Skip to main content

Mungkinkah Tanpa Sadar Kamu Melakukan Dosa Finansial yang Membahayakan Masa Depan Keuanganmu?


Menjaga kesehatan finansial memang gampang-gampang susah. Gampang dari segi teorinya, susah dari segi praktik. Buktinya sebagian dari kita masih sulit untuk menyisihkan pundi-pundi rupiah kita untuk tabungan, alias semuanya terpakai sampai habis. Tahukah kamu, bahkan menyisakan sekian persen pendapatan untuk tabungan belum tentu mejamin bahwa kita memiliki kebiasaan keuangan yang baik? Dosa finansial yang membahayakan masa depanmu bisa saja datang dari kebiasaan atau pola hidup yang saat ini kamu jalani, meski nampak aman-aman saja, namun bisa mendatangkan bencana suatu saat nanti. Wah ngeri juga ya? Coba simak artikel ini.

1.       Kamu memutuskan untuk memiliki anak dalam keadaan keuangan yang nggak stabil
Untuk kamu yang sudah menikah dan berencana untuk memiliki anak, sebaiknya cek dulu kondisi finansial mu. Apakah kalian berdua telah memiliki penghidupan yang layak, ajeg, dan stabil? Apakah kalian berdua telah terbiasa menabung dan punya gaya hidup keuangan yang sehat? Jika ya, maka kalian tentu bisa meneruskan rencana memiliki anak.
Memang kata orang tua kita bahwa banyak anak banyak rejeki, atau setiap anak punya rejekinya masing-masing. Nasihat ini mungkin bisa berlaku jika kalian hidup pada tahun 1980an. Pada masa sekarang, kehidupan semakin sulit, kamu dan keluargamu perlu pandai-pandai berstrtegi. Memiliki dan membesarkan anak membutuhkan komitmen yang nggak kecil. Kalian perlu mengeluarkan banyak biaya untuk kesehatan, makanan bergizi, pendidikan, dan banyak lagi. Selain itu, kondisi finansial yang nggak sehat juga akan memberi contoh buruk bagi anakmu. Kalian adalah role model bagi anak-anak kalian kelak. Jika kamu belum memiliki budaya finansial yang baik, maka anakmu akan menirunya dan membawa sifat ini ketika dia sudah dewasa nanti.

2.       Kamu punya ketergantungan secara finansial dengan orang lain
Okelah jika kamu memiliki keluarga dan teman yang bisa membantumu pada saat sulit. Namun itu nggak bisa terjadi selamanya kan? Mereka nggak bisa memberi kamu pinjaman uang terus menerus. Dan hubungan kamu dengan keluarga serta sahabat akan terancam rusak jika kamu terus memanfaatkan mereka.

3.       Membayar utang dengan memakai pay day loans
Payday loans adalah pinjaman kecil berjangka pendek. Dengan cara ini kamu bisa berutang untuk menutupi kekurangan pemasukanmu ampai hari gajian tiba. Nggak masalah kamu lakukan jika kamu memang kepepet dan butuh uang segera serta ada kesanggupan untuk membayar. Namun jangan lakukan ini untuk mebayar utangmu di tempat lain. Ini sama sekali nggak ada gunanya dan malah semakin mebuat jumlah utangmu semakin besar tanpa terasa.

4.       Kecanduan memakai kartu kredit
Kartu kredit bukanlah kartu belanja. Kartu kredit sejatinya adalah kartu utang atau bertujuan sebagai alat transaksi non-tunai. Jadi ingatlah hal ini sebelum kamu keasyikan menggesek kartu kreditmu ketika berbelanja. Ketagihan menggunakan kartu kredit akan memusingkanmu ketika tagihan datang. Nggak jadi soal jika kamu memang mampu membayar, namun apa ada jaminan kondisi keuanganmu selamanya dalam keadaan prima. Baiknya gunakan kartu kredit sesuai kebutuhan atau untuk keperluan usaha. Hiduplah sederhana dan sesuai kemampuan.

5.       Berjudi
Berjudi atau bertaruh memang bikin penasaran, juga ketagihan. Namun nasib uangmu sepenuhnya ada di tangan probabilitas. Bahayanya adalah, kebanyakan membeli lotere, bertaruh atau apapun bentuknya itu akan membuatmu penasaran, bahkan jika kamu memenangkan suatu permainan. Kalau sudah penasaran dan nggak mau berhenti mencoba, dijamin uangmu akan ludes tanpa terasa. Itulah makanya judi berbahaya, seperti kata Bang Haji Rhoma.

