Skip to main content

Kesempatan Melakukan Banyak Hal Itu Akhirnya Datang, Karena Single Berarti Merdeka



Masa-masa sedih nangis di kamar sampai ngabisin tisu puluhan boks setelah berpisah dengan si dia udah kamu lalui. Bengong di tempat umum, curhat ke sahabat sampai memble, ilang nafsu makan, juga udah kamu lakukan. Kemudian apa? Hidup tetap berjalan, dan kamu harus berdikari. Kalau kamu bersedia membuka mata lebar-lebar, masa-masa sendiri ini sebenernya adalah kesempatan emas untuk melakukan banyak hal. Jomblo ngenes? Itu sih buat mereka yang nggak kreatif dalam hidupnya. Padahal, kesendirian adalah kesempatan untuk menempa sekaligus menikmati banyak hal. Yoi, soalnya kan dengan berkurangnya suatu hal dalam hidupmu, kamu jadi punya banyak waktu luang dan nggak ada lagi yang ngatur-ngatur kamu lagi. Jadi, inilah saatnya! Merdeka!

1.       Berpetualang
Bebasnya dirimu dari aturan-aturan selama masih bersama dia adalah kesempatan emas yang nggak boleh kamu lewatkan begitu aja. Cek tabunganmu, dan segeralah rencanakan perjalanan menuju ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Undanglah sahabatmu untuk turut serta, atau kalau kamu berani sah-sah aja kamu pergi sendiri. Buatlah daftar tempat atau event yang ingin kamu kunjungi, lalu puaskan hatimu mumpung nggak ada yang ngelarang-larang.

2.       Saatnya mengeksplorasi hobi
Dulu, waktu luangmu habis bersama dia. Sekarang karena udah nggak sama dia lagi, kamu punya sisa waktu, cukup untuk menekuni hobi. Bukan hanya menekuni, kamu mungkin malah bisa mengembangkannya. Suka nulis? Ikutlah pelatihan menulis. Suka sketsa? Ikutlah komunitas sketsa seperti Bandung Sketchwalk yang sering mengadakan acara jalan-jalan sambil membuat sketsa. Suka masak? Cobain resep-resep baru. Ada banyak cara untuk menikmati waktu luang. Barangkali aja hobi yang kamu dalami ini memberimu ruang dan kesempatan lebih besar di masa mendatang, baik dalam karirmu atau pertemuan dengan sosok-sosok baru yang nggak pernah kamu duga.

3.       Badan lebih sehat, hati lebih adem
Sejak resmi menjadi single, nggak ada lagi rutinitas telponan dengan pacar sampe malem. Nggak ada lagi berantem-berantem yang bikin sebel dan nangis, sehingga esoknya kamu bangun dengan mata bengkak. Kamu juga nggak perlu nurutin selera makan doi yang kali aja hobi makan junk food atau sering ngajakin kamu jajan. Badan lebih enteng, sehat, hati juga lebih adem. Kamu bisa bangun lebih pagi untuk menikmati sinar matahari yang menyehatkan. Dan karena nggak ada beban kamu bisa dengan mudah menikmati apa saja yang ada di sekelilingmu, hal-hal kecil yang selama ini mungkin kamu abaikan.

4.       Kerja, kerja, kerja
Emangnya cuma presiden yang bisa kerja kerja kerja? Kamu juga bisa dong. Manfaatkan waktu yang ada sekarang untuk bekerja sedikit lebih banyak. Lakukan yang terbaik untuk pekerjaanmu di kantor, atau bagi kamu yang masih kuliah ini kesempatanmu untuk lebih fokus dengan studi. Libas tugas-tugas makalah dari dosen killer itu. Habisi skripsi atau tesis itu. Babat semua target lemburan. Buatlah performa terbaik untuk saat ini. Meski capek, tapi hasil kerja kerasmu ini akan terbayar satu saat nanti. Buktikan bahwa kesendirian bukannya membuatmu merana, namun justru malah jadi produktif.

5.       Kamu bisa jadi lebih kreatif nggak sih?
Jalan-jalan seru udah dilakukan. Hobi udah ditekuni. Kerja juga makin sungguh-sungguh. Kreatif? Tambahkan kreatifitas dalam to-do-list kamu. Saat-saat lowong ini mungkin bisa kamu manfaatkan untuk berpikir, mau bikin apa ya? Barangkali saat-saat ini justru banyak ide berkeliaran di kepalamu, menanti untuk direalisasikan. Bikin kerajinan tangan dari sisa sampah plastik yang bisa dijual? Join sama teman untuk bikin usaha food truck? Ikutan nulis buku keroyokan sama teman-teman di komunitas penulis? Bikin kafe baca untuk anak-anak sekolah di garasi rumahmu? Apa aja mungkin lho.

