Skip to main content

Susah Menangin Beasiswa? Mungkin Kamu Harus Coba Beasiswa Ini



Belajar di luar negeri memang menyenangkan, karena adanya kesempatan bagi kita untuk belajar dengan cara dan sisi yang berbeda. Sistem pendidikan di masing-masing negara berbeda, makanya dengan belajar di tempat yang berbeda besar kesempatanmu untuk membuka pemikiran dan wawasan baru lebar-lebar. Sayangnya belajar di luar negeri itu nggak murce. Makanya program beasiswa akan sangat menolong bagi mereka yang ingin berjuang menuntut ilmu ke negeri seberang.


Dapetin beasiswa itu juga nggak gampang. Selain persyaratannya yang tinggi, juga jumlah pesaing yang nggak sedikit. Program beasiswa favorit contohnya Erasmus Mundus dari pemerintah Uni Eropa. Dengan terbatasnya jumlah kursi ini, maka nggak heran kalau pelamar yang berkualitas sekalipun bisa nggak kebagian jatah. Padahal ada program beasiswa lain yang bisa kamu jajal lho. Coba simak artikel ini.

1.       Beasiswa Turkiye Burslari
Peminat beasiswa untuk belajar di Eropa, Jepang dan Amerika Serikat memang udah membludak banget. Nah, kenapa nggak tertarik untuk belajar di Turki? Turki juga punya program beasiswa untuk program S1, S2, dan S3. Cakupan bidang studi yang dibawahi juga banyak, mulai dari ilmu alam, teknik, kedokteran, sampai humaniora. Beasiswa ini tergolong mudah didapat karena nggak sepopuler Erasmus Mundus. Kalau kamu berhasil menangin beasiswa ini, lumayan banget, karena beasiswa Turki ini menanggung biaya pendidikan sampai biaya hidupmu selama belajar di sana secara penuh.

2.       Beasiswa Studi of The United States (SUSI) ini juga layak dicoba lho
Belajar tentang Amerika Serikat di Amerika Serikat tentu menarik. Kamu bisa belajar tentang jurnalistik, media, budaya hingga kehidupan masyarakat Amerika Serikat langsung dari sumbernya. Waktu belajar untuk program ini singkat banget sih, Cuma 6 minggu. Beasiswa ini menanggung akomodasi, transportasi, sampai biaya makan selama kamu belajar di sana. Beasiswa ini dibuka pendaftarannya pada saat bulan Juni. Jadi, siap-siap ya.

3.       Beasiswa Rajawali Foundation
Kamu tertarik belajar mengenai kebijakan publik dan pemerintahan? Program ini bisa kamu coba. Tempat belajarnya nggak tanggung-tanggung: di Harvard Kennedy School of Government. Ilmu yang kamu dapat dari sana bisa diterapkan di Indonesia lho, lumayan kan sebagai modal untuk berbakti kepada negeri. Kalau kamu diterima di program ini, kamu akan mendapat status sebagai research fellow.

4.       Beasiswa Qatar University
Belajar di Timur Tengah mungkin bisa menjadi tawaran menarik buat kamu. Beasiswa ini memiliki pagu sebanyak 400 orang. Lumayan lho, biaya hidup dan belajar akan ditanggung, selain itu kamu akan mendapat fasilitas asrama, transportasi sampai tiket pesawat tahunan jika kamu ingin pulang ke negara asal.

5.       Beasiswa Korea Selatan
Beasiswa untuk program studi sains dan teknologi banyak ditawarkan oleh pemerintah Korea Selatan dalam berbagai bentuk. Kamu bisa memilih beasiswa short course saja, undergraduate, hingga master degree. Jadi nggak cuma Jepang aja yang bisa menjadi tempat menarik untuk belajar, Korea Selatan juga. Siapa tahu kamu bisa ketemu sama artis Kpop idolamu di sana, hehe.

Nah, banyak cara jika kamu berkeinginan untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Di manapun kamu menuntut ilmu, yang terpenting adalah apa yang bisa kamu dapat dan kamu karyakan melalui itu. Jangan cuma pingin gegayaan aja, tetapi tunjukkan bahwa perjuanganmu merantau demi ilmu ada hasilnya juga yang nyata. Terutama untuk membangun negeri. Selamat mencoba ya.

Comments

Popular posts from this blog

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Buat Kamu yang Gemar Berlomba, Tips Memenangkan Kompetisi atau Sayembara

Hidup jangan habis hanya untuk dipakai kerja, belajar, main, bergaul dan sebagainya yang udah kelewat biasa-biasa aja. Sesekali menguji kemampuan diri melalui ajang kompetisi atau sayembara nggak ada salahnya kan. Ada banyak ajang kompetisi yang dibuat untuk berbagai bidang. Sebutlah film, karya tulis, desain produk, arsitektur, penataan kota, musik, dan macam-macam lagi yang bisa kamu ikuti sesuai bidang dan keahlian yang kamu miliki. Selain menambah pengalaman, ajang kompetisi juga bisa menambah portofolio karyamu lho. Apalagi kalau kamu berhasil memenangkannya, selain dapat hadiah, prestasi ini akan menjadi momen berharga dalam hidupmu. Siapa sih yang nggak bangga kalau jadi juara kompetisi tingkat nasional, atau bahkan, tingkat internasional?

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…