Skip to main content

Survivor Hacks: Cara Ngirit Maksimal Untuk Anak Kos-kosan



Sejak subsidi BBM dan listrik dikurangi, dolar US naik turun, harga kebutuhan pokok naik dan harga-harga lainnya ikut berlompatan nggak mau kalah. Kamu pun yang menyandang status sebagai anak kos-kosan pun harus mengatur siasat agar tetap bisa menyisakan uang untuk menabung di antara melambungnya harga-harga saat ini. Dengan siasat jitu, kamu bisa lho hanya mengeluarkan Rp. 450.000,- sampai Rp. 500.000,- (minus bayar uang kos ya) perbulan  dengan siasat ngirit ini. Yuk, para survivor, mari kita kupas cara-cara ngirit agar senantiasa bertahan hingga akhir bulan. Eh, tapi buat kamu yang bukan anak kos-kosan, kamu juga bisa kok meniru cara-cara berikut untuk ikutan ngirit.

Nomor satu: aturlah makan sebaik mungkin
Biaya paling besar dalam pengeluaran bulanan selain bayar sewa kamar kos adalah: makan. Yup, menuruti selera lidah dan perut memang butuh dana besar, bro. Makanya kamu kudu pandai-pandai menahan hawa nafsu kalau kamu ingin menghemat biaya makanmu. Sebagai anak kos sejati, sudah pasti kamu pelanggan warteg bukan? Supaya kamu bisa ngirit sekaligus menjaga kesehatan, pilihlah menu-menu vegetarian seperti TAHU, TEMPE, dan SAYUR-SAYURAN lainnya. Kalau kamu bosan kamu juga bisa membeli alternatif lauk seperti tumis jamur dan KERUPUK. Kalau kamu lebih ingin ngirit lagi, mintalah nasi setengah porsi. Hitung-hitung sambil menerapkan menu low carbs dan mencegah diabetes.



Kalau kamu bosan ke warteg, kamu juga boleh kunjung ke warung nasi padang. Kamu bisa mengambil menu NASI PUTIH, TAHU GORENG, TELUR DADAR dan menu-menu senada lainnya. Supaya tetap gurih, kamu boleh menambahkan kuah santan dari rendang atau dari menu-menu lainnya. Biar makin kenyang mantab, ambilah sayur nangka dan rebusan daun singkong serta lalapan yang banyak. Dijamin kamu tetap kenyang dan bahagia. Oh iya, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan hal ini di warung nasi padang yang sama. Soalnya kamu bakal mendapat hadiah muka asem dari yang punya warung.

Pertahanan terakhir di akhir bulan yang bisa kamu lakukan adalah: makan MIE INSTAN! Mie instan punya harga yang terjangkau dan kini tersedia dalam aneka rasa. Sebaiknya kamu nggak makan mie instan 3 hari berturut-turut, tetapi kamu tetap bisa kok memakannya 3 kali seminggu, terutama saat akhir bulan.

Selain makanan pokok di atas, pikirkan secara bijak cara mengganjal perutmu di antara waktu makan alias ngemil yang murah meriah. Jebret sarankan, kamu memilih menu seperti susu dan sereal dalam kemasan sachet, yang harganya murah dan mengenyangkan.

Nomor dua: sayangi badanmu dengan minum air putih di segala kesempatan
Udah bukan hal baru kalau air putih adalah minuman paling sehat di dunia. Yap, dalam segala kesempatan, makan di warteg, warnas, warung padang, sampai kafe yang bonafide sekali pun selalu lah minum air putih yang disediakan di sana. Membeli teh botol dingin memang menggoda, namun kamu harus merogoh kocek lebih banyak jika sering membeli teh botol ini. Kan lebih baik mengambil yang gratis daripada bayar lagi. Iya kan?


Nomor tiga: rajin-rajinlah berpuasa
Selain menambah tebalnya imanmu, sering berpuasa juga akan bermanfaat dalam menekan pengeluaran, terutama untuk makan. Dengan rajin berpuasa, kamu akan terhindar dari kegiatan yang nggak perlu seperti nongkrong dan belanja-belanja nggak penting. Kan kamu terbiasa menahan hawa nafsu, makanya nafsumu terhadap hal-hal lain selain makanan juga dengan sendirinya akan berkurang. Cobalah dengan rutin berpuasa senin kamis, atau berpuasa ala Nabi Daud sekalian (seling-seling sehari puasa sehari enggak). Dijamin, selain kamu bakal sukses menekan anggaran, badan kamu juga akan ikutan sehat dan mengurus. Lumayan buat yang terobsesi diet.