6.       Lihat dirimu. Siapa tahu selama ini jarang keurus.
Drama dengan si pacar dulu mungkin bikin kamu nggak sempet bikin kamu peduli dengan dirimu sendiri, soalnya kamu lebih sibuk bahagiain dia. Kamu malah lupa bahagiain diri kamu sendiri. Nah, sekarang adalah saatnya memanjakan diri kamu sepuasnya. Pilih cara-cara yang bisa membuat dirimu senang. Mendaftar di pusat kebugaran? Ikut klub basket? Ikut kelas yoga? Beli buku dan komik sepuasnya? Perawatan ekstra di salon? Makan di restoran yang agak mahal tapi enaknya surga? Atau sekedar bersantai sepuasnya di akhir pekan sambil nonton TV kabel maupun DVD sampai mata jereng. Lakukan apapun yang bikin hatimu damai. Kamu layak berbahagia karena kamu istimewa.

7.       Ada keluarga dan sahabat-sahabat yang setia, ke mana aja mereka selama ini?
Kamu yang ke mana aja selama ini? Adanya pacar justru membuat kesempatanmu untuk dekat dengan mereka menjadi terbatas. Sekarang kamu single, kamu bisa kembali sepenuhnya bersama mereka. Kamu bisa lebih dekat dengan orang tua, kakak, atau adik, juga teman-temanmu yang udah lama nggak ketemu. Hilangnya kekasih dari genggaman justru mengembalikan mereka yang selama ini terlupakan, dan malah lebih berharga dari yang kamu bayangkan.

8.       Kamu bisa ngirit, nabung, atau ngatur duit dengan leluasa
Nggak ada tuntutan kencan dan beliin hadiah buat dia malah justru bikin kamu lebih irit. Sisa duit yang lebih banyak sekarang ini bisa kamu alokasikan untuk hal lain lho. Misalnya untuk tabungan dan investasi. Hitung-hitung untuk masa depan. Sama sekali nggak ada ruginya.

9.       Bebas mau dekat dengan siapa aja, berteman dengan siapa aja, dan naksir siapa aja.
Ini mungkin bagian terbaiknya. Kamu nggak perlu lagi pilah-pilah teman, cewek maupun cowok, semuanya bebas kamu dekati. Sahabat lawan jenis? Oke! Nongkrong dengan sobat sejenis pun juga oke. Ada dia yang cakep dan kamu suka? Bebas, nggak ada lagi beban hati. Malah saat sendiri begini, kesempatanmu dalam mengenal orang-orang baru dan pribadi yang menarik semakin terbuka lebar. Mungkin inilah yang akan mempertemukanmu dengan sosok baru yang lebih baik dan lebih pas daripada dirinya yang dulu. Jodoh kan nggak ada yang tahu?

10.   Inilah kesempatanmu menjadi sebenar-benar dirimu sendiri
Nggak perlu lagi ada kompromi, nggak perlu lagi menjadi dirimu yang lain agar bisa sesuai dengan dia. Kini kamu benar-benar bebas mengatur dirimu sendiri dan menjadi diri sendiri. Menyenangkan bukan, melakukan sesuatu karena memang kamu menginginkannya, bukan lagi karena ingin menyenangkan orang lain. Dengan menyadari hal ini, kamu akan menjadi sosok yang lebih tangguh, berdikari dan lebih memahami orientasi hidupmu. Hal inilah yang akan membuatmu sanggup melejit menggapai cita-cita terbesar dalam hidupmu. Dan juga, keutuhan dirimu akan terjaga hingga kelak kamu siap untuk menyambut sosok baru yang akan menemani hidupmu di masa mendatang. Nggak ada lagi drama berlebihan, nggak ada lagi galau over dosis, nggak ada lagi labil, kamu benar-benar menjadi pribadi yang teguh, matang dan dewasa. Dan bukankah jodoh akan menghampiri ketika dirimu benar-benar pantas?


Itulah 10 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kesendirianmu. Jadi jangan sok ngenes ya mentang-mentang kamu single. Lupakan kesedihan dan berlarilah menuju kebahagiaan. Bukankah tuhan sudah memberikan segalanya agar kita bisa mensyukuri hidup yang sesungguhnya? Selamat berbahagia ya!

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…