Skip to main content

Jagoan Berbahasa Inggris Fasih dengan Cara Gratis dan Mudah



Bahasa Inggris nggak bisa dielakkan lagi, adalah kebutuhan besar untuk dikuasai. Apalagi dengan isu MEA yang lagi santer belakangan ini, semakin nggak ada alasan buat kamu untuk cengar-cengir sambil ngomong; sorry, my English is not very good. Lupakan bahwa kamu males belajar bahasa inggris karena bahasa itu tergolong susah. Karena memang bahasa inggris itu nggak susah lho, karena struktur bahasanya hampir serupa dengan bahasa Indonesia. Belajar bahasa inggris mutlak kamu perlukan untuk hal-hal berikut:

·         Ujian masuk perguruan tinggi baik tingkat sarjana maupun S2 mengharuskan kemampuan bahasa Inggris yang oke.
  • ·         Memenuhi persyaratan beasiswa ke luar negeri.
  • ·         Bekerja di lintas benua yang sudah kamu cita-citakan sejak kecil.
  • ·         Memperlancar bisnis di dunia usaha pada era global.
  • ·         Agar kamu nampak keren di mata gebetan.
  • ·         Dan lain-lain

Nah, kali ini saya mau mengulas cara jitu belajar bahasa inggris yang asyik tanpa perlu keluar banyak uang. Yoi, saya tau kok, alasan lain kamu males belajar bahasa Inggris secara serius adalah mahalnya biaya kursus. Dengan cara berikut, kekhawatiran itu bisa kamu enyahkan jauh-jauh.

Karena belajar bahasa itu kebutuhan, maka anggaplah itu sesuatu yang menyenangkan.
Daripada dianggap susah dan serem? Nah, sebenarnya bahasa Inggris udah akrab banget di sekitar kita bukan? Sejak SD kamu udah diberi pelajaran ini secara formal di sekolah. Film-film serta lagu juga banyak yang berbahasa Inggris. Makanya, anggaplah berbahasa Inggris adalah sesuatu yang wajar dan biasa. Maka mempelajarinya juga seharusnya adalah sesuatu yang menyenangkan. Ada banyak media tersebar di sekeliling kita, kita tinggal memilihnya aja supaya bisa cas-cis-cus dengan fasih tanpa perlu keluar banyak biaya.

Temukan teman seperjuangan, jadikan pembelajaranmu sebagai sesuatu yang menantang.
Kalau kamu belajar sendirian, maka percuma aja. Kamu nggak akan punya lawan bicara yang sepadan demi tujuanmu menguasai bahasa Inggris dengan lancar. Ajaklah beberapa orang temanmu yang merasa punya kebutuhan sama. Jangan malu dan jangan ragu untuk menerapkan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Buatlah komitmen di antara kalian untuk membuat satu hari wajib berbahasa Inggris (English day). Kalau kalian masih bicara acak-acakan, nggak perlu malu atau ngetawain satu sama lain. Namanya juga belajar, salah itu wajar. Yang penting jangan menyerah begitu aja.


Kamu punya film favorit? Tontonlah film tersebut tanpa menampilkan teks terjemahannya.
Cara ini asyik karena selain sambil menghibur diri, kamu juga bisa belajar dalam waktu yang bersamaan. Matikan subtitle pada DVD playermu dan simaklah percakapan antar tokoh film tanpa teks terjemahan. Kamu mungkin bisa mulai dengan menonton film keluarga atau anak-anak untuk level bahasa Inggris yang lebih mudah. Setelah itu kamu bisa memilih film dengan genre lain yang tingkat kesulitan bahasa Inggris yang lebih sulit. Dengan cara ini kamu mendapat beberapa keuntungan, yaitu bisa memahami konteks bahasa Inggris sesuai latar belakang pembicaraan dan pelakunya. Kamu mungkin juga akan menemukan istilah atau bahasa slang yang mungkin nggak akan banyak kamu temukan di buku latihanmu.

Punya lagu-lagu favorit? Dengarkan dengan earphone dan simaklah lagu-lagu tersebut apa makna yang di dalamnya.
Jika selama ini kamu sekedar mendengarkan musik sambil mengerjakan sesuatu, membaca buku, atau sekedar sambil lalu, maka kali ini cobalah kamu ulik lebih dalam lagu tersebut. Kalau kamu punya energi lebih kamu juga bisa menulis liriknya, hitung-hitung untuk melatih kemampuan listeningmu. Selain mendengarkan lirik lagu tanpa melihat teksnya, kamu juga bisa mengulik makna yang dikandung lagu tersebut. Contohnya lagu-lagu patah hati Taylor Swift, atau Ed Sheeran. Melalui lirik yang kamu dengarkan, kamu juga bisa belajar lebih dalam mengenai arti kata dan makna yang ada di dalamnya. Bahkan kamu juga bisa menemukan frase-frase yang punya makna kiasan lho. Kalau kamu nggak bisa menemukan artinya secara te[at, kamu bisa googling di internet tentang arti kiasan tersebut.
Suka baca? Pilihlah buku bacaan bahasa Inggris yang seru sebagai latihan readingmu.
Kamu nggak perlu beli buku impor untuk melakukan hal ini. Kamu cukup pergi ke pasar buku bekas yang siapa tahu menjual koleksi buku-buku lama berbahsa Inggris. Selain itu kamu juga bisa meminjam buku berbahsa asing di perpustakaan. Atau kamu pun bisa dengan leluasa mengunduh artikel-artikel berbahsa Inggris di Internet. Apa saja bisa menjadi bahan pembelajaranmu.