Nomor empat: hematlah BBM dengan bijak menggunakan kendaraan pribadi
Dengan adanya isu krisis energi seperti sekarang ini, selayaknya kamu turut mendukung gerakan cinta lingkungan sambil berhemat anggaran untuk BBM: pakai seperlunya. Gunakan kendaraanmu untuk jarak tempuh jauh saja. Sedangkan untuk jarak dekat, kamu bisa berjalan kaki saja. Lumayan sedikit-sedikit sekalian kamu berolahraga.



Nomor lima: utamakan kebutuhan dasar ketika berbelanja, belilah barang dalam kemasan kecil
Lawan hawa nafsumu dalam berbelanja dengan membuat skala prioritas kebutuhan ketika menyusun daftar belanjamu. Untuk berhemat, kamu bisa membeli barang yang memiliki kemasan ekonomis, seperti deterjen kemasan sachet, odol dalam kemasan mini, dan lain-lain karena nggak ada gunanya juga kamu membeli barang dalam kemasan besar, toh yang memakai hanya kamu sendiri. Tips berbelanja tanpa perlu berlapar mata: bawa uang secukupnya dan belanjalah dalam keadaan kenyang. Belanja dalam keadaan lapar akan membuatmu susah menahan gejolak hawa nafsu yang ada.

Nomor enam: Nongkrong lucu? Tetep bisa.
Kamu masih boleh kok pergi nongrong sama teman-temanmu meski kamu lagi berhemat. Jika kamu pergi ke kafe pesanlah air putih atau softdrink. Buang jauh gengsi, karena keselamatan isi dompet adalah yang terutama. Toh yang dicari dalam nongkrong adalah kebersamaan dan mengobrol bersama kawan-kawan. Jadi sah-sah aja kamu nggak ikutan makan besar ketika acara nongkrong digelar. Biar hanya minum air mineral atau softdrink, kamu tetap bisa berhaha-hihi dengan sobat-sobatmu kok.

Nomor tujuh: Carilah tempat dengan wifi gratis
Duit keluar banyak untuk bayar paket internet? Hey-ho! Nongkrong aja di kampus. Kampus adalah tempat surga bagi para mahasiswa yang fakir bandwith supaya tetap bisa eksis di dunia maya. Kalau kamu bosan dengan suasana kampus, kamu juga bisa pergi ke perpustakaan, taman, atau foodcourt yang menyediakan fasilitas wifi gratis. Apa aja ada jalannya kalau mau berusaha.

Nomor delapan: Laundry? Do it yourself!
Jadi anak kos emang susah ya, karena apa-apa harus dikerjain sendiri. Termasuk pekerjaan kotor seperti laundry. Yoi, nyuci dan seterika emang butuh effort yang luar biasa besar ya. Apalagi kalo kamu sibuk. Namun mengupayakan melakukan pekerjaan ini sendiri adalah hal yang penting lho, karena bakal ngirit lumayan. Dengan mencuci sendiri bajumu serta menyeterikanya, kamu hanya perlu membeli stok sabun cuci saja. Lagi pula kamu sudah bayar uang listrik bulanan pada ibu kos, kan sayang kalau nggak dimanfaatkan.

Nomor sembilan: Rokok? Insyafin sekalian deh
Selain nggak sehat, kebiasaan ini juga cukup menguras dompet kamu lho. Dengan mengurangi konsumsi rokok, kamu bisa memperpanjang usia harapan hidupmu dan juga orang-orang di sekitarmu. Sebaiknya mulai kurangi rokok sedikit demi sedikit supaya rokok tersebut nggak membakar paru-parumu dan juga duitmu

Nah itulah tips-tips yang bisa saya berikan demi kelangsungan hidup isi dompetmu. Awal-awal mungkin terasa berat, tetapi setelah beberapa bulan kamu akan terbiasa. Dan lumayan kan jika kamu bisa menabung lebih banyak dengan cara ini?

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…