manis atau gurih ke dalam mulutmu.

6.       Orientasi sehat berarti tambahlah asupan makanan segar alami dan kurangi makanan prosesan.
Makanan alami buatan Tuhan itu jelas jauh lebih baik daripada makanan olahan buatan manusia, meskipun makanan prosesan jauh lebih enak, gurih dan bikin nagih. Makanan alami mengandung nutrisi asli dan enzim yang berguna dalam metabolisme sel, regenerasi dan meringankan kerja pencernaan karena mudah di serap. Makanan prosesan memang lebih enak rasanya, namun sudah ditambahi perasa, pemanis, dan pewarna buatan. Makanan prosesan  juga mengandung pengawet dan umumnya sukar dicerna sehingga membebani pencernaan. Belum lagi kandungan gula dan garamnya yang tinggi, akan membuat badanmu kewalahan dalam mengolah dan menyimpannya pada tubuh. Kelebihan asupan yang nggak dibutuhkan tubuh ini bisa menumpuk jumlah toksin dalam tubuhmu, dan dalam jangka panjang akan menjadi penyakit gawat seperti kanker misalnya. Ngeri kan?

7.       Gorengan, tepung-tepungan, susu, soda dan sirup? Lupakan!
Kamu doyan biskuit dengan krim yang legit itu? Atau donat salut coklat? Atau gemar ngemil tahu isi, bala-bala, cireng dan combro? Atau gelisah saat cucaca panas bawaannya minum sirup jeruk dingin nan segar? Lupakan! Makanan-makanan itu selain kalorinya tinggi banget, juga mengandung lemak dan gula tinggi. Gorengan juga bisa membuat perutmu panas dan begah. Tepung terigu adalah produk olahan nggak baik karena memberatkan pencernaanmu. Kalau kamu ingin dietmu berhasil, lupakan menyantap makanan-makanan dengan bahan ini sering-sering.

8.       Tetapi sebenarnya kamu nggak perlu menghilangkan total makanan kegemaranmu meskipun kenyataannya nggak sehat.
Kamu cukup menguranginya saja. Kalau kamu memberhentikannya secara total, kamu bakalan stres sendiri dan mengakibatkan makan dengan membabi-buta suatu saat nanti. Baiknya kurangi perlahan, dan jadikan sebagai makanan rekreasional, bukan santapan sehari-hari. Kamu boleh menyantap mie instan sebulan sekali misalnya, atau sesekali mengudap siomay dan batagor. Tetapi jangan setiap hari dan jangan banyak-banyak, jadi cukup icip-icip aja ya.

9.       Bikin jurnal makananmu
Kalau kamu bener-bener ingin mengontrol  apa yang kamu makan, kamu bisa menulis makanan apa saja yang masuk ke mulutmu selama sehari penuh. Memang sedikit lebih repot, tetapi cara ini cukup ampuh karena kita sering nggak sadar memasukkan cemilan ke dalam mulut kita hanya karena tergoda. Supaya kamu lebih awas dengan godaan-godaan yang ada, buatlah diary pribadi tentang makananmu sendiri.

10.   Sediakan hari libur supaya kamu tetap bisa “menikmati hidup”.
Kamu boleh kok memberlakukan day off pada rutinitas dietmu, misalnya pada hari minggu. Pada hari ini kamu boleh sedikit “nakal” dalam berdiet. Tetapi jangan kebablasan ya. Soalnya bdanmu kan udah beradaptasi dengan pola makan sehat yangkamu jalani sehari-hari. Kalau kamu balik ke “makanan-makanan yang menggoda iman”, bisa-bisa badanmu akan protes. Iya dong, ibarat kamar yang udah biasa di bersihin, kalau dikotori lagi, kamu juga bakal risi ngeliatnya. Hal yang sama terjadi pada badanmu kalau kamu mengotorinya lagi dengan makanan yang nggak sehat itu. Hari libur ini penting lho, gunanya supaya kamu tetap “waras” dan konsisten dalam berupaya makan sehat. Ibarat kerja sehari-hari, kamu juga butuh satu atau dua hari untuk rehat atau refreshing kan? Setelah hari libur, barulah kamu kembali ke rutinitas dietmu dengan perasaan lega dan bahagia.

11.   Jangan keseringan nimbang badan dan jangan obsesif.
Jalani aja dengan santai, tanpa target, serta jangan terobsesi dengan timbangan badan karena akan membuatmu stres. Nikmati perjalanan diet yang ada dengan merasakan badanmu semakin sehat dan ringan, lebih fit dan nggak gampang sakit. Rasakan progres yang ada dari kualitasnya, bukan dari angka timbangan. Apresiasilah kekonsistenanmu dengan memberi hadiah kepada diri sendiri, misalnya membeli baju baru yang kece, memanjakan diri ke spa, atau membeli gawai yang sudah lama kamu idamkan. Untuk menambah motivasi, buatlah komitmen dengan orang yang paling kamu sayangi, danrasakan dirinya yang menerimamu apa adanya dan menghargai usahamu dengan tulus. Dukungan orang terdekat akan berpengaruh besar terhadap usahamu ini.


Nah, jadi diet itu bukan buat centil-centilan ya, tetapi untuk hidup yang lebih sehat dan berkualitas. Kalau tubuhmu sehat, maka otomatis berat badan akan mencapai titik idealnya kok. Mensyukuri nikmat-Nya dengan menjaga tubuh supaya tetap fit adalah bentuk rasa syukur yang paling dalam. Selamat berdiet dan menjadi lebih sehat ya.

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…