Skip to main content

Trik Presentasi yang Oke Supaya Audiens Kamu Nggak Ketiduran Karena Bosan



Apakah kamu sering menyimak sesi presentasi? Ataukah kamu sering harus tampil presentasi di depan umum? Apakah kamu punya cukup perhatian kepada audiens apakah mereka tertarik dengan presenter yang sedang tampil atau ketiduran karena bosan?


Presentasi yang baik dan menarik itu gampang-gampang susah. Gampang kalau kamu udah terbiasa melakukannya, susah jika ternyata penonton ternyata nggak berminat memperhatikan apa yang kamu sampaikan. Padahal sayang juga, karena setiap penyajian presentasi punya motif tertentu, entah itu sekedar menyampaikan informasi kepada penonton, edukasi, persuasi penjualan, hingga upaya untuk memenangkan suatu proyek. Pastinya kalau audiens nggak tertarik dengan yang kamu sajikan, pasti tujuan utama kamu presentasi akan gagal dan sia-sia. Lagipula kesel juga kan kalau kamu udah capek-capek menyiapkan materi ternyata penonton malah ngobrol sendiri atau ketiduran.

Jadi, gimana sih trik presentasi yang efektif supaya audiens nggak mati karena bosan? Jika sebelumnya Jebret pernah mengulas tentang bagaimana cara berbicara di depan umum tanpa merasa grogi, sekarang Jebret ingin membagi tips gimana caranya menyajikan presentasi yang menawan hingga audiensmu memberi apresiasi tepuk tangan.

1.       Susunlah konten seringkas mungkin
Pernah nonton presentasi yang kontennya banyak, berpuluh-puluh slide dengan tulisan yang sangat panjang dan padat berisi? Dijamin kamu bakalan lieur duluan, apalagi kalau penyajinya cukup membaca apa yang ada pada tampilan slide. Ini adalah salah satu dosa presentasi yang sering dilakukan penyaji. Kamu kan ingin membagikan sesuatu kepada audiens, bukan sedang menina-bobokan mereka? Kalau kamu ingin audiensmu menangkap apa yang kamu sampaikan di depan, jangan jejali mereka dengan terlalu banyak informasi. Terlalu banyak tampilan di layar presentasi akan susah dicerna oleh audiens. Sampaikan yang penting, dan usahakan slide yang ada tidak terlalu banyak. Jika kamu mengambil materi presentasi dari laporan pekerjaanmu, pilah-pilah dan seleksi data yang paling perlu untuk disampaikan. Jangan menyalin begitu saja apa yang ada di laporan ke halaman presentasi ya, karena ini menandakan kamu orang yang malas untuk berbagi. Jadi jangan aal saja.

2.       Pakailah bahasa yang mudah dicerna
Presentasi nggak harus disajikan dengan tulisan, sebagai alternatif menarik, kamu boleh menggunakan gambar, grafik, maupun infografi untuk membuat bahasa penyajian menjadi lebih simpel dan menarik. Ingatlah bahwa penonton sama sekali nggak pernah tahu sebelumnya tentang apa yang kamu bahas, jadi jangan bebani mereka dengan bahasa yang sulit dicerna. Contohnya, ambilah satu kata kunci dari pembahasanmu dan tampilkan pada satu halaman presentasi dengan ukuran huruf yang besar serta warna yang mencolok. Dari satu kata kunci itu, cobalah mengembangkan bahasan yang bisa kamu sampaikan. Penonton akan lebih mendengar yang kamu sampaikan daripada membaca apa yang ada pada layar dengan cara ini.

3.       Jangan membuat mata penonton sakit!
Jangan terlalu banyak membuat animasi, karena terlalu banyak tampilan yang naik, turun, dan berkedip-kedip akan membuat penonton overstimulated. Jangan pula menambahkan terlalu banyak warna dan gambar. Buatlah halaman presentasimu simpel dan apik secara grafis. Kalau kamu nggak terlalu jago dalam membuat tampilan grafis yang oke, cukup gunakan prinsip yang sederhana saja.

