Skip to main content

Sebelum Pergi ke Dokter


Isu kesehatan di Indonesia adalah hal yang nggak ada habisnya dibahas dan diperdebatkan. Sakit itu mahal, dan sekarang mulai banyak sakit aneh-aneh yang jaman dulu jarang banget orang menderita penyakit tersebut. Belum lagi kapasitas fasilitas kesehatan dan tenaga medis makin terbatas dengan bertambahnya jumlah penduduk di kota. Rumah sakit yang kerap overload menimbulkan masalah pada pelayanan tenaga medis yang nggak menyenangkan, birokrasi berbelit, dan suster-suster yang jutek sama pasien. Wah, jadi makin enggan untuk sakit ya?

Kalau begitu, kenapa nggak coba mulai dari diri sendiri? Dengan memiliki kepedulian terhadap kesehatan diri sendiri, mungkin kita sebenarnya bisa meringankan kerja dokter dan tenaga medis lainnya. Masalah kesehatan nggak lagi soal kuratif atau penyembuhan penyakit pasien, tetapi juga penanganan yang sifatnya pencegahan. Bukankah mencegah datangnya penyakit lebih baik daripada mengobati? Kalau kamu dan orang-orang di sekitarmu mulai nggak abai sama kesehatan diri sendiri, mungkin bersama-sama kita sudah mengupayakan masyarakat sehat. Dengan demikian dokter bisa fokus menangani pasien yang benar-benar membutuhkan pertolongan, bukan lagi pasien yang Cuma sakit ringan.
Untuk menjaga kesehatan diri sendiri sebenarnya mudah kok. Kamu cukup melakukan hal-hal sederhana berikut ini.

1.       Bangun lebih pagi
Bangunlah sebelum subuh dan pergilah ke luar untuk menghirup udara segar. Udara pagi sebelum subuh ini masih sangat bersih sehingga bagus untuk paru-parumu. Setelah subuh, kamu bisa memulai aktifitas. Misalnya menyiapkan keperluan kantor atau kuliah, membuat sarapan, atau berolahraga. Akrabi sinar matahari pagi yang bagus untuk daya tahan tubuhmu. Berolahraga ringan seperti berjalan cepat, jogging dan bersepeda sambil menikmati matahari pagi yang hangat selama 30 menit 5 kali seminggu sangat baik untuk jantung dan bisa membantumu mengurangi lemak tubuh.

2.       Aktif bergerak fisik
Otot tubuhmu ibarat mesin yang memang diciptakan untuk bekerja dan bergerak. Maka banyak-banyaklah bergerak agar berjalan sesuai fungsinya. Aktif bergerak fisik akan menstimulasi jantungmu senantiasa terlatih dan badanmu lebih bugar. Sebaliknya jarang bergerak akan membuat fisikmu lembek, perut membuncit dan ototmu memendek.sama sekali nggak menarik kan?

3.       Tingkatkan porsi sayur dan buah-buahan segar
Makanan yang hidup itu menghidupkan. Buah dan sayuran segar atau tidak dimasak kaya akan nutrisi alami serta enzim yang akan meringankan kerja pencernaanmu. Makanlah buah potong pada pagi hari setidaknya dua porsi, dan makanlah sayuran segar dalam bentuk salad atau lalap. Jika kamu ingin variasi, kamu bisa membuat jus buah atau sayur sebagai penopang gizi keseharianmu. Rutin mengkonsumsi sayur dan buah segar akan membuat fisikmu semakin prima, kulit cerah dan nggak gampang sakit. Cobalah selama seminggu dan rasakan bedanya.

4.       Hindari rokok meski hanya asapnya
Kayaknya sudah banyak dijelaskan mengenai bahaya merokok dan dampaknya terhadap kesehatan melalui kampanye kesehatan dan keterangan pada kemasannya. Sebisa mungkin hindarilah rokok meski hanya asapnya saja. Menjadi perokok pasif jauh lebih beresiko daripada perokok aktif. Gunakan masker jika kamu bepergian dengan menggunakan kendaraan umum. Jika kamu menemukan teman atau orang yang merokok di sembarang tempat, ingatkan baik-baik. Ruang publik adalah milik bersama, karenanya sudah menjadi hakmu untuk menikmati udara bersih tanpa asap rokok.

