Skip to main content

Suka Mengunyah Es Batu? Ada Bagusnya, Ada Juga Enggaknya.



Mengunyah es batu emang mengasyikkan, meskipun bagi sebagian orang kebiasaan ini bikin gigi mereka terasa ngilu. Apalagi pas cuaca lagi panas-panasnya dan minuman kita udah abis duluan hingga ada sisa es batu, langsung deh es batu yang ada dicemilin sampe abis. Kebiasaan ini memang mengasyikkan dan punya manfaat tertentu. Namun juga ada bahaya yang mengintai lho. Simak artikel berikut ini.

1.       Mengunyah es batu konon bisa membantu membakar kalori lebih banyak
Buat kamu yang ngebet pengen nurunin berat badan, ada penelitian bahwa mengunyah es batu akan membantumu membakar kalori lebih banyak. Selain fakta bahwa es batu yang terbuat dari air putih mengandung nol kalori, mengunyah es batu satu liter per hari akan membakar kalori sebanyak 160 kalori, yang mana ini setara dengan berlari sejauh 1,6 kilometer. Logikanya sih, es batu yang bersuhu rendah akan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak untuk menyeimbangkan suhu tubuh ke dalam keadaan normal. Nah lho, asal mau pegel nyemilin es batu segitu banyaknya sih, haha. Metode ini dikenal dengan The Ice Diet, yang bisa kamu unduh e-booknya di web secara gratis. Dr. Brian Weiner, penulis buku tersebut menambahkan bahwa mengunyah es batu sebanyak lebih dari satu liter perhari bisa menimbulkan efek toksik.

2.       Mengatasi mual atau keinginan muntah dengan sedikit kunyahan es batu yang dingin
Dinginnya es batu yang dikunyah-kunyah akan memberikan efek tenang. Sebuah klinik di amerika Serikat memberikan es batu yang terbuat dari sari apel atau jus anggur rendah gula yang bercita rasa manis kepada pasien kanker jika mereka merasa mual. Cara ini berhasil untuk meredakan keinginan untuk muntah pasien dan selain itu, nutrisi yang dikandung es batu yang terbuat dari sari buah tersebut bisa memberikan nutrisi bagi pasien.

3.       Berhati-hatilah karena ternyata dinginnya es batu yang keras bisa merusak enamel gigi.
Keasyikan mengunyah-ngunyah es batu ternyata bisa membuat gigimu rontok. Upaya keras gigi untuk menghancurkan substansi yang keras dan lama bisa berujung pada pengikisan gigi dan merusak syaraf. Jangan sampai deh kamu jadi ompong di usia yang masih muda dan unyu begini.

4.       Kebiasaan ini juga disinyalir berujung pada gangguan animea.
Para ahli sebenarnya juga belum tahu apa kaitannya kebiasaan mengunyah es batu dengan animea. Namun, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi es batu berlebihan juga mengalami pagophagia, yaitu kondisi di mana kadar hemoglobin dalam darah sangat rendah. Nah, buat kamu yang punya hobi nyemilin es batu, coba deh kurangi kebiasaan ini. Kalau enggak kamu bakal terserang penyakit lemah, letih, dan lesu sepanjang hari.

5.       Kurangi pula konsumsi es batu yang dibeli bersama minuman di warung pinggir jalan
Kalau kamu gemar minum minuman dengan menggunakan es batu, pastikan bahwa es batu tersebut terbuat dari air matang. Es batu yang dibuat di pabrik es umumnya meragukan dari segi kehigienisannya. Bukan bermaksud menghakimi industri es batu sih, tetapi ada baiknya jika kamu waspada. Es batu yang dibuat dari air mentah sangat berbahaya karena mengandung banyak bakteri. Jadi, lebih baik antisipatif daripada kamu menumpuk racun di dalam tubuh kan?

Itulah hal-hal yang bakal kamu alami jika kamu hobi ngemil es batu. Kebiasaan ini bisa dikurangi atau dihilangkan dengan mengganti es batu dengan minuman dingin biasa. Lebih baik mencegah daripada terlanjur badan rusak hanya karena doyan ngemil es batu ya.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…