Gunakan aplikasi seperti Google Translate untuk menemani kegiatan belajarmu secara praktis
Kalau dulu mungkin kamu harus menenteng kamus oxford kemana-mana. Tetapi kini, kamu udah punya gawai yang bisa membantumu belajar bahasa secara praktis. Dengan Google Translate, kamu juga bisa mengecek pengucapan yang tepat untuk suatu kata. Yoi, pronunciation adalah hal yang sangat-sangat tricky untuk dilakukan. Ini karena ada beberapa kata yang pengucapannya bisa mirip, dan kalau nggak hati hati, bisa jadi orang, terutama native, akan nggak paham dengan yang kamu katakan. Contohnya seperti:
  • Duck dengan dog
  • Special dengan spatial

Beberapa kata juga punya titik tekan pada suku kata tertentu. Misalnya kata photography yang harus ditekan pada suku kata –to-. Cukup rumit kan? Nggak perlu risau karena semuanya bisa dipelajari pelan-pelan.

Naiklah ke advance level, gunakan kamus bahasa Inggris yang baku seperti kamus oxford.
Setelah kamu terbiasa dengan lingkungan bahasa Inggris yang kamu buat ini, maka kini belajarlah lebih serius lagi. Jika sebelumnya kamu terbiasa memakai kamus bahasa Inggris-bahasa Indonesia, kamu kini bisa menggunakan English Dictionary yang english to english. Ini akan membantumu untuk mahir menemukan padanan kata dalam Bahasa Inggris.

Nemu vocab baru? Catat segera!
Kamu lagi baca buku atau artikel dan menemukan istilah baru, lantas kamu mencari arti kata tersebut dengan kamus. Jika sudah menemukannya, maka sebaiknya kamu segera mencatatnya supaya kamu nggak kelupaan. Dengan mencatatnya langsung, kamu akan terbantu secara pembentukan memori. Beda dengan kalau kamu membiarkannya gitu aja, kamu akan cepat lupa.

Streaming program bahasa inggris secara online juga bisa menjadi alternatif pilihanmu.
Kamu bisa mendengar video presentasi TED di youtube, reality show Amerika, Vlog, dan sebagainya. Dengan cara ini, kamu bisa menemukan gaya bahasa Inggris yang bermacam-macam. Sambil belajar, kamu juga bisa menirukannya lho. Gaya aksen British lucu juga untuk ditirukan karena berkesan seksi.

Ikuti komunitas Bahasa Inggris supaya hasil latihanmu nggak sia-sia
Ada berbagai pilihan komunitas yang bisa kamu cemplungi. Sebutlah MUN, English Debate, Couch Surfer, dan Steam Community, pilihlah yang sesuai dengan minatmu. Ketika kamu sudah mencemplungkan diri di dalamnya, kamu harus aktif dalam berkomunikasi. Salah-salah sedikit nggak masalah. Native aja nggak keberatan kok kalo kamu salah ngomong, justru mereka menghargai upayamu untuk belajar berbahasa Inggris. Justru kalau kamu malu dan ngiyem aja, malah kamu nggak akan pernah bisa selamanya. Rugi kan?

Kursus bahasa Inggris gratis secara online juga bisa menjadi cara terbaik untuk melatih bahasa Inggris mu.
Ada banyak kursus Bahasa Inggris gratis maupun berbayar di internet. Kalau kamu mau menghemat anggaran, kamu bisa memilih yang gratis atau yang trial. Segala media sudah tersedia, sekarang hanya tinggal melaksanakan niat saja.

Tantang dirimu untuk berpraktek lebih jauh dengan mengikuti acara internasional
Sebutlah konferensi internasional, lokakarya, pelatihan, atau pertukaran pelajar sekalipun? Jajali semuanya sambil mempraktekkan apa yang sudah kamu pelajari. Dengan memiliki pengalaman langsung, kemampuanmu bisa melejit lebih jauh lagi. Mungkin suatu saat kamu harus menantang diri sednriri untuk berkarir di kancah internasional atau mengajukan beasiswa di luar negeri. Apa saja mungkin kan?


Nah itulah tips jago berbahsa Inggris yang efektif dan ekonomis. Yang terpenting adalah niat dan konsisten dalam melakukannya. Jika kamu tekun berlatih bukan nggak mungkin kamu bisa berbicara dan berbahasa seperti layaknya native. Selamat mencoba ya!

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…