5.       Kurangi kegiatan hedonmu
Terlalu banyak bersenang-senang bisa membuatmu lupa diri. Pergi nonton dan makan bersama teman-teman tentu dilewatkan dengan makanan-makanan yang enak dan seringkali nggak sehat. Kamu berkelit, toh masih muda, kenapa mesti cemas? Justru merawat fisik dengan memperhatikan apa yang kita makan itu dilakukan sejak usia muda dong, supaya masa tuanya nanti nggak menyesal. Tentu kamu nggak pingin impian hidupmu tersia-sia gara-gara penyakit yang diakibatkan oleh junkfood berlebihan.

6.       Jangan begadang kalo nggak perlu
Tubuh melakukan proses penyerapan pada pukul 20.00 hingga 04.00 dini hari. Dalam proses ini, sari-sari makanan akan diedarkan ke seluruh tubuh untuk pembentukan sel baru dan mengganti sel yang tua atau rusak. Pada jam ini pula alamiahnya tubuh beristirahat agar proses penyerapan berlangsung lancar dan sempurna. Jika kamu terbiasa begadang, selain berkurangnya waktu istirahat, tentu akan membuat penyerapan sari-sari makanan menjadi nggak lancar di tubuhmu. Makanya, bagi mereka yang terbiasa begadang akan terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya kan?

7.       Atur waktu, atur energi
Bekerja terus-menerus tanpa peduli waktu justru akan membuatmu jauh dari produktifitas. Jika kesehatanmu adalah taruhannya, maka lupakan bekerja lembur kecuali jika terpaksa. Lebih baik bekerja cerdas dan efektif sehingga kamu punya waktu untuk beristirahat dan berolahraga. Hal ini tentu akan lebih membuatmu awet muda dan tahan banting dari segi kesehatan.

8.       Menanam sendiri makanan dan obatmu di rumah
Jika kamu punya ruang lebih di rumah atau di kos-kosan, cobalah menanam meski hanya dengan media pot. Tanamlah tanaman herbal dan toga seperti basil, daun mint, jeruk nipis, kunyit, jahe dan sebagainya. Menanam tanaman ini sangat mudah, dan bisa tanpa menggunakan media tanah. Tanaman ini bermanfaat jika sakit ringan menyerangmu. Jahe akan bermanfaat jika kamu mengalami sakit kepala, sakit perut dan batuk ringan, jeruk nipis bermanfaat menjaga daya tahan tubuh, meredakan batuk dan meredakan nyeri maag. Keberadaan obat-obatan ini akan dapat menjadi P3K mu sebelum meminum obat atau pergi ke dokter. Lumayan kan untuk menghemat biaya berobat?

9.       Rawat hati dan ginjalmu, jangan minum obat dan suplemen yang nggak perlu
Kalau sakit kepala jangan buru-buru menenggak parasetamol atau pereda nyeri. Jika kamu diare, jangan terburu-buru minum obat diare. Penyakit ringan semacam itu seringkali hanya gejala luar dari apa yang sedang terjadi dalam tubuhmu. Cobalah perhatikan kebiasaanmu, mungkin kamu kecapekan, terlalu banyak makan-makanan berminyak, atau jajan sembarangan. Jika kamu menderita keluhan ringan, cukup minum air putih yang banyak serta makanlah buah dan sayuran segar yang akan membantu daya tahan tubuhmu. Terbiasa minum obat-obatan akan memperberat kerja organ hati dan ginjal, dan dalam jangka panjang, bisa merusak kedua organ ini lho. Serem kan?

10.   Humor dan hati yang gembira.
Hati yang gembira adalah obat. Stres akibat pekerjaan yang menumpuk bisa membuat badanmu ikut melemah. Sebaiknya kamu berlatih mengelola stres karena bagaimanapun stres nggak bisa dihindari. Banyaklah memperdalam seni menghadapi hidup, menjalani hari dengan rasa syukur. Perbanyaklah antusiasme dalam memperjuangkan sesuatu dan nikmati apapun yang kamu hasilkan. Terlalu ambisius dalam mencapai sesuatu akan mengurangi kenikmatan dari berjuang itu sendiri. Biasakanlah menikmati humor dalam keadaan apapun dan jalani segala yang kamu hadapi dengan berpikir positif

Itulah 10 kebiasaan sederhana yang akan mencegahmu sering mengunjungi dokter. Dengan mengantisipasi datangnya penyakit dalam hidup kita, dengan sendirinya kita membantu meringankan kerja dokter bukan?

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…