6.       Cuek berat sama inventaris kantor
Ini khusus bagi kamu yang punya kantor atau usaha sendiri. Nggak pedulian sama barang-barang di kantormu akan membuat biaya perawatan semakin membengkak. Akhirnya kamu harus keluar uang banyak untuk mereparasi atau membeli barang yang baru. Jika beberapa barang nampaknya akan sering dipakai, maka pilihlah barang yang awet meski lebih mahal harganya. Rawatlah baik-baik aset kantor agar kamu nggak boros di belakang.

7.       Memilih huian mewah sebagai tempat tinggal
Memilih rumah sebagai tempat tinggal emang nggak bisa sembarangan. Selain kenyamanan, faktor lokasi juga penting supaya kamu nggak kerepotan akibat tempat tinggal yang terlalu jauh dari pusat keramaian maupun kantor. Sayangnya, rumah yang ada di lokasi strategis mahal harganya, belum lagi jika rumah tersebut termasuk dalam hunian mewah, kamu bakal kerepotan dalam mencicilnya. Dan lagi, rumah mewah akan mendorong gaya hidupmu meningkat sebagai bentuk penyesuaian. Kalau penghidupan bisa mencapai keadaan itu sih nggak masalah, tetapi jika tidak? Pilihlah tempat tinggal yang sesuai dengan penghidupan yang kamu punya, juga gaya hidup yang ada hendaknya menyesuaikan. Kamu nggak mau nangis di masa depan akibat kepayahan mencicil kredit rumah mewahmu kan?

8.       Besar pasak daripada tiang
Menghambur-hamburkan uang demi kesenangan adalah tipikal bagi pegawai baru. Bisa dimaklumi sih, ini kan pertama kali kamu punya gaji sendiri, jadi pengenlah memuaskan nafsu belanja serta nongkrong cantik yang selama ini kamu nggak pernah bisa lakukan selama menjadi mahasiswa. Sesekali boleh saja, namun hati-hati karena ini bisa membuatmu menyesal di kemudian hari. Aturlah pengeluaranmu dan bagilah pendapatanmu ke dalam pos-pos penting. Rutinlah menabung, dan jika pemasukanmu sudah stabil, buatlah rencana investasi yang sederhana. Nggak susah kan? Demi masa depan.

9.       Nggak siap dengan masa depan
Memang sih ada yang bilang, hidup ini bagusnya dijalani mengalir saja. Go with the flow. Tetapi kamu nggak pernah tahu pasti arus akan membawamu ke mana kan? Bagaimana jika arus membawamu ke tempat yang salah? Jika hidupmu selama ini sudah enak dan lancar, kamu patut bersyukur, namun jangan terjebak. Hidup tanpa tujuan, apalagi gaya hidup hedonis akan mebunuhmu cepat atau lambat. Lagi pula hidup tanpa arah akan menjadikanmu orang yang nggak tahu apa yang dimau dalam hidup ini. Tentu semangat hidupmu hanya setengah-setengah dalam menjalaninya. Sayang banget kan, padahal kamu bisa lebih dari itu. Buatlah visi hidupmu dan tetapkan tujuan serta target. Dengan adanya visi yang jelas, hidupmu pun lebih terarah, demikian pula gaya hidupmu.

10.   Kamu terlalu malas
Kamu bekerja 8 jam sehari dan setelah pulang kerja nggak ada tanggungan apapun yang harus kamu lakukan. Jika kamu membiarkan waktu luang di luar pekerjaan begittu saja, kamu bisa dikatakan pemalas. Pemalas nggak selalu berarti kamu leyeh-leyeh santai seharian, atau goler-goler nggak jelas nonton drama Korea. Memiliki banyak waktu luang yang tersia-sia juga merupakan bentuk kemalasan. Gunakanlah waktu luang untuk hal-hal yang bermanfaat, misalnya membaca buku, belajar, atau  kegiatan sosial. membaca dan belajar akan menambah wawasanmu, dan kegiatan sosial bermanfaat untuk mengasah softskill serta memperluas jejaring. Bahkan hobi pun jika ditekuni sebaik-baiknya akan membawa kemanfaatan tersendiri suatu saat nanti. Waktu sama dengan harta, jika nggak dikelola nggak akan bermakna dan berguna. Jadi jangan disia-siakan ya.

Itulah 10 dosa finansial yang sebaiknya nggak kamu lakukan sejak hari ini. Ciptakan gaya hidup finansial yang sehat demi kenyamanan masa tuamu mulai sekarang.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…