4.       Antusiasme
Kamu akan presentasi, bukan pidato. Maka kamu boleh bebas bergerak dan menggunakan mimik wajah agar penonton dapat menlilai antusiasme. Antusiasme adalah nyawa dalam presntasi, karena antusiasme menunjukkan minat atau passion kamu terhadap bahasan yang kamu sajikan. Dan antusiasme itu menular. Hal ini bisa kamu rasakan jika kamu melihat presenter yang menyajikan dengan intonasi suara datar dan pelan, penontonnya pasti kalau nggak tidur ya ngobrol dengan tetangganya. Beda kan dengan sesi presentasi yang dibawakan oleh presenter yang memiliki antusiasme baik, penontonnya juga akan tekun mendengarkan. Antusiasme akan mempengaruhi intonasi, suara hingga bahasa tubuh. Makanya yakinkan betul dirimu apakah kamu benar-benar antusias terhadap materi yang kamu bawakan.

5.       Bebaskan dirimu, jangan kaku
Jangan lupa tersenyum dan berekspresi, kamu kan manusia, bukan patung. Jangan ragu untuk menyapa audiens dengan hangat dan berikan penampilan yang segar melalui ekspresi wajah. Selipkan humor sederhana dan berinteraksilah dengan audiens. Kamu takut humor kamu garing? Ya cuek aja, namanya juga usaha. Kamu nggak harus berdiri di satu tempat saja, kamu boleh kok bergerak dan berjalan ke sana kemari agar dapat berinteraksi dengan audiensmu. Jangan melakukan presentasi sambil duduk karena akan mengurangi keleluasaanmu dalam berekspresi.

6.       Hapalkan slide presentasimu, jangan bicara sambil menatap ke layar
Ketahui betul urut-urutan presentasi yang kamu buat, sehingga kamu bisa lebih fokus kepada penonton ketika berbicara. Terlalu banyak melihat layar ketika presentasi akan mengurangi interaksimu dengan penonton dan membuat mereka merasa dicuekin. Jadi kamu ini ngomong sama layar atau sama mereka?

7.       Ukur waktumu
Pastikan waktu yang kamu miliki untuk melakukan presentasi. Jika waktumu hanya 10 menit, maka jangan berbicara terlalu banyak dan buat materi sesingkat mungkin. Kalau kamu sedang berupaya memenangkan proyek, sidang tesis, atau presentasi dalam rangka perlombaan, batas waktu ini sangat penting lho. Jangan sampai kamu didiskualifikasi atau dikurangi nilainya karena melebihi batas waktu yang udah ditentukan.

8.       Jangan nafsu, santai saja
Mungkin karena grogi, bicaramu jadi cepat kayak sprinter yang buru-buru ingin mencapai garis finish. Ini juga merupakan salah satu dosa presentasi yang sering dilakukan orang. Bicaralah dengan kecepatan wajar dan jelas. Kalau kamu grogi, berlatihlah sebelum presentasi di depan cermin. Lakukan pemanasan dan tarik napas dalam-dalam. Ingatlah, penonton atau juri yang kamu hadapi nanti bukan hantu atau monster, jadi nggak perlu takut. Kamu hanya cukup membuat mereka mau mendengarkan dan terkesan. Itu aja kok. Jadi santai saja.

9.       Siapkan media yang kamu butuhkan
Laptop, proyektor, layar adalah media yang lazim digunakan untuk presentasi. Namun ada juga media lain yang bisa kamu gunakan untuk melengkapinya. Kamu bisa menggunakan laser pointer yang juga dapat digunakan untuk mengganti tampilan slide dari jarak jauh. Dengan alat ini, kamu nggak perlu nempel terus sama laptopmu, kamu bisa dengan bebas berkeliling ke mana saja dan mengendalikan tampilan layar dari jarak jauh. Perhatikan ruangan presentasi, apakah itu ruangan besar atau kecil? Mungkin kamu butuh pengeras suara atau mikropon supaya kamu nggak berteriak-teriak nantinya. Barangkali kamu butuh media lain seperti poster, foto, peta, atau alat peraga? Kenali baik-baik materi presentasimu dan siapkan alat-alat penunjang yang bisa kamu gunakan. Kalau media presentasimu lengkap, penonton juga nggak akan bosan.

10.   Tampilah cantik atau ganteng, buatlah penonton terkesima dengan kamu
Selain teknik berbicara yang oke, penampilan juga nggak kalah penting dong. Siapkan kostum yang baik dan sesuai dengan acara. Mau pakai batik, blazer, hijab style, kerudung syar’i, celana slim-fit, apapun itu sah-sah aja, asal sesuai dengan konteks acara dan kamu nyaman. Bagi kamu yang cewek, gunakanlah riasan yang wajar, dan bagi yang cowok, jangan lupa tampil dengan potongan rambut yang rapi dan pantas. Ini penting banget lho, karena ketika kamu presentasi, kamu nggak hanya membawakan materi, tetapi juga dirimu seutuhnya. Jangan memberi setengah-setengah. Berikan seratus persen. Kalau kamu nampak sip dan kece, penonton juga akan antusias karena kamu sedap dan layak utuk diperhatikan.

Itulah 10 trik presentasi yang bakal memenangkan hati pemirsa. Ingatlah bahwa inti dari presentasi adalah berbagi, maka bagikanlah yang baik. Hitung-hitung jadi pahala lho, kalau yang kamu sajikan ternyata bermanfaat dan menginspirasi banyak orang. Selamat mencoba dan semoga sukses ya.

Comments

Popular posts from this blog

Road to Pregnancy: Program Inseminasi Buatan

Sebelumnya saya sudah menulis pengalaman program hamil ke dokter kandungan (dr. Rudi Harsono, SPOG), dan belum berhasil. Setelah mencari informasi lebih dalam, akhirnya saya dan suami memutuskan pergi ke Dr. Hendy Hendarto, SPOG, (K) Fer. Beliau adalah salah satu dokter kandungan ahli fertilitas yang juga praktik di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya. Ketika kami konsultasi, kami menceritakan semua riwayat pemeriksaan yang telah kami lakukan, termasuk riwayat masalah infeksi di dekat mulut rahim yang terjadi pada saya dan terapi obat yang dilakukan dokter kandungan sebelumnya.

10 Hal Serunya Jadi Cewek Tomboy

Hai readers, tahukah kamu kalau nggak semua cewek itu sama? Yup, cewek selalu identik dengan dandanan yang feminim, unyu dan imut, sikap yang malu-malu, kemayu, centil dan sebagainya. Apalagi trend girlband lagi nge-hits banget sekarang ini dengan gaya cewek-ceweknya yang unyu dan manis, sudah pasti orang-orang, terutama kaum cowok, akan menilai cewek dengan standar tersebut. Tetapi buat kamu cewek-cewek yang nggak punya style unyu dan manis a la cewek-cewek girlband, nggak usah keburu sedih dulu girls. Jadi cewek tomboy juga nggak ada ruginya kok, malah banyak keuntungannya. Coba deh simak tulisan di bawah ini.
1.Lebih bebas Banyak cowok bilang, cewek itu ribet banget. Butuh banyak waktu buat dandan, matching in warna baju dengan make-up, mesti jaga penampilan dan kebersihan, dan sebagainya. Hal-hal kecil yang nggak jadi soal buat cowok merupakan persoalan besar buat cewek. Tapi itu nggak jadi masalah buat cewek tomboy, karena umumnya cewek tomboy nggak terlalu peduli bahkan cuek abi…

Walau Bukan Tempat Wisata Sungguhan, 5 Pecinan Ini Layak Kamu Kunjungi

Pecinan, atau chinatown, adalah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa, di manapun mereka berada. Menurut sejarah, masyarakat Tionghoa adalah komunitas diaspora yang luar biasa. Mengapa begitu? Karena mereka berani meninggalkan tanah kelahiran di dataran Tiongkok demi menemukan hidup baru ke seluruh penjuru dunia dengan jalan berdagang. Makanya jangan heran, sebab kamu bakal menemukan pecinan di kota-kota, baik Indonesia maupun di negara lainnya, bahkan Eropa hingga Amerika. Ada sesuatu yang khas yang bisa kamu dapati jika kamu berkunjung ke Pecinan, yakni arsitektur dan suasana kehidupannya yang unik. Di Indonesia ada banyak pecinan. Nah, pecinan mana saja yang layak kamu kunjungi? Simak artikel berikut ini.
1.Pecinan Semarang Di pecinan Semarang ini, kamu bisa menemukan 11 klenteng, di antaranya Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu. Sam Poo Kong sudah datang ke pesisir Semarang pada abad ke 15 dan kemudian mendirikan klenteng sebagai pusat kosmos perkampungan yang terbentuk k…